Internet Assigned Numbers Authority

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
IANA
Internet Assigned Numbers Authority (logo).png
Tanggal pendirian1988; 35 tahun lalu (1988)
PendiriPemerintah federal A.S
FokusMengelola zona akar DNS
Lokasi
PemilikICANN
Tokoh penting
Kim Davies
Situs webwww.iana.org

Internet Assigned Numbers Authority (IANA) adalah sebuah organisasi yang didanai oleh pemerintah Amerika Serikat yang mengurusi masalah penetapan parameter protokol internet, seperti ruang alamat IP, dan Domain Name System (DNS). IANA juga memiliki otoritas untuk menunjuk organisasi lainnya untuk memberikan blok alamat IP spesifik kepada pelanggan dan untuk meregistrasikan nama domain. IANA juga bertindak sebagai otoritas tertinggi untuk mengatur root DNS yang mengatur basis data pusat informasi DNS, selain tentunya menetapkan alamat IP untuk sistem-sistem otonom di dalam jaringan Internet. IANA beroperasi di bawah naungan Internet Society (ISOC). IANA juga dianggap sebagai bagian dari Internet Architecture Board (IAB).

Tanggung jawab[sunting | sunting sumber]

IANA bertanggung jawab secara luas atas alokasi nama dan nomor unik global yang digunakan dalam protokol Internet yang dipublikasikan sebagai dokumen Permintaan Komentar. Dokumen-dokumen ini menggambarkan metode, perilaku, penelitian, atau inovasi yang berlaku untuk kerja Internet dan sistem yang terhubung ke Internet.[1] IANA memelihara hubungan dekat dengan Internet Engineering Task Force (IETF) dan tim RFC Editorial dalam memenuhi fungsi ini.[2]

Dalam kasus dua ruang nama Internet utama, bernama alamat IP dan nama domain, kebijakan administratif ekstra dan pendelegasian ke administrasi bawahan diperlukan karena penggunaan sumber daya ini secara terdistribusi berlapis-lapis.

IANA bertanggung jawab atas penetapan nomor Internet[3][4] yang merupakan pengidentifikasi numerik yang ditetapkan ke sumber daya Internet atau digunakan pada protokol jaringan pada Internet Protocol Suite. Contohnya termasuk alamat IP dan nomor autonomous system (AS).

Wilayah[sunting | sunting sumber]

IANA memberikan tanggung jawab dalam mengatur pengaturan ruang alamat IP dan DNS kepada lima badan lainnya yang bersifat regional, yakni sebagai berikut:

IANA akan digantikan oleh sebuah badan nonprofit internasional yang disebut sebagai Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), karena meningkatnya penggunaan Internet.

Manajer[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama IANAfunctions
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CarpenterBakerRoberts2000
  3. ^ "RFC 790". www.ripe.net. RIPE. Diakses tanggal 6 November 2014. 
  4. ^ "RFC 1166". www.ripe.net. RIPE. Diakses tanggal 6 November 2014. 
  5. ^ "Kim Davies Appointed VP, IANA Functions and President, PTI". 2017-12-15. Diakses tanggal 2018-01-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]