Institut teknologi dan sains Padang lawas utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara (Paluta)
JenisPerguran Tinggi Swasta
Didirikan2019
RektorAssoc. Prof. Dr. Sri Rahayu, S.Pd. M.Pd
Lokasi, ,
AfiliasiKemendikbud
Situs webitspaluta.ac.id

Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara (ITS PALUTA) adalah perguruan tinggi swasta yang berada di Kabupaten Padang Lawas Utara. Kampus utamanya berada di Jalan Gn. Tua - Padang Sidempuan, Ps. Gn. Tua, Kec. Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara didirikan berdasarkan Akte Notaris No 34 Tanggal 16 April 2019 oleh Notaris Syafil Marwan, S.H beralamat pada Jalan Brigjend Katamso No 39 D Medan. Pengesahan akte pendirian Badan Hukum Yayasan Perguruan Tinggi Padang Lawas Utara berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Nomor AHU0006484.AH.01.04 pada tahun 2019 yang ditanda tangani oleh Cahyo Rahadian Muzhar, S.H.,LLM.

Pendirian Institut Teknologi dan Sains Paluta juga telah dilakukan melalui rapat seluruh pengurus anggota yayasan Perguruan Tinggi Paluta pada tanggal 26 April 2019 bersepakat untuk mendirikan perguruan tinggi yang bernama Institut Teknologi dan Sains Paluta. SK Pendirian ITS Paluta secara resmi diterima oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Padang Lawas Utara DR. H. Amarullah Nasution dari Kepala LL Dikti I berdasarkan Kepmendikbud Nomor 149/E/O/2021. ITS Paluta mulai menerima mahasiswa Angkatan I yaitu tahun akademik 2020/2021 yang dimulai perkuliahan perdana September 2021.

Akademik[sunting | sunting sumber]

Saat ini Institut Teknologi dan Sains Padang Lawas Utara memiliki 2 Fakultas dan 4 Program Studi S1 yaitu

Fakultas Ilmu Komputer

  1. S1 Program Studi Sistem Informasi (SI)
  2. S1 Program Studi Teknologi Informasi (TI)

Fakultas Pertanian

  1. S1 Program Studi Agroteknologi (Agrotek)
  2. S1 Program Studi Peternakan (PTRN)

Referensi[sunting | sunting sumber]