Institut forsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Institut forsa untuk Penelitian Sosial dan Analisis Statistik (Jerman: forsa Gesellschaft für Sozialforschung und statistische Analyse mbH)/forsa adalah salah satu badan penelitian pasar dan jajak pendapat terkemuka di Jerman. Forsa didirikan pada tahun 1984 oleh Manfred Güllner di Köln dan sekarang berkantor pusat di Berlin dengan cabang di Dortmund. Sebelumnya forsa memiliki kantor di Riga, Latvia.[1]

Selain untuk jajak pendapat, forsa melakukan survei mengenai masyarakat dan pelayanan publik lainnya, industri dasar, manufaktur, investasi yang secara luas ditafsirkan, lalu lintas dan transportasi, jasa keuangan dan cetak, dan televisi dan media lainnya.

Forsa memiliki sekitar 60 karyawan tetap dan mempekerjakan lebih lanjut pewawancara sebagai kontraktor independen dari Monitel GmbH.[2] sebaliknya GfK, badan penelitian pasar terbesar Jerman, memiliki sekitar 1.600 karyawan tetap, namun itu baru di Jerman.

Metode[sunting | sunting sumber]

Jajak Telepon[sunting | sunting sumber]

Forsa saat ini menggunakan metode wawancara telepon dengan bantuan komputer, menelepon seorang sampel perwakilan dari setidaknya 1.000 orang per hari antara pukul 4.30 dan 21.00, memungkinkan mereka untuk menjangkau sebagian besar orang yang dipekerjakan. Sampel yang berusia 14 tahun ke atas diizinkan untuk secara sukarela menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terutama menyangkut penelitian sosial, politik dan pemilihan penelitian, media, pemasaran online, dan riset konsumen. Nomor telepon dipilih secara acak dan semua data anonim dievaluasi hanya untuk keperluan statistik. Untuk alasan statistik, hanya anggota rumah tangga yang terakhir berulang tahun yang diwawancarai. Tujuannya adalah untuk membentuk sebuah gambar "khas jerman" yang meliputi segala usia dan kedua jenis kelamin dalam proporsi yang sama.

Untuk menjaga rasionalitas, sponsor dari kuesioner tidak bernama hingga wawancara selesai. Namun, mensponsori perusahaan-perusahaan dan lembaga-lembaga dan bidang yang diminati dapat diperoleh dari publikasi forsa dan orang-orang dari kelompok industri seperti Berufsverband Deutscher Markt - und Sozialforscher dan Perhimpunan Eropa untuk Pendapat dan Penelitian Pasar. Hal ini jelas bahwa penelitian pendapatan saja tidak lagi mencukupi untuk mendanai lembaga-lembaga yang lebih besar.

Metode Penelitian Lebih Lanjut[sunting | sunting sumber]

Forsa juga menggunakan metode wawancara dan survei lainnya, yaitu wawancara pribadi dengan bantuan komputer untuk penelitian bisnis ke bisnis.

Penelitian Online[sunting | sunting sumber]

Untuk penelitian online, forsa menggunakan intranet dari sekitar 10.000 rumah tangga di seluruh Jerman, forsa.omninet yang direkrut secara offline dan tanggapan penelitian yang ditunjukkan baik secara online atau melalui tv set-top box.[3]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Tuduhan Prasangka Politik[sunting | sunting sumber]

Forsa dan kepalanya, Manfred Güllner, telah dituduh memberi prasangka terhadap PDSJ sehubungan dengan jajak pendapat prapemilu yang paling baru sebelum pemilu 2005 di Nordrhein-Westfalen. Forsa berhasil mendapatkan perintah terhadap tuduhan dari PDKJ tentang masalah ini, tapi mereka melakukan penelitian yang menunjukkan sebagian besar perjanjian dengan posisi-posisi PDSJ dari perusahaan jajak lainnya. Forsa sendiri telah menyatakan bahwa mereka menerima 40.000 euro dalam biaya sehubungan dengan pemilihan umum nasional pada tahun 2002 dan sehubungan dengan pemilihan negara pada tahun 2005. Dalam sebuah wawancara pada tanggal 6 September 2002, Hans Mathias Kepplinger, seorang profesor hubungan masyarakat di Universitas Mainz menamakan tiga perusahaan lain sebagai kemungkinan besar untuk bebas dari kepemihakan partai, tapi tidak ada forsa dalam pernyataannya,[4] meskipun salah satu dari tiga yang ia sebut adalah Institut für Demoskopie Allensbach yang telah berkolaborasi dengan Universitas Mainz, tidak dapat dikatakan sama sekali bebas dari ikatan PDKJ.[butuh rujukan] Setelah pemilihan umum nasional pada tahun 2005, kedekatan forsa dengan PDSJ berkurang secara signifikan dan memang terbalik karena pada tahun 2007 dan masih lebih banyak di kuartal pertama tahun 2008, forsa melaporkan hasil jajak pendapat untuk PDSJ rata-rata sekitar 5% lebih rendah daripada perusahaan jajak lainnya. Tuduhan itu dilontarkan di forsa miring terhadap hasil PDSJ dan para "reformis saja" setelah mantan Kanselir, Gerhard Schröder, seorang teman lama dari Manfred Güllner, berdiri mendukung Angela Merkel yang berpartai PDKJ.[5]

Salah satu contoh adalah pembelajaran pada musim panas 2008 atas dasar yang forsa melaporkan bahwa 36% dari anggota PDSJ telah dianggap meninggalkan partai. Kemudian pihak kepala Kurt Beck mengkritik parah Güllner dan menyatakan bahwa ia tidak akan mengomentari hasil penelitian forsa.[6]

Tuduhan Manipulasi Data[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003 forsa dituduh memanipulasi data dalam sebuah jajak pendapat pada biaya pendidikan untuk pendidikan tinggi yang ditugaskan oleh Pusat untuk Pengembangan Kuliah (Centrum für Hochschulentwicklung) yang didirikan salah satunya oleh Yayasan Bertelsmann. Menurut pernyataan dari temuan, mayoritas siswa (59%) dan penduduk (67%) menyatakan pada bulan November 2003 bahwa mereka akan menerima biaya kuliah jika mereka memberikan manfaat langsung kepada lembaga pendidikan dan dapat dibiayai melalui pinjaman.[7] Pusat untuk Pengembangan Kuliah mengumumkan hasil-hasil ini ke dalam pers peluncuran pada bulan Desember 2003 dan mereka dilaporkan dalam pers.[8][9] Tetapi kemudian bulan itu, seorang juru bicara untuk Pusat secara tidak langsung mengakui bahwa responden hanya diberi pilihan untuk memutuskan antara tiga model biaya kuliah, dan tidak menolak mereka sepenuhnya.[10]

Pada tahun 2007 forsa dituduh pada website politik NachDenkSeiten dengan terlibat melalui manipulasi survei dalam kampanye oleh organisasi Inisiatif Neue Soziale Marktwirtschaft (Inisiatif Ekonomi Pasar Sosial Baru) untuk pengenalan asuransi kesehatan swasta.[11]

Forsa adalah perusahaan riset pasar yang terlibat dalam skandal humas 2009 yang menyangkut Deutsche Bahn. Survei dengan pertanyaan terkemuka yang menghasilkan hasil yang menunjukkan ketidaksetujuan dari tahun 2007 terhasap serangan pengemudi kereta api dan persetujuan penyuwastaan kereta api yang diam-diam didanai oleh Deutsche Bahn.[12][13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sven Jöckel (ed.
  2. ^ Silke Leuckfeld, "Chef ist nicht zu sprechen: Die Arbeitsbedingungen sind katastrophal. Diarsipkan 2018-01-04 di Wayback Machine.
  3. ^ "Methods" at forsa.com, retrieved 18 May 2011.
  4. ^ "Die Genauigkeit der Wahlprognosen", interview with Hans Mattias Kepplinger, Deutschlandfunk 6 September 2002 (Jerman)
  5. ^ T. Fleischmann and P. Tiede, "SPD wirft Meinungsforschern Meinungsmache vor: Sozialdemokraten sehen sich durch eine Forsa-Umfrage benachteiligt.
  6. ^ Thorsten Denkler interview with Manfred Güllner, "Meinungsforscher Güllner zur SPD-Krise: 'Beck muss weg'.
  7. ^ "Die Mehrheit der Studierenden (59%) und die Mehrheit der Bevölkerung (67%) äußern im November 2003, dass sie Studiengebühren befürworten würden, wenn diese den Hochschulen direkt zugute kommen und durch Darlehen finanziert werden können."
  8. ^ "Neue Umfrage: Angeblich Mehrheit der Studenten für Gebühren", Der Spiegel 11 December 2003 (Jerman)
  9. ^ Torsten Harmsen, "Studenten-Mehrheit ist für Studiengebühren: Aber nur, wenn sie direkt der Lehre zugute kommen", Berliner Zeitung 12 December 2003 (Jerman)
  10. ^ "Kritik an Umfrage zu Studiengebühren: Das Centrum für Hochschulentwicklung soll eine Umfrage in einer Pressemitteilung falsch dargestellt haben", Süddeutsche Zeitung 19 December 2003 (Jerman)
  11. ^ Wolfgang Lieb, "INSM-Kampagne für die private Pflegeversicherung – diesmal mittels einer manipulierten Forsa-Umfrage?"
  12. ^ Ulrich Müller and Heidi Klein, Jenseits des öffentlichen Interesses: Die verdeckte Einflussnahme der Deutschen Bahn für die Bahnprivatisierung und gegen den GDL-Streik, Kurzstudie, LobbyControl.de, updated 9 July 2009 (pdf) (Jerman)
  13. ^ Zapp: Verdeckte PR – Wie Firmen ihr Image schönen, Norddeutscher Rundfunk 10 June 2009: video Diarsipkan 2010-12-31 di Wayback Machine. at Spotting.at (Jerman)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]