Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia
Moto Ut Prosim
bahasa Latin: "Agar Aku Dapat Melayani"
Didirikan 1872
Jenis Public land-grant university
Dana abadi AS$447,4 juta
Presiden Charles W. Steger
Staf akademik 1.304
Jumlah mahasiswa 28.470
Sarjana 21.997
Magister 6.473
Lokasi Blacksburg, Virginia, AS
Kampus Suburban, 10,52 km²
Warna

Oranye tua dan Marun Chicago

           
Atletik NCAA Divisi I, Atlantic Coast Conference, 21 tim universitas
Julukan Hokies
Maskot Burung Hokie
Situs web www.vt.edu

Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia (dalam bahasa Inggris: Virginia Polytechnic Institute and State University, atau yang biasa lebih dikenal sebagai Virginia Tech (juga disingkat VPI), adalah sebuah universitas politeknik di Blacksburg, Virginia, Amerika Serikat. Meskipun sekolah ini komprehensif memiliki banyak fakultas, program-program pertanian, teknik, arsitektur, kehutanan, dan kedokteran hewannya dianggap sebagai yang paling kuat. Perguruan tinggi ini juga merupakan salah satu dari segelintir universitas di seluruh Amerika Serikat dengan korps kadet (komponen pendidikan militer penuh waktu) dalam sebuah universitas sipil yang lebih luas (lainnya antara lain adalah Universitas Texas A&M dan Universitas Norwich).

Selain program-program riset dan akademiknya, Virginia Tech terkenal karena kampusnya dan lokasinya di Lembah New River di Virginia barat daya di Pegunungan Blue Ridge, bagian dari Pegunungan Appalachia. Nama universitas ini di masyarakat belakangan ini telah mencuat dalam tahun-tahun belakangan dengan keberhasilan program footballnya dan penembakan di Virginia Tech, penembakan liar paling berdarah dalam sejarah Amerika.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1872, Majelis Umum Virginia membeli tanah dan gedung milik sebuah sekolah Methodis kecil yang bernama Institut Olin dan Preston di pedesaan di Kabupaten Montgomery dengan dana federal yang disediakan oleh Akta Morrill. Pemerintah negara bagian mendirikan sebuah lembaga yang baru di tempat itu, sebuah akademi militer yang tanahnya diberikan oleh pemerintah, yang dinamai Virginia Agricultural and Mechanical College.

Ketika John M. McBryde menjadi presidennya (1891-1907), sekolah ini menata kembali program-program akademiknya menjadi sebuah perguruan tinggi empat tahun yang tradisional. Pada 1896 namanya pun diubah menjadi Virginia Agricultural and Mechanical College and Polytechnic Institute. Bagian "Agricultural and Mechanical College" dari nama ini kemudian dihapuskan, meskipun namanya baru resmi diganti menjadi Virginia Polytechnic Institute pada 1944 sebagai bagian dari penggabungannya dengan apa yang kini dikenal sebagai Universitas Radford -- yang hanya berlangsung sebentar. VPI memperoleh akreditasi penuh pada 1923, dan persyaratan untuk ikut serta dalam Korps Kadet dikurangi dari empat tahun menjadi dua tahun pada tahun itu juga (untuk laki-laki saja; untuk perempuan, ketika mereka mulai mendaftar pada 1920-an, tak pernah diwajibkan bergabung).

VT Presiden Virginia Tech

Presiden Universitas ini, T. Marshall Hahn, yang masa jabatannya berlangsung dari 1962 hingga 1974, bertanggung jawab atas perubahan-perubahan yang menjadikan Virginia Tech sebuah institusi modern. Penggabungan dengan Radford dihentikan pada 1964, dan pada 1966, sekolah ini menghapuskan kewajiban latihan militer dua tahun bagi mahasiswanya. Pada 1973, mahasiswi diizinkan bergabung dengan Korpsnya. Virginia Tech adalah sekolah pertama di AS yang membuka sayap militernya bagi perempuan. Salah astu misi Hahn yang paling kontroversial hanya tercapai sebagian. Ia mempunyai keinginan untuk mengubah nama VPI menjadi Universitas Negeri Virginia, untuk mencerminkan status yang telah dicapainya sebagai sebuah lembaga pendidikan umum penuh dan universitas riset. Sebagain bagian dari langkah ini, Virginia Tech akan mengambil alih institusi lainnya yang juga mendapatkan tanahnya dari negara bagian, sebuah perguruan tinggi historis kulit hitam di Ettrick, Virginia, selatan Richmond, yang saat itu dinamai Virginia State College. Rencana ini gagal, dan sekolah itu akhirnya menjadi Universitas Negeri Virginia. Sebagai kompromi, VPI menambahkan pada namanya "dan Universitas Negeri" pada 1970, sehingga nama resminya sekarang menjadi Institut Politeknik dan Universitas Negeri Virginia. Pada awal 1990-an, sekolah ini diam-diam mengesahkan nama Virginia Tech untuk digunakan secara resmi sebagai nama ekuivalen dengan nama lengkapnya VPI&SU. Banyak dokumen sekolah yang kini menggunakan nama yang lebih singkat ini, meskipun ijazah dan transkripnya masih menggunakan nama resminya secara lengkap. Demikian pula, singkatan VT lebih umum sekarang daripada VPI atau VPI&SU, dan muncul di mana-mana, dari seragam atletik, hingga nama domain internet universitasnya, vt.edu.

Penembakan[sunting | sunting sumber]

Pada 16 April 2007, di kampus sekolah ini terjadi penembakan liar[1]. Menurut laporan media, setidak-tidaknya 32[2] orang tewas, termasuk si penembak sendiri, dan sekurang-kurangnya 25[1] lainnya luka-luka. Penembakan terjadi di sebuah gedung akademik serta sebuah asrama. Setelah penembakan ini, semua kelas dibatalkan, dan kampusnya dikunci oleh pemerintah setempat dan pimpinan kampus. Laporan-laporan awal tentang kejadian ini membingungkan dan kontradiktif, termasuk jumlah korban dan luka-luka yang disebutkan oleh berbagai kantor berita. Laporan-laporan dari saksi mata dan mereka yang selamat menyebutkan bahwa penembaknya adalah seorang laki-laki Korea berusia 23 tahun bernama Cho Seung-Hui.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Untuk kelas mahasiswa baru pada musim gugur 2006, Virginia Tech ada 19.046 calon mahasiswa yang mendaftar dan menerima 67% di antaranya[1] (sekitar 12.700). Sejumlah 39% dari mereka yang diterima (sekitar 5000 mahasiswa) memilih untuk mendaftar kembali. Sekitar 21% dari angkatan baru ini diisi oleh calon-calon yang mengambil keputusan dini untuk masuk ke situ. Angka rata-rata mahasiswanya ditingkatkan, tetapi angka SAT menurun sedikit. Ciri khas mahasiswa baru yang masuk di musim gugur 2006 mempunyai angka rata-rata di SMA 3,74, dengan rentangan tengahnya antara 3,38 hingga 3,95. Angka SAT kumulatif rata-ratanya 1201, menurun dua angka dari rata-rata tahun sebelumnya, yakni 1203. [3]

Akademik[sunting | sunting sumber]

Virginia Tech menawarkan 60 program sarjana dan 140 program Master dan Doktor melalui Sekolah Tinggi Pertanian dan Sains Kehidupan, Sekolah Tinggi Arsitektur & Studi Perkotaan, Sekolah Tinggi Liberal Art dan Ilmu-ilmu Kemnusiaan, Sekolah Tinggi Bisnis Pamplin, Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Sumber Daya Alam, Sekolah Tinggi Sains, dan Virginia-Maryland Regional College of Veterinary Medicine. Sekolah Tinggi Pertanian dan Sains Kehidupan menaawrkan program gelar associate yang berlangsung dua tahun di kampus, dalam teknologi pertanian. Sepuluh program paling populer bagi kelas angkatan 2005 adalah Undeclared (Jurusan belum ditetapkan), Teknik Umum, Bisnis (Belum ditetapkan), Biologi, Komunikasi, Psikologi, Pemasaran, Ilmu Politik, Sains Binatang dan Perunggasan, dan Aristektur.

Virginia Tech menduduki peringkat ke-34 di antara universitas-universitas negeri dan ke-77 di antara semua universitas di seluruh negara. Program sarjana Sekolah Tinggi Tekniknya menduduki peringkat ke-9 di antara sekolah-sekolah teknik di universitas-universitas negeri dan ke-17 di seluruh negara di antara semua sekolah teknik yang terakreditasi yang menawarkan gelar doktor. Tujuh program sarjana di Sekolah Teknik berada di antara 25 tertinggi dari program sejenis secara nasional - program teknik industrinya menduduki peringkat ke-7; teknik sipil, ke-11; teknik lingkungan, ke-11; teknik mekanika, ke-15; teknik antariksa, ke-16; teknik elektro, ke-20; dan teknik kimia, ke-23. Program sarjana Sekolah Bisnis Pamplinnya menduduki peringkat ke-22 di antar semua lembaga pendidikan di seluruh AS, dan ke-52[4] among all undergraduate business programs. (sumber: U.S. News & World Report's "America's Best Colleges 2007", musim gugur 2006)

Program arsitektur dan lansekap di Sekolah Tinggi Arsitektur dan Studi Perkotaan di Virginia Tech mendudki peringkat di antara yang terbaik di AS. Dalam laporan tahun 2006-nya, DesignIntelligence, survei peringkat sekolah tinggi nasional satu-satunya yang memusatkan perhatian semata-mata pada desain, memberi peringkat ke-7 kepada program sarjana arsitekturnya dan ke-4 di antara semua sekolah di bagian timur. DesignIntelligence juga memberi peringkat ke-8 kepada program sarjana arsitektur lansekap universitas ini di seluruh AS dan ke-2 di wilayah timur.(sumber: America's Best Architecture and Design Schools 2006)


Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Officials: Gunman dead after bloody campus rampage". CNN.com. 2007-04-16. 
  2. ^ "Federal Officials: At Least 33 Dead After Virginia Tech University Shooting". FOXnews.com. 2007-04-16. 
  3. ^ Informasi dapat diverifikasikan pada http://www.vtnews.vt.edu/story.php?relyear=2006&itemno=406
  4. ^ "Undergrad B-School Rankings: Interactive Table" (HTML) (dalam bahasa English). BusinessWeek. Diakses 2007-01-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]