Insiden USS Liberty

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Insiden USS Liberty
Lokasi{{{place}}}
Pihak terlibat
 Israel
 United States
Tokoh dan pemimpin
Commander William L. McGonagle
Captain Iftach Spector
Commander Moshe Oren
Korban
34 tewas
171 terluka
1 kapal rusak berat

Insiden USS Liberty adalah serangan terhadap kapal penelitian teknis (spy ship) Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Liberty, oleh pesawat tempur jet Angkatan Udara Israel dan kapal motor torpedo Angkatan Laut Israel, pada 8 Juni 1967, selama Perang Enam Hari . Serangan udara dan laut gabungan menewaskan 34 awak (perwira angkatan laut, pelaut, dua marinir, dan satu pegawai sipil NSA ), melukai 171 awak, dan merusak kapal. Pada saat itu, kapal berada di perairan internasional utara Semenanjung Sinai, sekitar 255 nmi (293 mi; 472 km) . laut dari kota Mesir Arish .

Israel meminta maaf atas serangan itu, dengan mengatakan bahwa USS Liberty diserang karena kesalahan setelah dikira sebagai kapal Mesir. Baik pemerintah Israel dan AS melakukan penyelidikan dan mengeluarkan laporan yang menyimpulkan serangan itu adalah kesalahan karena kebingungan Israel tentang identitas kapal. Lainnya, termasuk yang selamat dari serangan itu, telah menolak kesimpulan ini dan mempertahankan bahwa serangan itu disengaja.

Pada Mei 1968, pemerintah Israel membayar US$3,32 juta (setara dengan US$24,00 di 2018) ke Pemerintah Amerika serikat sebagai kompensasi bagi keluarga dari 34 orang yang tewas dalam serangan itu. Pada bulan Maret 1969, Israel membayar $lebih lanjut3.57 juta ($24.4 juta di 2018 kepada orang-orang yang telah terluka. Pada bulan Desember 1980, ia setuju untuk membayar $6 juta ($18.2 juta di 2018) sebagai penyelesaian akhir untuk kerusakan material pada Liberty sendiri ditambah 13 tahun bunga.

USS Liberty[sunting | sunting sumber]

USS Liberty awalnya adalah kapal kargo sipil Simmons Victory dengan panjang 7,725 ton (7849 t) (ringan), sebuah Kapal Kemenangan dengan desain standar yang diproduksi secara massal, seri lanjutan dari Kapal Liberty yang terkenal yang memasok kargo kepada Sekutu selama Perang dunia ke-2. Itu diakuisisi oleh Angkatan Laut Amerika Serikat dan diubah menjadi kapal penelitian teknis tambahan (AGTR), sebuah nama sampul untuk "kapal mata-mata" Badan Keamanan Nasional (NSA) yang menjalankan misi intelijen sinyal. Ini memulai penyebaran pertamanya pada tahun 1965, di perairan lepas pantai barat Afrika. Ini dilakukan beberapa operasi lebih lanjut selama dua tahun ke depan.

Serangan di kapal Liberty[sunting | sunting sumber]

Peristiwa yang mengarah pada serangan[sunting | sunting sumber]

Kontak visual[sunting | sunting sumber]

Kapal Torpedo Motor Israel (MTB) dalam formasi, c. 1967. Kapal Ini adalah kapal torpedo yang menyerang USS Liberty .
Kapal perusak kelas berburu HMS Blean . Angkatan Laut Mesir memiliki kapal perusak kelas Hunt pada tahun 1967.

Serangan udara dan laut[sunting | sunting sumber]

Liberty berbalik untuk menghindari kapal torpedo Israel

Akibat serangan[sunting | sunting sumber]

Unggulan Armada ke-6, USS Little Rock berdiri di samping Liberty
Peringatan USS LIBERTY



</br> Pemakaman Nasional Arlington

Inggris: At the time of the attack, the USS Liberty was flying the American flag and its identification was clearly indicated in large white letters and numerals on its hull. ... Experience demonstrates that both the flag and the identification number of the vessel were readily visible from the air ... Accordingly, there is every reason to believe that the USS Liberty was identified, or at least her nationality determined, by Israeli aircraft approximately one hour before the attack. ... The subsequent attack by the torpedo boats, substantially after the vessel was or should have been identified by Israeli military forces, manifests the same reckless disregard for human life.[1][2]

Indonesia:

Pada saat serangan, USS Liberty sedang mengibarkan bendera Amerika dan identifikasinya ditunjukkan dengan jelas dalam huruf putih besar dan angka di lambungnya. ... Pengalaman menunjukkan bahwa bendera dan nomor identifikasi kapal mudah terlihat dari udara ... Oleh karena itu, ada banyak alasan untuk percaya bahwa USS Liberty diidentifikasi, atau setidaknya kewarganegaraannya ditentukan, oleh pesawat Israel kira-kira satu jam sebelum serangan. ... Serangan berikutnya oleh kapal torpedo, secara substansial setelah kapal itu atau seharusnya diidentifikasi oleh pasukan militer Israel, memanifestasikan pengabaian sembrono yang sama terhadap kehidupan manusia.

Plakat peringatan di Museum Angkatan Laut Clandestine Israel [a]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Translation: "We express deep sorrow for the thirty-four friends who died by our hands in combat they should not have been involved in. May their memory be blessed. Veterans of MTB squadron"
  1. ^ "Diplomatic Note From Secretary of State Rusk to the Israeli Ambassador". US Department of State: Office of the Historian. US Government. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 January 2016. Diakses tanggal 9 November 2015. 
  2. ^ Lenczowski 1990, hlm. 111 citing Ennes 1987, hlm. 285, appendix S