Injeksi langsung bensin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Pada mesin pembakaran dalam, Injeksi langsung bensin (Gasoline Direct Injection (GDI) atau Petrol Direct Injection atau Direct Petrol Injection atau Spark Ignited Direct Injection (SIDI) atau Fuel Stratified Injection (FSI)) adalah varian injeksi bahan bakar pada mesin bensin 2-tak dan 4 tak. Bensin ditekan tinggi dan diinjeksikan melalui jalur common rail langsung ke ruang bakar di tiap silinder, kebalikan dari injeksi multi-point yang diinjeksikan di inlet manifold.

Ruang bakar mesin Ecoboost Ford 3,5 L (210 cu in)

Meskipun Injeksi langsung menghasilkan lebih banyak tenaga dan efisiensi, karbon akan menumpuk pada katup intake yang dari waktu ke waktu akan mengurangi aliran udara ke silinder, sehingga akan mengurangi daya. Karena bahan bakar tidak lagi disemprotkan di katup intake, yang berisi berbagai deterjen dan menjaga masukan bersih, sejumlah kecil kotoran dari udara masuk, bahkan dengan filter udara yang mencegah sebagian besar dari kotoran masuk silinder, mengerak pada dinding masukan.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Goodwin, Antuan. "What's so great about direct injection? (ABCs of Car Tech)". cnet.com. Diakses tanggal 31 March 2014.