Inggerus, Waropen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Inggerus
Negara Indonesia
ProvinsiPapua
KabupatenWaropen
Pemerintahan
 • Kepala distrik--
Populasi
 • Total1,625 jiwa jiwa
Kode Kemendagri91.15.09
Kode BPS9426011
Luas1.402,70 km²
Kampung/kelurahan7


Inggerus adalah sebuah distrik di Kabupaten Waropen, Papua, Indonesia.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, Distrik Inggerus merupakan salah satu Distrik di Kabupaten Waropen yang berbatasan dengan Selat Saireri di bagian utara, Kabupaten Paniai dan Distrik Kirihi di bagian selatan, Kabupaten Nabire di bagian barat dan Distrik Waropen Bawah di bagian timur. Distrik Inggerus secara keseluruhan memiliki luas wilayah 1.402,70 Km2. Wilayah terluas dimiliki oleh Kampung Otodemo dengan luas mencapai 585,91 Km2 atau sebesar 41,77 persen dari total luas wilayah Distrik ini. Kampung yang memiliki luas paling kecil adalah Kampung Harapan Jaya SP II yang luasnya hanya sebesar 15,57 Km2 atau hanya 1,11 persen dari luas wilayah Distrik Inggerus.

Pemerintahan[sunting | sunting sumber]

Distrik Inggerus memiliki 7 kampung dengan tiap kampung dikepalai oleh seorang kepala kampung dan didampingi sekretaris kampung. Masing-masing kampung di Distrik Inggerus memiliki kantor kepada desa dan Badan Perwakilan Desa/Dewan Kelurahan dan masing-masing kampungnya merupakan kampung Swadaya.

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Penduduk Distrik Inggerus tahun 2015 berdasarkan hasil proyeksi adalah berjumlah 1.625 jiwa, tidak termasuk jumlah penduduk Otodemo. Kampung dengan jumlah penduduk paling banyak adalah Kampung Toire SP I dengan penduduk sebanyak 420 jiwa atau sekitar 25,84 persen dari total keseluruhan penduduk di Distrik Inggerus. Kampung Firo adalah kampong dengan penduduk paling sedikit dengan 166 jiwa atau 10,22 persen. Penduduk laki-laki berjumlah 834 jiwa dan perempuan berjumlah 791 jiwa dengan seksrasio (perbandingan laki-laki dan perempuan) sebesar 105,44. Kampung dengan seks rasio terbesar adalah Kampung Harapan Jaya dengan seks rasio 109,11dan yang terendah adalah Kampung Demisa SP III dan Firo dengan seksrasio 1. Kelompok umur dengan jumlah penduduk terbanyak adalah kelompok umur 5-9 tahun sebanyak 219 jiwa.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Salah satu factor penting dalam pembangunan suatu daerah adalah pendidikan. Peranan pendidikan ini menjadi penting karena peranannya dalam mendidik dan mencetak generasi penerus bangsa. Generasi yang terdidik dengan baik tentu menjadi potensi pembangunan yang luar biasa bagi suatu bangsa. Salah satu hal yang penting untuk mendukung kelancaran proses pendidikan adalah ketersediaan sarana pendidikan yang baik dan layak bagi siswa. Pada tahun ajaran 2015/2016 Distrik Inggerus memiliki 6 Sekolah Dasar dan 2 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama.

Kesehatan & Keluarga Berencana[sunting | sunting sumber]

Hingga tahun 2015, di Distrik Inggerus tersedia 1 puskesmas, 5 puskesmas pembantu (Pustu), dan 7 posyandu. Telah tersedia juga 7 tenaga medis yang diharapkan mampu mendukung masyarakat dalam menjaga kesehatannya.

Tanaman Pangan[sunting | sunting sumber]

Pertanian merupakan salah satu sektor mata pencaharian masyarakat Kabupaten Waropen. Produktivitas dalam pertanian dapat diukur dari luas panen dan jumlah produksi hasil pertanian per tahun. Pada tahun 2014, Badan Pusat Statitistik Kabupaten Waropen melalui Sensus Pertanian mencatat jumlah rumah tangga usaha pertanian tanaman pangan pertanian di Distrik Inggerus sebanyak 261 rumah tangga, yang terdiri dari 169 rumah tangga kelompok tanaman pangan padi dan 115 rumah tangga kelompok tanaman pangan palawija.

Peternakan[sunting | sunting sumber]

Jenis ternak yang diusahakan disini adalah ternak besar dan kecil. Ternak besar terdiri dari sapi. Ternak kecil terdiri dari kambing/domba dan babi. Selain ternak besar dan kecil, juga terdapat ternak unggas yang terdiri dari ayam ras petelur dan pedaging, ayam kampung, dan itik/enthok. Jumlah ternak besar pada tahun 2014 adalah 1638 ekor. Sedangkan jumlah ternak kecil adalah 16 ekor dan jumlah ternak unggas mencapai 541 ekor.

Perikanan[sunting | sunting sumber]

Di Distrik Inggerus terdapat 8 rumah tangga perikanan pada tahun 2014. Dimana sebagian besarnya merupakan rumah tangga usaha pembesaran ikan yang jumlahnya 7 rumah tangga. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-01. Diakses tanggal 2017-11-22.