Indo Premier

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
PT Indo Premier Sekuritas
IndustriJasa keuangan
Kantor
pusat
Jakarta, Indonesia Bendera Indonesia
Produkperantara perdagangan efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksa dana
Situs webhttp://www.indopremier.com www.indopremier.com

PT Indo Premier Sekuritas adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Pada tahun 2002, founders dari IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan dinamakan PT Indo Premier Securities.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2002, Bapak Ungkoro Darmosusilo dan Bapak Nixon Silfanus mendirikan PT Indo Premier Capital yang merupakan perusahaan induk dari PT Indo Premier Sekuritas yang baru didirikan pada tahun 2003. PT Indo Premier Sekuritas (“IndoPremier”) adalah perusahaan penyedia jasa keuangan terintegrasi di pasar modal yang melayani klien individu maupun korporasi berdasarkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor KEP-11/PM/PPE/1996. Pada tahun 2002, founders dari IndoPremier membeli perusahaan efek ini dan dinamakan PT Indo Premier Sekuritas.

Sejak itu, IndoPremier menjadi pioneer dalam berbagai bidang usaha efek di Indonesia. Hingga saat ini, dari sisi pangsa pasar maupun kapitalisasi modal, IndoPremier telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu pelaku pasar modal terbesar dengan kapitalisasi modal yang lebih dari Rp 900 miliar per 31 Maret 2015.

Vision dari IndoPemier adalah "To provide the most useful and ethical financial services, and consequently to be known as one of Indonesia’s great companies".

Sedangkan Mission-nya adalah "To empower investor to take control of their financial lives, free from the high costs, complexities, conflict of interest, and to connect people to capital market".

Dalam bidang usahanya, IndoPremier bergerak di bidang penjualan efek, underwriting (penjamin efek) dan asset management. Nasabah-nasabah yang terkait, dapat dibagi menjadi 2 kategori yang berbeda yaitu Retail dan Institusi. Hingga saat ini, IndoPremier adalah salah satu perusahaan efek yang mempunyai peran sangat besar di 2 kategori ini. Hanya ada sedikit perusahaan efek di Indonesia yang sangat berhasil di kedua kategori nasabah, karena biasanya suatu perusahaan efek hanya dapat berkonsentrasi di satu kategori nasabah.

Kegiatan Bisnis Nasabah Institusi[sunting | sunting sumber]

Aktivitas di kategori nasabah institusi ini dapat dibagi lagi menjadi 3 yaitu Investment Banking, Equity Sales & Trading dan Fixed Income Sales & Trading. Definisi dari Investment Banking adalah "creation of capital for other companies" atau penghimpunan dana untuk perusahaan. Dalam hal Investment Banking ini, hanya dalam waktu 1 tahun sejak berdiri yaitu pada tahun 2003, Keberhasilan ini ditandai dengan masuknya IndoPremier yang bertindak sebagai Sole Lead Underwriter atau Penjamin Pelaksana Efek Sendiri melayani Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) – Indonesia Eximbank (IEB) (dahulu PT Bank Ekspor Indonesia) untuk menerbitkan obligasi tercatat sebesar Rp 300 milyar. Di tahun 2006, IndoPremier berhasil mendapatkan ranking 8 sebagai Rupiah Bond Underwriter terbesar di Indonesia (berdasarkan ranking dari Bloomberg, US). Bahkan dalam 3 tahun terakhir, IndoPremier menempati ranking 1, 2 dan 1 untuk tahun 2012, 2013 dan 2014 dari Bloomberg, US.

Di Equity Investment Bank, sebagai Lead Underwriter IndoPremier telah berulang kali menjadi Lead Underwriter untuk berbagai macam perusahaan terbuka baik untuk penawaran domestik atau penawaran global yang mencakup penawaran di Amerika Serikat dan Eropa. Hingga Desember 2014, sebagai Lead Underwriter (Penjamin Pelaksana Emisi) baik untuk saham dan obligasi, IndoPremier telah menghimpun dana sebesar Rp 173 triliun sebanyak 156 kali transaksi. Dalam hal ini, IndoPremier menjadi salah satu Lead Underwriter yang terbesar dan teraktif di Indonesia dalam 5 tahun terakhir. Untuk bidang usaha Equity dan Fixed Income Sales & Trading, IndoPremier telah melayani bagi lebih dari lebih dari 40,000 investor individual dan lebih dari 250 lembaga dari dana pensiun, perusahaan domestik, asuransi, manajer investasi dan perusahaan multinasional.

Untuk menunjang kegiatan ini terutama untuk memperluas pelayanan jasa transaksi efek untuk nasabah instusi dari manca negara, pada tahun 2013, IndoPremier menjalin kerja sama dengan Jefferies & Co, sebuah bank investasi ternama di Amerika Serikat. Kerjasama ini juga mencakup distribusi equity research Indo Premier ke klien global Jefferies & Co.

Kegiatan Bisnis Nasabah Individu[sunting | sunting sumber]

Menyadari bahwa kondisi geografis Indonesia dan lambatnya pengembangan sumber daya manusia yang kompeten, IndoPremier menyadari bahwa pengembangan kegiatan nasabah individu harus ditunjang oleh pengembangan suatu ekosistem yang berbasis teknologi secara komprehensif. Hanya dengan cara ini maka IndoPremier dapat mencapai Mission-nya.

Pada tahun 2007, diluncurkan suatu ekosistem keuangan yang berbasis teknologi; IPOT (IndoPremier Online Technology) sebagai cikal bakal platform solusi keuangan terintegrasi dan menyeluruh bagi masyarakat luas.

Pada tahun yang sama, IPOTSTOCK berbasis aplikasi diluncurkan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat investtor akan akses informasi tentang data-data perdagangan pasar modal yang dapat diakses dengan harga yang sangat murah. Dengan ini, kegiatan investasi di pasar modal dapat dilakukan dalam skala besar, mudah, mobile dan akses 24 jam/365 hari bagi seluruh masyarakat. Bersama dengan kemampuan dan kemajuan teknologi, peran dari individu yang bertindak sebagai perantara pedagang efek tidak diperlukan lagi. Ini adalah permulaan dari era otomatisasi pelayanan nasabah individu yang otomatis dan komprehensif dari IndoPremier.

Pada tahun 2011, diluncurkan IPOTNEWS yaitu website berita ekonomi, pasar modal, perusahaan terbuka dan data transaksi di pasar modal yang free of charge atau gratis. Di bulan February 2014, diluncurkan IPOTPLAN. Ini adalah suatu website pelayanan perencanaan keuangan yang otomatis dan komprensif yang ditawarkan secara free of charge atau gratis. Menyusul dibulan April 2014, diluncurkan IPOTFUND yang merupakan website pelayanan transaksi penjualan dan pembelian reksadana dengan skema free of charge atau gratis biaya pembelian dan penjualan. Terdapat 231 produk ReksaDana Pasar Uang, ReksaDana Pendapatan Tetap, ReksaDana Campuran, dan ReksaDana Saham dari 37 manajer investasi ternama di Indonesia. Pada bulan November 2015 diluncurkan IPOTGO merupakan suatu Portal Investasi Online yang Terintegrasi. Dengan 1 AKUN, 1 APLIKASI nasabah dapat berinvestasi di Saham, Reksadana dan ETF. Dengan menggunakan IPOTGO maka Anda dapat menikmati fitur-fitur unggulan dari IPOTGO: -Penempatan dan Pembayaran Otomatis -Auto Cash Withdrawal -Investasi Berkala di Saham, Reksadana, dan Exchange-Traded Fund (ETF) -Switching (pengalihan) Reksadana pada hari yang sama -Penarikan dana tanpa harus menunggu dana efektif masuk ke Rekening Dana Nasabah (RDN) -Robo.T (Auto Trading Machine) -Laporan dan Notifikasi transaksi yang lengkap dan terintegrasi -Membandingkan kinerja seluruh instrumen investasi -1 Akun, 1 Aplikasi, 1 Rekening Pembayaran

Pada Juni 2016 kami meluncurkan IPOTKU. Melalui platform IPOTKU, kami menawarkan solusi dalam menyimpan uang anda dengan imbal hasil (return) yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa. Dengan peningkatan kualitas imbal hasil ini, bukan berarti kami mengorbankan hal lain yang menjadi perhatian utama anda, yakni keamanan. Produk yang ditawarkan IPOTKU adalah Bung Dana yang merupakan produk keuangan sama seperti produk tabungan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang terbaru dari IndoPremier adalah IPOTPAY, the ultimate fintech platform yang memaksimalkan hasil saldo nasabah dengan fleksibilitas tanpa batas dan dapat digunakan untuk bayar, beli, hingga transfer dana tanpa limit pada hari yang sama. IPOTPAY dapat digunakan untuk transaksi business to customers (B2C) dan business to business (B2B) dengan mengintegrasikan keleluasaan melakukan pembayaran, limit transaksi tanpa batas, otomatisasi pengaturan pembayaran dan pembelian berkala (smart schedule payment dan smart auto subscription) sekaligus dapat difungsikan sebagai asisten pribadi. IPOTPAY resmi meluncur dengan fitur-fitur unggulannya mulai dari pembayaran, pembelian, transfer uang, smart calendar, top up e-wallet, mutasi saldo, histori transaksi hingga pengaturan savings. Selain untuk transaksi BBT (Bayar, Beli dan Transfer), dana yang disimpan di IPOTPAY secara otomatis ditempatkan di reksadana pasar uang. Alhasil, kita akan mendapatkan hasil maksimal dari saldo lebih dari ewallet atau platform lainnya. Jadi, tak perlu susah, kalau bisa dipermudah.

Kegiatan bisnis Exchange Traded Fund (ETF) / Asset Management[sunting | sunting sumber]

Melalui anak perusahaannya (PT Indo Premier Investment Management), IndoPremier mengembangkan bisnis aset manajemennya. Dan menyadari bahwa salah satu kompetensi utama IndoPremier adalah pengembangan teknologi, maka pada tahun 2007, diluncurkan Exchange Traded Fund saham pertama di Indonesia. Hingga akhir tahun 2014, telah diluncurkan 7 jenis ETF oleh IndoPremier dengan total dana pengelolaan mencapai Rp 1.3 triliun. Pengoperasian ETF ini menuntut adanya kompetensi teknologi yang sangat tinggi sehingga sampai dengan saat ini hanya IndoPremier satu-satunya sebagai perusahaan efek dan perusahaan aset manajemen yang meluncurkan produk ETF saham di pasar modal Indonesia.

Pengembangan bisnis IndoPremier di masa depan akan bertumpu kepada teknologi, di mana pengembangannya dilakukan secara internal. IndoPremier percaya bahwa dengan ini, jasa pelayanan keuangan yang berskala besar dapat dilakukan. Saat ini IndoPremier telah melayani lebih dari 25% investor di Indonesia yang terdaftar di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), dan terus mengembangkan diri untuk seluruh masyarakat.

Sejumlah pencapaian prestasi IndoPremier sebagai berikut:

 2016
 * Best Corporate and Institutional Bank – Domestic By: The Asset Asian Awards, HK
 * Best Equity House By: The Asset Asian Awards, HK
 * Best Bond House By: The Asset Asian Awards, HK
 * Best IPO – Penawaran Umum Perdana Saham PT Cikarang Listrindo Tbk US$272 juta By: The Asset Asian Awards, HK
 * Best Local Currency Bond – Obligasi Senior PT Bank BRI (Persero) Tbk Rp 4.65 triliun By: The Asset Asian Awards, HK
 2015
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * Best Securities Company (category assets above 1 trillion) By: Berita Satu, Indonesia
 * Best Securities Company - Most Active IDR Bond Lead Underwriter By: Berita Satu, Indonesia
 * Favorite Online Trading - 1st Place By: Berita Satu, Indonesia
 * Best Online Trading - 1st Place By: Berita Satu, Indonesia
 * Indonesia's Best Domestic Bond House By: The Asset Asian Awards, HK
 * 2015 Bond House By: Alpha Southeast Asia, HK
 * 2015 Best Domestic Bond Debt House By: ASIAMONEY
 2014
 * No. 1 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: International Finance Review (IFR) Asia, HK
 * Indonesia's Best Domestic Bond House By: The Asset Asian Awards, HK
 * Special Awards Most Innovative By: Berita Satu, Indonesia
 * Favorite Online Trading - 1st Place By: Berita Satu, Indonesia
 * Best Securities Company By: InfoBank, Indonesia
 * Best Online Trading - 1st Place By: Berita Satu, Indonesia
 2013
 * Indonesia's Best Domestic Bond House By: The Asset Asian Awards, HK
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: International Finance Review (IFR) Asia, HK
 * Lead Underwriter Terbaik By: Investor, Indonesia
 * Lead Underwriter Terbaik By: Berita Satu, Indonesia
 * Best Domestic Investment Bank in Indonesia By: Global Banking and Finance Review, UK
 * Best Social Activation By: Berita Satu, Indonesia
 * Favorite Online Trading - 1st Place By: Berita Satu, Indonesia
 * Best Online Trading - 3rd Place By: Berita Satu, Indonesia
 * Indonesia's Best Securities Company (category asset 500 billion - 1 trillion) By: Investor,     Indonesia
 2012
 * No. 1 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * No. 1 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: International Finance Review (IFR) Asia, HK
 * Best Local Securities Company Award By: Bisnis, Indonesia
 2011
 * No. 1 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: International Finance Review (IFR) Asia, HK
 2010
 * Tokoh Finansial Indonesia By: Investor, Indonesia
 * No. 3 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 * No. 2 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: International Finance Review (IFR) Asia, HK
 * Silver Award - Most Active Sharia Bond Underwriter By: Pefindo, Indonesia
 * Indonesia's Best Securities Company By: Investor, Indonesia
 2009
 * Bronze Award - Most Active IDR Bond Underwriter By: Pefindo, Indonesia
 2008
 * No. 3 - IDR Bond Bookrunner / UnderWriter By: Bloomberg, USA
 2005
 * No. 3 Most Active Corporate Bond Trader By: SSX Award, Indonesia
 2004
 * Tokoh Finansial Indonesia By: Investor, Indonesia
 * Indonesia's Best Securities Company By: Investor, Indonesia

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

  • Daftar Kegiatan IndoPremier sebagai Lead Underwriter / Penjamin Pelaksana Efek Our Tombstones
  • IPOTSTOCK Melalui platform IPOTSTOCK, IndoPremier menawarkan kenyamanan, rasa aman, dan kemudahan kepada masyarakat Indonesia dalam mengelola kegiatan investasi.
  • IPOTPLAN Merupakan produk tentang "merencanakan keuangan" individu atau keluarga yang disediakan secara ONLINE..GRATIS IPOTPLAN
  • IPOTFUND Merupakan produk terbaru PT Indo Premier Securities yang merupakan Supermarket Reksadana Online yang pertama di Indonesia. IPOTFUND pertama kali diluncurkan bekerjasama dengan 9 Manajer Investasi ternama di Indonesia yang menjual 37 produk ReksaDana Pasar Uang, ReksaDana Pendapatan Tetap, ReksaDana Campuran, dan ReksaDana Saham yang berada di bawah naungan OJK IPOTFUND
  • IPOTGO Merupakan suatu Portal Investasi Online yang Terintegrasi. Dengan 1 AKUN, 1 APLIKASI nasabah dapat berinvestasi di Saham, Reksadana dan ETF.
  • IPOTKU Melalui platform IPOTKU, kami menawarkan solusi dalam menyimpan uang anda dengan imbal hasil (return) yang jauh lebih tinggi daripada tabungan biasa. Dengan peningkatan kualitas imbal hasil ini, bukan berarti kami mengorbankan hal lain yang menjadi perhatian utama anda, yakni keamanan. Produk yang ditawarkan IPOTKU adalah Bung Dana yang merupakan produk keuangan sama seperti produk tabungan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • IPOTPAY IPOTPAY adalah the ultimate fintech platform yang memaksimalkan hasil saldo nasabah dengan fleksibilitas tanpa batas dan dapat digunakan untuk bayar, beli, hingga transfer dana tanpa limit pada hari yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]