Indeo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Indeo Video (umumnya sekarang dikenal sebagai "Indeo" saja) adalah codec video yang dikembangkan oleh Intel pada tahun 1992. Indeo dijual ke Ligos Corporation pada tahun 2000. Sementara versi aslinya terkait dengan format streaming video Intel DVI, sebuah codec hardware saja untuk kompresi video berkualitas televisi ke compact disc, Indeo dibedakan dengan menjadi salah satu codec yang memungkinkan pemutaran video berkecepatan penuh tanpa menggunakan akselerasi hardware. Juga tidak seperti Cinepak dan TrueMotion S, kompresi tersebut menggunakan ruang warna Y'CbCr 4:2:0 yang sama seperti H. 261 dan ISO MPEG-1.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Selama pengembangan dari apa yang menjadi mikroprosesor P5 Pentium, Intel Architecture Labs mengimplementasikan salah satu kodek video yang pertama, dan pada waktu itu berkualitas tertinggi, yang dipasarkan sebagai "Indeo Video". Di saat pengenalan publiknya, itu adalah satu-satunya video codec yang didukung oleh sistem operasi Microsoft (Video for Windows) dan Apple's QuickTime, serta oleh sistem perangkat lunak IBM kala itu.

Kodek Indeo versi pertama sangat asimetris, yang berarti membutuhkan banyak perhitungan untuk menyandikan video streaming daripada untuk memecahkan kode itu. Sistem video conferencing Intel ProShare mengambil keuntungan dari ini, menggunakan akselerasi hardware untuk mengkodekan stream (dan dengan demikian memerlukan add-in card), tetapi memungkinkan aliran yang akan ditampilkan pada setiap komputer pribadi.

Intel memproduksi beberapa versi yang berbeda dari codec antara tahun 1993 dan 2000, saat itu dijual ke Ligos, berdasarkan matematika yang sangat berbeda dan memiliki fitur yang berbeda. Indeo Video Interaktif, kodek berbasis wavelet[1] yang termasuk fitur baru seperti transparamsi kunci chroma dan dukungan hot spot, ditujukan untuk pengembang permainan video.

Meskipun Indeo melihat penggunaan signifikan pada pertengahan 1990-an, itu tetap milik. Intel melambat pengembangan dan berhenti pemasaran yang aktif, dan itu dengan cepat melampaui popularitas dengan munculnya MPEG codec dan lain-lain, seperti prosesor menjadi lebih kuat dan optimasi untuk Intel chip yang kurang penting. Pavilion masih melihat beberapa digunakan dalam video game cutscene video.

Implementasi[sunting | sunting sumber]

Dekoder Indeo 5 yang resmi ada untuk Microsoft Windows, Mac OS klasik, BeOS R5 dan pemutar XAnim pada Unix. Versi 2, 3, 4 dan 5 memiliki dekoder yang telah direkayasa balik di FFmpeg. Indeo versi 3 (IV31 dan IV32), 4 (IV41) dan 5 (IV50) didukung oleh MPlayer[2] dan XAnim. Versi 5.11 adalah gratis[3] dan dapat digunakan pada semua versi 32-bit dari Windows sebelum Vista. Versi 5.2 telah dibuat untuk XP dan tersedia untuk pembelian dari situs web resmi[4] hanya untuk digunakan dengan Windows 95, 98, ME, NT, 2000 dan XP. Ini termasuk dukungan untuk Indeo Video 4.5 dan Indeo Audio 2.5 codec tapi versi 3.2 codec video yang telah dihapus sejak rilis asli Indeo XP untuk Windows XP. Meskipun Indeo video tidak secara resmi didukung oleh Windows Vista dan Windows 7, hanya dengan memasukkan kode berikut ke dalam command prompt mungkin memungkinkan pemutaran video berformat Indeo: regsvr32 ir50_32.dll[5]

Penasihat keamanan[sunting | sunting sumber]

Versi Microsoft Windows dari codec Indeo berisi beberapa kerentanan keamanan dan siapapun seharusnya tidak memutar video Indeo dari sumber yang tidak tepercaya. Pada sistem yang ditambal (patch) sepenuhnya codec Indeo sebagian dinonaktifkan di sebagian besar keadaan; tidak ada rencana untuk memperbaiki kerentanan dikarenakan codec tersebut adalah kode pihak ketiga.[6]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]