Illya Kuryakin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Illya Nickovitch Kuryakin adalah karakter fiksi dari serial mata-mata TV 1960-an, The Man from U.N.C.L.E. Kuryakin adalah seorang agen rahasia pemegang Ph.D dengan berbagai keterampilan senjata dan bahan peledak. Serial itu luar biasa karena memasangkan seorang Amerika, Napoleon Solo, dan Kuryakin (Rusia) sebagai dua mata-mata yang bekerja sama untuk organisasi spionase internasional pada puncak Perang Dingin. Kuryakin diperankan oleh aktor Skotlandia David McCallum, dan diperankan oleh aktor Amerika Armie Hammer dalam remake serial tersebut di tahun 2017.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Dia mengidentifikasi ayahnya sebagai "anak kesebelas Kuric", seorang pemimpin Gipsi ("The Terbuf Affair"), tetapi kemudian mengakui bahwa dia mengarang cerita untuk mendapatkan kepercayaan dari Gipsi lokal (yang tidak tertipu). Meskipun demikian, beberapa penggemar berteori bahwa beberapa cerita mungkin benar karena ada tautan nama (Kuric/Kuryakin), Kuryakin adalah ahli budaya dan tradisi Gipsi, dan Solo membuat referensi di salah satu novel spin-off ke novelnya mitra "warisan Gipsi." Sikapnya terhadap wanita kontras dengan pasangannya; mereka mengejarnya, tapi dia jarang mengejar mereka.

Dia memegang gelar Master dari Sorbonne dan PhD dalam Mekanika Kuantum dari Universitas Cambridge ("The Her Master's Voice Affair"). Dia tampaknya telah menjadi sarjana di Universitas Georgia di Tbilisi (meskipun dia menyatakan Georgia sendiri di "Ukraina"), di mana dia berlatih senam ("The Hot Number Affair"). Kuryakin adalah seorang polimatik. Dia banyak membaca dalam sastra Inggris, dia memiliki pengetahuan yang mendalam tentang musik dan memainkan biola bass, tanduk dan gitar Inggris. Dia juga bernyanyi, dan dia berbicara banyak bahasa, termasuk Prancis, Spanyol ("The Very Important Zombie Affair"), Jerman, Italia, dan Jepang ("The Cherry Blossom Affair").

Keterampilan teknisnya juga terasah dengan baik. Dia adalah seorang ahli bahan peledak yang tinggal di U.N.C.L.E. Survival School sebulan setelah dia lulus untuk mengajar kelas tentang subjek tersebut. Dalam "The THRUSH Roulette Affair" ia digambarkan sebagai "mahir dalam Seni Fisik, Judo, Karate, Anggar, Penembak Jitu," dan referensi dibuat dalam berbagai episode untuk pelatihan dan keahliannya.

Dia berpakaian lebih sederhana daripada Solo dan dalam warna yang lebih gelap - kostum khasnya adalah celana panjang hitam dan turtleneck hitam, sering kali dengan sarung bahunya dikenakan di luar sweter. Dia umumnya lebih pertapa dalam selera daripada pasangannya dan mengungkapkan ketidaksukaan akan pemborosan pada lebih dari satu kesempatan. Satu kesenangannya adalah makanan, dan nafsu makannya yang luar biasa adalah lelucon yang berulang di seluruh seri.

Film[sunting | sunting sumber]

Armie Hammer memerankan Kuryakin dalam The Man from U.N.C.L.E., sebuah film adaptasi 2015 dari serial TV dengan nama yang sama. Namun, penafsiran karakter ini berbeda dengan penafsiran serial televisi. Hammer menggambarkan Kuryakin sebagai pemarah, kekerasan dan volatil (kredit akhir menyatakan dia memiliki "Gangguan kepribadian yang mudah menguap"). Pembunuh KGB trauma oleh masa lalu orang tuanya, terutama ayahnya, seorang pejabat tinggi pemerintah, yang tertangkap mencuri dari Joseph Dana partai Stalin dan diasingkan ke Gulag. Kuryakin adalah pria termuda yang pernah bergabung dengan Pasukan Khusus KGB, menjadi salah satu yang terbaik "dalam tiga tahun", yang merupakan cara untuk mengatasi rasa malu keluarganya.

Beberapa dari aslinya The Man From U.N.C.L.E. episode TV ganda digabungkan dengan cuplikan tambahan untuk membuat delapan film yang ditempatkan pada 1964 hingga 1968, dibintangi oleh David McCallum sebagai Kuryakin. Judulnya termasuk Our Spies Is Missing, The Helicopter Spies, The Spy with My Face, The Spy in the Green Hat, The Karate Killers, How to Steal the World, To Trap a Spy, and One Spy Too Many.

Sekuel Film[sunting | sunting sumber]

Di sebuah Interview oleh CinemaBlend, Aktris lawan main Hammer, Lily James bertanya kepada Hammer mengapa sekuel kedua dari Film tersebut tidak ada. Hammer mengatakan, "Tidak ada ide. Percayalah, jika seseorang seperti, 'Hei, apakah kamu ingin membuat sekuel?' Saya akan seperti, 'Ya ampun, ayo!'… Saya mendengarnya. Saya membuat orang-orang bertanya, 'Apakah Anda akan membuat sekuel?' Jawabannya adalah, 'Saya harap begitu! Saya ingin sekali. 'Pada satu titik, Lionel Wigram, yang merupakan produser dan juga yang menulis naskah aslinya, dia dan saya berbicara tentang ide dan dia memberi tahu saya ide yang dia miliki untuk itu, dan saya seperti,' Kedengarannya bagus! Apapun idemu, ayo lakukan saja! 'Aku tidak tahu, bung. Terus dorong. Semoga suatu saat kita bisa melakukannya. Saya ingin sekali melakukannya."

Belakangan ini, November 2020, Hammer membuat sebuah story di sosial media pribadinya (Instagram) tentang pembuatan sekuel ini. Ia mengatakan bahwa penonton harus bisa mendorong pada Warner Bros untuk membuat sekuel dari film ini. "Kita mulai dengan mendatangani petisi" Tulis Hammer via Instagram Story nya. Untuk Informasi sekuel lebih lanjut, kita patutlah sabar menunggu dan selalu berharap bahwa sekuel akan segera dibuat :)