Ikurrina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Negeri Basque
Flag of the Basque Country.svg
Nama Ikurriña
Pemakaian Bendera sipil dan negara
Perbandingan 14:25
Dipakai 18 Desember 1978
Perancang Luis Arana dan Sabino Arana

Bendera ikurrina (dalam bahasa Basque)[1] atau ikurriña (ejaan bahasa Spanyol)[2] adalah bendera resmi komunitas otonom Pais Vasco (Negeri Basque di Spanyol. Bendera ini terdiri dari salib putih yang menimpa warna merah dan "tanda silang" berwarna hijau. Warna merah merupakan lambang orang-orang Biscay, warna hijau mungkin merupakan representasi Oak Guernica (simbol hukum lama Biscay atau fuero), dan salib putih merupakan lambang iman Katolik Basque.

Bendera ini dirancang pada tahun 1894 oleh pendiri Partai Nasionalis Basque, Luis Arana dan Sabino Arana. Pemerintah Basque menggunakan bendera ini sebagai bendera resmi Wilayah Otonom Basque pada tahun 1936. Namun, setelah kekalahan pemerintahan Basque pada tahun 1938, bendera ini dilarang oleh rezim Jenderal Francisco Franco (walaupun bendera ini masih digunakan di departemen-departemen Basque di Prancis). Kemudian bendera ini menjadi lambang perlawanan, dan bendera ikurrina baru dilegalkan lagi pada tahun 1977 pada masa transisi Spanyol menuju demokrasi. Dua tahun kemudian bendera ini menjadi bendera resmi komunitas otonom Basque.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Euskaltzaindia: Dictionary of the Standard Basque, diakses 2010-10-04.
  2. ^ Real Academia Española (2001): «ikurriña», Diccionario de la Lengua Española, 22nd edition, available online. Retrieved 2014-03-30.