Ikon Bunda Maria dari Tikhvin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Theotokos of Tikhvin in the golden riza.

Ikon Bunda Maria dari Tikhvin (atau disebut juga Theotokos of Tikhvin) merupakan adalah salah satu ikon yang paling dipuja pada era Kristen Ortodox. Mereka mengatakan bahwa gambar suci ini diciptakan oleh Rasul Lukas Penginjil selama periode kehidupan Sang Bunda Suci. Pada abad ke 5, ikon ini dibawa dari Yerusalem ke Konstantinopel, dimana sebuah gereja dibangun khusus untuknya.[1] Hal serupa ini juga terjadi dengan ikon Hodegetria, menyimpulkan adanya penggabungan cerita; dalam hal komposisi akan ikon Tikhvin yang juga merupakan tipe Hodegetria. Beberapa sejarawan cenderung memilih tanggal berkisar pada tahun 1300, dan seorang seniman Rusia. Hal ini serupa dengan tradisi selanjutnya yang menyatakan bahwa ikon ini muncul secara ajaib, terapung di danau di Rusia dekat Tikhvin pada tahun 1383.

Ikon ini berada di Konstantinopel hingga abad ke 14, dimana Biara Asumsi Tikhvin didirikan untuk menjadi tempat ikon ini. Pada tahun 1941, selama Perang Dunia II, pada masa Tikhvin berada dalam pemerintahan tentara Jerman, yang menjarah biara dan, tentunya, mengambil ikon tersebut ke Pskov, dan pada tahun 1944 mengirimkannya ke Riga. Ikon tersebut pada akhirnya diselamatkan keluar dari Rusia oleh seorang uskup Ortodoks Rusia dari jemaah Kolka dan kemudian uskup dari Riga - John (Garklavs) dari Chicago. Pada masa antara tahun 1949 dan 2004, ikon ini disimpan Chicago, USA. Ikon tersebut kemudian dikembalikan ke Tikhvin, Rusia pada tahun 2004 oleh anak baptisnya, Fr. Sergei Garklavs dari Chicago. Ikon ini disimpan di Biara Asumsi Tikhvin, yang merupakan tempat penyimpanannya sebelum tahun 1917.[2] Sebagian besar dari ikon, kecuali kedua wajah, biasanya ditutupi bingkai yang terbuat dari logam mulia dan batu permata (riza)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pravoslavie Portal, dalam bahasa Rusia
  2. ^ "История монастыря" (dalam bahasa Russian). Тихвинский Богородичный Успенский монастырь. Diakses tanggal 18 November 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]