Ikatan peptida

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pembentukan Ikatan Peptida

Ikatan peptida merupakan ikatan yang terbentuk ketika atom karbon pada gugus karboksil suatu molekul berbagi elektron dengan atom nitrogen pada gugus amina molekul lainnya. ikatan peptida hanya terdapat pada protein.

Reaksi yang terjadi merupakan reaksi kondensasi, hal ini ditandai dengan lepasnya molekul air ketika reaksi berlangsung.[1] Hasil dari ikatan ini merupakan ikatan CO-NH,[2] dan menghasilkan molekul yang disebut amida. Ikatan peptida ini dapat menyerap panjang gelombang 190-230 nm.[3]

Cara Memutus Ikatan Peptida[sunting | sunting sumber]

Ikatan peptida dapat dirusak atau diputus dengan melakukan hidrolisis. Ikatan peptida terbentuk dari protein yang mempunyai kecenderungan untuk putus secara spontan ketika terdapat air. Dari hasil pemutusan tersebut, dilepaskan energi sebesar 10 kJ/mol. Namun, proses pemutusan terjadi sangat lambat. Pada umumnya, organisme menggunakan enzim untuk membantu proses pemutusan atau pembentukan ikatan peptida untuk mempercepat reaksi.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bruce A et al. 2002. Molecular Biology of the Cell. New York and London: Garland Science.
  2. ^ (Inggris) Anthony JF Griffiths, Jeffrey H Miller, David T Suzuki, Richard C Lewontin, and William M Gelbart (2000). An Introduction to Genetic Analysis. University of British Columbia, University of California, Harvard University (edisi ke-7). W. H. Freeman. hlm. Figure 9-3. The peptide bond. ISBN 0-7167-3520-2. Diakses tanggal 2010-08-24. 
  3. ^ a b Oleg L. 2010. The Peptide Bond. [terhubung berkala]. http://www.peptidesguide.com/peptide-bond.html [16 Mei 2010].