Ikan taring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan taring
Anoplogaster

Anoplogaster cornuta
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoBeryciformes
FamiliAnoplogastridae
GenusAnoplogaster
Günther, 1859

Ikan taring atau jatawaja adalah ikan bericiform dari keluarga Anoplogastridae (terkadang dieja "Anoplogasteridae") yang hidup di laut dalam . Namanya berasal dari bahasa Yunani anoplo, yang berarti "tidak bersenjata", dan γαστήρ</link> ( gastḗr ), yang berarti "perut". Dengan sebaran di seluruh dunia di perairan tropis dan beriklim dingin, famili ini hanya berisi dua spesies yang sangat mirip dalam satu genus, tanpa kerabat dekat yang diketahui.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Meskipun diberi nama karena giginya, seperti taring dan wajahnya yang sulit didekati, ikan taring sebenarnya cukup kecil dan tidak berbahaya bagi manusia: ikan taring yang lebih besar dari kedua spesies, ikan taring biasa, mencapai panjang maksimum hanya 16 cm (6,3 in) ; ikan taring duri kecil berukuran kurang dari setengah ukurannya meskipun saat ini hanya diketahui dari spesimen remaja. [1]

Anoplogaster cornuta termasuk dalam jenis ikan yang berukuran lebih kecil. Mereka terkenal dengan giginya yang besar dan tajam ketika rahangnya tertutup. Dengan bantuan giginya, mereka mampu membunuh ikan yang jauh lebih besar dari dirinya. Kepalanya kecil dengan rahang besar dan tampak kuyu, penuh dengan rongga lendir yang dibatasi tepi bergerigi dan ditutupi kulit tipis. Matanya relatif kecil, terletak tinggi di kepala; seluruh kepala berwarna coklat tua sampai hitam dan tertekan kuat ke samping, jauh ke depan dan semakin ramping ke arah ekor. Siripnya kecil, sederhana, dan tidak bertulang ; sisiknya tertanam di kulit dan berbentuk pelat tipis. Sebagai kompensasi atas berkurangnya mata, gurat sisi berkembang dengan baik dan tampak sebagai alur terbuka di sepanjang panggul.

Pada ikan dewasa, dua taring terbesar pada rahang bawah sangat panjang, gigi taring tersebut telah mengembangkan sepasang soket yang berlawanan di kedua sisi otak untuk menampung gigi ketika mulut tertutup. Menurut Blue Planet BBC, episode "The Deep", ikan taring memiliki gigi terbesar dari semua ikan di lautan, sebanding dengan ukuran tubuh, dan sangat besar sehingga mereka tidak pernah bisa menutup mulutnya. Ikan remaja secara morfologi sangat berbeda - tidak seperti orang dewasa, mereka memiliki duri panjang di kepala dan pra operkulum, mata lebih besar, kantung gas fungsional, penyapu insang panjang dan ramping, gigi jauh lebih kecil dan dapat tertekan, dan berwarna abu-abu muda. Perbedaan-perbedaan ini pernah menyebabkan kedua tahap kehidupan tersebut digolongkan sebagai spesies yang berbeda, yang satu berada dalam genus yang lain; Caulolepis . [2]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Ikan taring pelagis adalah salah satu ikan yang hidup paling dalam, ditemukan sebanyak 5,000 m (16,404 ft) ke bawah. [3] Mereka lebih sering ditemukan antara 200 dan 2,000 m (656,168 dan 6,562 ft), namun, dan remaja tampaknya tetap berada dalam jangkauan atas kisaran ini. Mereka mungkin menjalani migrasi diel seperti yang biasa terjadi pada banyak ikan laut dalam: pada siang hari ikan ini tetap berada di kedalaman yang suram dan menjelang malam mereka naik ke lapisan atas kolom air untuk mencari makan dari cahaya bintang, dan kembali ke perairan dalam saat fajar. Ikan taring dapat membentuk sekolah kecil atau pergi sendiri. Mereka diperkirakan menggunakan kemoresepsi kontak untuk mencari mangsa. [4]

Gigi yang lebih kecil dan penyapu insang yang lebih panjang pada ikan muda menunjukkan bahwa mereka mencari makan terutama dengan menyaring zooplankton dari air, sedangkan ikan dewasa yang hidup lebih dalam mengincar ikan dan cumi-cumi lainnya. Gigi dan mulut ikan taring yang besar merupakan ciri umum di antara binatang mini di laut dalam ( lih. ikan beludak, ikan gigi belati, ikan bulu kejur, barakudina, ikan sungut ganda ), yang dianggap sebagai keuntungan di perairan yang rawan ini di mana segala sesuatu ditemui (bahkan jika ukurannya lebih besar daripada ikan) harus dianggap sebagai makanan yang memungkinkan. Ikan taring kemudian dimangsa oleh ikan pelagis besar lainnya, seperti tuna dan marlin serta beberapa spesies hiu .[5]

Ikan taring dikenal kuat jika dibandingkan dengan banyak ikan laut dalam lainnya; [6] mereka tetap hidup selama berbulan-bulan di akuarium meskipun kondisinya sangat berbeda dari habitat laut dalam biasanya. [7]

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

Ikan taring mempunyai larva planktonik dan dianggap bukan penjaga telur; frekuensi dan waktu pemijahan tidak diketahui secara pasti, namun beberapa aktivitas telah dilaporkan dari bulan Juni – Agustus. Ikan taring remaja mulai mengambil bentuk dewasa pada usia sekitar 8 cm (3,1 in) panjangnya, pada saat itu mereka mulai turun ke perairan yang lebih dalam. [8] Permulaan kematangannya tidak diketahui, tetapi ikan taring yang umum diketahui matang pada 16 cm (6,3 in) . Pertumbuhannya cenderung lambat, seperti kebanyakan ikan laut dalam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kotlyar, Alexander N. (2003). "Family Anoplogastridae Gill 1893 — fangtooths" (PDF). California Academy of Sciences Annotated Checklists of Fishes. 20: 1–3. 
  2. ^ Kotlyar, Alexander N. (2003). "Family Anoplogastridae Gill 1893 — fangtooths" (PDF). California Academy of Sciences Annotated Checklists of Fishes. 20: 1–3. 
  3. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2012). Species of Anoplogaster di FishBase. Versi October 2012.
  4. ^ Childress, James J.; Robert P. Meek (1973). "Observations on the feeding behavior of a mesopelagic fish (Anoplogaster cornuta: Beryciformes)". Copeia. 1973 (3): 602–603. doi:10.2307/1443133. JSTOR 1443133. 
  5. ^ Prosanta Chakrabarty (2009). "Fangtooth". Digital Fish Library. University of California San Diego. Diakses tanggal 9 May 2012. 
  6. ^ Childress, James J.; Robert P. Meek (1973). "Observations on the feeding behavior of a mesopelagic fish (Anoplogaster cornuta: Beryciformes)". Copeia. 1973 (3): 602–603. doi:10.2307/1443133. JSTOR 1443133. 
  7. ^ "Fangtooth". deepseacreatures.org. Diakses tanggal 23 November 2012. 
  8. ^ Paxton, John R. (1998). Paxton, J.R.; Eschmeyer, W.N., ed. Encyclopedia of Fishes. San Diego: Academic Press. hlm. 163. ISBN 0-12-547665-5.