Ikan mata-gentong pasifik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan mata-gentong pasifik
Macropinna microstoma
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoArgentiniformes
FamiliOpisthoproctidae
GenusMacropinna
SpesiesMacropinna microstoma
W.M.Chapman, 1939

Ikan mata-gentong Pasifik [1] ( Macropinna ) adalah genus ikan bersirip pari yang termasuk dalam Opisthoproctidae, keluarga bareleye. Ia mengandungi satu spesies, M. microstoma . Ia dikenal karena perisai transparan berisi cairan yang sangat tidak biasa di kepalanya, yang melaluinya lensa matanya dapat dilihat. Awalnya diyakini bahwa mata berbentuk tabung ikan ini dipasang pada tempatnya dan oleh karena itu hanya memberikan pandangan terowongan dari apa yang terlihat di atas kepalanya. Namun, pada tahun 2008, para ilmuwan menemukan bahwa matanya mampu berputar ke atas dan ke depan dalam perisai transparannya.[2] [3] M. microstoma memiliki mulut yang kecil dan sebagian besar tubuhnya ditutupi sisik yang besar. Ikan ini biasanya menggantung hampir tak bergerak di dalam air, pada kedalaman sekitar 600 meter (2.000 ft) hingga 800 meter (2.600 ft), menggunakan siripnya yang besar untuk stabilitas dan dengan mata mengarah ke atas. Dalam kondisi minim cahaya diasumsikan ikan mendeteksi mangsa melalui siluetnya . Peneliti MBARI Bruce Robison dan Kim Reisenbichler mengamati bahwa ketika mangsa seperti ikan kecil dan ubur-ubur terlihat, matanya berputar seperti teropong, menghadap ke depan sambil memutar tubuhnya dari posisi horizontal ke vertikal untuk mencari makan. Robison berspekulasi bahwa M. microstoma mencuri makanan dari sifonofora .[4]

Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Mikrostoma makropinna ditemukan pada tahun 1939 oleh ahli biologi kelautan WM Chapman, di perairan beriklim sedang di samudera Pasifik, Hindia, dan Atlantik. Ia dibatasi di perairan laut dalam karena mata tubularnya yang peka terhadap cahaya. Mata ditutup dengan lensa berwarna hijau cerah, dan dikelilingi oleh pelindung berisi cairan. Keberadaan ikan ini sebagian besar tidak diketahui hingga tahun 2004.

Lingkungan[sunting | sunting sumber]

M. microstoma merupakan ikan laut dalam yang hidup sekitar 1.015 meter di bawah permukaan air. Sebagian besar ditemukan di lepas pantai Kalifornia dan Samudera Pasifik Utara. Hidup di perairan yang dalam dan gelap menyebabkan sensitivitas cahaya yang dialami M. microstoma . Oleh karena itu, mata laras memiliki pandangan mata ke atas. Untuk dapat melihat mangsanya, mata larasnya melihat ke atas menuju cahaya permukaan.

M. microstoma bisa mencapai panjang 6 inci (15 cm) . Ia memiliki kepala yang besar, berbentuk kubah, dan transparan. Ini melindungi mata sensitifnya dari nematocyst (sel penyengat) siphonophores, yang diyakini dapat mencuri makanan. Melalui kubah tersebut terlihat seluruh bagian dalam kepala yaitu mata, otak dan seluruh ujung saraf yang menyusun kepalanya. Sekilas tampak matanya berada di depan kepalanya berupa dua lubang hitam; ini adalah organ penciumannya. Ahli biologi kelautan percaya bahwa mata ikan mata-gentong tertuju pada kepalanya, sehingga hanya memungkinkannya melihat ke atas. Siripnya yang besar dan rata membuatnya hampir tidak bergerak di dalam air, dan dapat bermanuver dengan sangat tepat. Seringkali, ikan menggantung tak bergerak di dalam air, dengan tubuh dalam posisi horizontal dan mata menghadap ke atas. Pigmen hijau di matanya dapat menyaring sinar matahari yang datang langsung dari permukaan laut, membantu mata barel melihat cahaya bioluminesen dari ubur-ubur atau hewan lain yang berada tepat di atas kepalanya.

Diet[sunting | sunting sumber]

M. microstoma berbagi lingkungan laut dalam dengan berbagai jenis cnidaria . Beberapa yang paling umum adalah siphonophores (yang panjangnya bisa mencapai 30 kaki). Ikan mata gentong mempunyai sistem pencernaan yang kuat dan biasanya memakan cnidaria dan hewan kecil yang hanyut. Makhluk laut kecil yang terperangkap di tentakel cnidaria juga menjadi sasaran ikan mata gentong.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

M. microstoma diperkirakan merupakan pemijahan pelagis (telurnya dilapisi lapisan minyak yang memungkinkannya mengapung di permukaan laut terdekat hingga menetas). Betina bertelur di air dan jantan melepaskan sperma di air. Setelah menetas, larva mulai turun ke kedalaman saat mereka tumbuh, memakan zooplankton dan partikel kecil bahan organik lainnya.[5] Dipercaya bahwa tidak ada dimorfisme seksual antara jantan dan betina dan mereka tidak peduli terhadap anak-anaknya.

M. microstoma telah dikenal ilmu pengetahuan sejak tahun 1939, tetapi baru diketahui bahwa ia difoto hidup-hidup pada tahun 2004. Gambar-gambar lama tidak menunjukkan kubah transparan, karena biasanya hancur jika diangkat dari kedalaman. Tersebar luas di Samudera Pasifik bagian utara, dari Laut Bering hingga Jepang dan Baja California .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pacific Barreleye (Macropinna microstoma)". iNaturalist. 
  2. ^ Robison, Bruce; Reisenbichler, Kim (2008). "Macropinna microstoma and the Paradox of Its Tubular Eyes". Copeia. Diakses tanggal 26 March 2021. 
  3. ^ LiveScience.com (23 February 2009). "Strange fish has a see-through head". NBC News. Diakses tanggal 24 February 2009. 
  4. ^ Fulton-Bennett, Kim (23 February 2009). "Researchers solve mystery of deep-sea fish with tubular eyes and transparent head". Diakses tanggal 24 February 2009. 
  5. ^ "Barreleye Fish: Characteristics, types, reproduction and more…". ourmarinespecies.com. Diakses tanggal 31 August 2022.