Ikan mata-gentong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Opisthoproctidae
Opisthoproctus soleatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Superordo:
Ordo:
Subordo:
Famili:
Opisthoproctidae

Schmidt, 1918
Genus

Opisthoproctidae atau dalam bahasa Inggris disebut dengan ikan mata-gentong adalah famili ikan laut dalam kecil dalam ordo argentiniformes, yang terdiri dari ikan yang ditemukan di perairan tropis hingga sedang di Samudra Atlantik, Pasifik, dan Hindia.[2][3][4]

Ikan ini dinamai demikian karena matanya yang berbentuk tong dan berbentuk tabung, yang umumnya mengarah ke atas untuk mendeteksi siluet mangsa yang tersedia. Ikan juga dapat mengarahkan matanya ke depan. Nama Opisthoproctidae berasal dari kata Yunani opisthe ("di belakang") dan proktos ("anus").

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Poulsen, J.Y., Sado, T., Hahn, C., Byrkjedal, I., Moku, M. & Miya, M. (2016): Preservation Obscures Pelagic Deep-Sea Fish Diversity: Doubling the Number of Sole-Bearing Opisthoproctids and Resurrection of the Genus Monacoa (Opisthoproctidae, Argentiniformes). PLoS ONE, 11 (8): e0159762.
  2. ^ Froese, Rainer, and Daniel Pauly, eds. (2012). "Opisthoproctidae" in FishBase. February 2012 version.
  3. ^ A. G. V. Salvanes and J. B. Kristofersen (2001). "Mesopelagic fishes" (PDF). Encyclopedia of ocean sciences, Vol. 3. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ Peter B. Moyle and Joseph J. Cech, Jr (2004). Fishes: An introduction to ichthyology. Prentice-Hall, Inc; Upper Saddle River, NJ. hlm. 320. ISBN 978-0-13-100847-2.