Ikan lepu ayam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
ikan lepu ayam di perairan manado sulawesi utara

Ikan lepu ayam atau juga disebut ikan singa ( red lionfish ) dalam bahasa inggris, berasal dari famili scorpanidae dan ordo scorpaeniformes. ikan ini dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis di bagian laut hindia selatan , pasifik selatan , dan laut merah . meskipun ia tergolong ikan yang memiliki racun , ikan ini cukup populer dikalangan para pecinta aquarium ikan hias air laut.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

ketika musim kawin tiba beberapa ikan lepu ayam berkumpul di tempat yang sama. 1 kelompok ikan lepu terdiri dari seekor penjantan & beberapa betina , saat melakukan perkawinan ikan lepu ayam betina melepaskan berisi telur-telur nya terlebih dulu ke air lalu diikuti pelepasan sperma oleh pejantan. telur-telur yang sudah dibuahi akan mengapung ke permukaan air dimana 1 kantong lendir bisa berisi 20.000 ribu butir telur

ikan lepu ayam di selat lembeh sulawesi

telur-telur akan menetas setelah 36 jam yang juga diikuti pecahnya lapisan lendir yang menyatukan telur-telur. larva ikan lepu ayam hidup terombang-ambing mengikuti arus laut & hidup dari memamakan hewan mikroskopis seperti plankton. fase larva berlangsung 1 bulan & setelah itu ikan lepu ayam muda mulai menempuh fase kehidupan di dasar laut hingga tumbuh dewasa.

Habitat[sunting | sunting sumber]

ikan lepu ayam biasanya hidup di terumbu karang & berbatu-batu dikedalaman maksimal 50 meter. ikan lepu ayam bersifat teritorial dan akan menyerang ikan lain yang masuk wilayah nya. ikan lepu ayam adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari, di disiang hari ikan ini bersembunyi dilubang terumbu karang. saat mencari makan ikan ini biasa berenang lambat mendekati mangsa nya lalu melahapnya, makanan ikan lepu ayam biasanya ikan, udang, & kepiting.

Racun[sunting | sunting sumber]

racun ikan lepu terletak di sirip dada & punggung nya yang berukuran besar seperti kipas. hanya bagian sirip bertulang yang berbahaya bagi manusia karena dapat menembus kulit. efek yang timbul pada manusia yang terkena racun ikan ini adalah rasa sakit pada luka, pusing, kesulitan bernafas, & bahkan kematian. namun kasus tersebut jarang terjadi. pertolongan pertama yang bisa diberikan jika terkena racun dari ikan lepu ayam yaitu meyiram bagian yang terkena racun dengan air panas, lalu korban dibawah kerumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Spesies Invasif[sunting | sunting sumber]

ikan lepu di perairan pulau san salvador bahama

ikan lepu ayam belakangan membawa masalah baru bagi ekosistem di perairan karibia dan atlantik. penyebabnya karena ada ikan lepu ayam dilepas ke perairan setempat sejak tahun 1990-an dan kemungkinan oleh pemeliharan ikan yang sudah tidak tertarik memeliharanya lagi-yang kemudian berkembang biak lalu memakan ikan setempa. masalah semakin runyam karen ikan tersebut berkembang dengat cepat & tidak memiliki musuh alamiah di perairan karibia sehingga pertumbuhan di habitat barunya menjadi semakin tidak terkendali.

beberapa upaya dilakukan dengan menangkap besar-besaran untuk menekan populasi nya. para penduduk setempat memancing serta menyantapnya ikan lepu ayam walaupun beracun, daging ikan ini disebut-sebut lezat dan tidak membahayakan jika diolah dengan benar.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  • ^ http://www.fishbase.org/summary/5195
  • ^ https://oceanservice.noaa.gov/facts/lionfish-facts.html
  • ^ http://oceana.org/marine-life/ocean-fishes/red-lionfish