Ikan kepala haji palsu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ikan kepala haji palsu
Cetoscarus ocellatus
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN190691
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliLabridae
GenusCetoscarus
SpesiesCetoscarus ocellatus
Valenciennes, 1840
Tata nama
Sinonim taksonScarus ocellatus Valenciennes, 1840[1]

Cetoscarus ocellatus, nama umum kepala haji palsu, adalah spesies ikan kakatua yang termasuk dalam famili Scaridae .

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama spesies ocellatus mengacu pada oselus gelap pada sirip punggung remaja. [3]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Ikan ini berasosiasi dengan terumbu karang, dan dapat ditemukan pada kedalaman antara 1 dan 40 m (3,3 dan 131,2 ft) . [3] [1] Mereka berbeda di habitat. Beberapa lebih menyukai terumbu karang, sementara beberapa lebih menyukai padang lamun, alga, bakau, dan terumbu berbatu.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Cetoscarus ocellatus pada saat dewasa dapat mencapai panjang tubuh sekitar 30–80 cm (12–31 in) . [1] Spesies ini memiliki moncong yang panjang dan memperlihatkan 14-15 sinar dada;, 5-7 sisik predorsal median dan 3 baris sisik di pipi. Warna Cetoscarus ocellatus bervariasi antar jenis kelamin serta antara dewasa dan remaja.

Remaja biasanya berwarna putih dengan pita oranye tebal yang mengelilingi kepala, kecuali moncong dan dagu. Mereka memiliki bintik hitam melingkar di sirip punggungnya dan pita oranye tebal di ekornya yang bulat. [1] [3]

Biologi[sunting | sunting sumber]

Cetoscarus ocellatus adalah anggota hermafrodit dari keluarga ikan kakaktua . Sebagian besar ditemukan di wilayah Segitiga Terumbu Karang, meskipun telah ditemukan menghuni rumput laut dan alga serta hutan bakau . Karena Ikan Nuri ini adalah hermafrodit, mereka mulai sebagai betina ('fase awal') dan akhirnya bisa menjadi jantan. Mereka bepergian di sekolah-sekolah besar yang dipimpin oleh satu laki-laki dominan diikuti oleh perempuan. Jika karena alasan tertentu pejantan ini pergi atau berpisah, salah satu betina dominan dalam kelompok tersebut akan mengambil alih dan mengubah jenis kelamin dan warnanya. [3] Ikan kakaktua penting bagi dinamika terumbu karang dan terancam oleh penangkapan ikan berlebihan, dan perusakan habitat akibat perubahan iklim .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "{{{genus}}} {{{species}}}". FishBase. Ed. Ranier Froese and Daniel Pauly. August 2019 version. N.p.: FishBase, 2019. Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "Fishbase" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ Choat, J.H.; Pardede, S.; Clements, K.D.; Rocha, L.A.; Russell, B.; Myers, R.; Lazuardi, M.E.; Muljadi, A.; Rahardjo, P. (2012). "Cetoscarus ocellatus". 2012: e.T190691A17792863. doi:10.2305/IUCN.UK.2012.RLTS.T190691A17792863.en. 
  3. ^ a b c d Fishes of Australia