Iblis dan Miss Prym

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Iblis dan Miss Prym
Iblis dan Miss Prym.jpg
Sampul edisi bahasa Indonesia
Pengarang Paulo Coelho
Judul asli O Demônio e a srta Prym
Negara Brasil
Bahasa Portugis
Genre Novel
Tanggal rilis 2000
Jenis media Cetak (sampul keras dan sampul biasa)
Halaman 205 halaman
ISBN 0-00-711605-5
Nomor OCLC 59407077

Iblis dan Miss Prym (bahasa Inggris: The Devil and Miss Prym; bahasa Portugis: O Demônio e a srta Prym) adalah novel karangan novelis Brasil Paulo Coelho yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2000.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Selama hampir lima belas tahun, Berta tua menghabiskan hari-harinya dengan duduk di luar rumah, mengamati desa kecil Viscos dan berbicara dengan almarhum suaminya sembari menunggu malaikat maut datang. Suatu hari, seorang warga asing muncul dengan tujuan untuk tinggal di desa selama satu minggu dengan membawa ransel berisi buku tulis dan sebelas batang emas.

Orang asing tersebut mengubur emas batangan tersebut di hutan dan bertemu dengan Chantal Prym, seorang pelayan bar muda dan cantik yang bosan dengan kehidupannya. Prym berupaya untuk menggoda si orang asing dengan harapan akan di bawa kabur dari desa. Orang asing itu menunjukkan pada Prym emas yang terkubur di hutan dan menjanjikan padanya bahwa emas itu akan menjadi milik warga jika mereka bersedia membunuh seseorang.

Sementara itu, terjadi pertempuran sengit yang berkecamuk dalam diri Prym, pertempuran antara malaikat dan iblis. Prym menganggap emas itu sebagai cara untuk melarikan diri, namun ada sesuatu yang menahannya untuk melakukannya.

Setelah beberapa hari, Prym memutuskan untuk menceritakan kepada penduduk desa mengenai tawaran si orang asing, dengan keyakinan bahwa mereka akan menolak tawaran tersebut. Namun, penduduk desa yang telah terbutakan oleh harta memercayai ucapan Prym. Merasa takut dan frustasi, Prym meninggalkan Viscos bersama si orang asing. Sementara itu, penduduk desa berunding untuk memutuskan siapa yang akan mereka bunuh, dan korban yang mereka pilih adalah Berta, karena ia sudah tua dan tidak lagi berguna di desa. Berta dibius dan hendak ditembak, namun Prym datang dan meyakinkan penduduk bahwa pembunuhan tidak dibenarkan dalam situasi apapun.

Tema[sunting | sunting sumber]

Tema dalam novel ini secara umum adalah tentang godaan, tentang masyarakat yang dikuasai keserakahan, kepengecutan, dan ketakutan, sementara berjuang menentukan pilihan antara yang baik dan yang jahat. Tema lainnya adalah mengenai pilihan dalam kehidupan sehari-hari; pertempuran antara kebaikan dan kejahatan dalam diri seseorang serta tanggung jawab atas tindakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]