Ian Foster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Ian T. Foster
Lahir 1959 (umur 58–59 tahun)
New Zealand
Tempat tinggal Chicago, IL, USA
Kebangsaan New Zealand
Alma mater
Dikenal atas
Penghargaan
Karier ilmiah
Bidang
Institusi
Tesis Parlog as a systems programming language (1988)
Pembimbing doktoral Keith Clark
Mahasiswa doktoral
Situs web

Ian Foster dikenal sebagai bapak dari Komputasi Grid. Dia merupakan seorang profesor di Universitas Chicago dan direktur dari "Distributed Systems Lab" (untuk komputasi terdistribusi) di Argonne National Laboratory.

Dalam tulisan What is the Grid? A Three Point Checklist oleh Ian Foster ada checklist yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bahwa suatu sistem melakukan komputasi grid, yaitu :

  1. Sumber daya komputasi yang dikoordinasi oleh sistem tersebut tidak berada dalam satu kedali. Sistem menggunakan standard dan protokol yang bersifat terbuka (tidak terpaut pada suatu implementasi atau produk tertentu). Target sistem tersebut  untuk mencapai kualitas layanan yang canggih, (nontrivial quality of service) yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut.
  2. Sumber daya komputasi yang dikoordinasi oleh sistem tersebut tidak berada dalam satu kedali.Sistem menggunakan standard dan protokol yang bersifat terbuka (tidak terpaut pada suatu implementasi atau produk tertentu).
  3. Target sistem tersebut  untuk mencapai kualitas layanan yang canggih, (nontrivial quality of service) yang jauh diatas kualitas layanan komponen individu dari komputasi grid tersebut.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Foster, I. (2001). "The Anatomy of the Grid: Enabling Scalable Virtual Organizations". International Journal of High Performance Computing Applications. 15 (3): 200. doi:10.1177/109434200101500302. 
  2. ^ "Mengenal Grid Computing"