IPod photo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Pada tanggal 26 Oktober 2004, Apple Computer mengenalkan iPod Photo, yang selain bisa memutar lagu, juga membolehkan penggunanya untuk menyimpan dan menayangkan foto berwarna. Di bulan November 2004, nama tersebut secara diam-diam diganti dengan iPod photo, dimana kata kedua tidak lagi dicetak dengan huruf besar, sepertinya untuk menyesuaikan skema pemberian nama seperti iPod mini and iPod shuffle.

Sejak Oktober 2005 iPod photo sudah tidak diproduksi oleh Apple Computer dan telah digantikan oleh iPod generasi kelima yang lebih dikenal sebagai iPod video.

iPod photo adalah piranti pemutar musik yang menggunakan hard drive yang mirip dengan iPod generasi keempat yang menggunakan click wheel, menyimpan datanya di dalam sebuah hard drive and menyelaraskan lagunya dengan piranti lunak iTunes melalui kabel FireWire atau USB. Namun tidak seperti model sebelumnya yang menggunakan layar hitam putih, layarnya yang berukuran 220x176 pixel bisa menghasilkan sampai 16.7 juta warna. Lebih lagi, alat ini bukan hanya bisa menyelaraskan isi datanya dengan iTunes tetapi juga piranti lunak iPhoto, yang memiliki kemampuan playback foto dengan menggunakan layarnya atau menghubungkan dengan layar eksternal. Karena iPhoto hanya tersedia untuk pengguna Macintosh, pemakai Windows bisa menggunakan album foto dari piranti lunak Adobe Photoshop Album 2.0 atau Adobe Photoshop Elements 3.0 kecuali kalau mereka mau memindahkan foto mereka secara manual.

Dua model yang tersedia adalah (harga 2005):

  • 30 GB - AS$349
  • 60 GB - AS$449

iPod photo bisa menampilkan gambar dari dokumen dengan format JPEG, BMP, GIF, TIFF, and PNG, dan bisa disambung dengan televisi atau layar eksternal lainnya untuk membuat sebuah presentasi gambar. Apple Computer mengklaim bahwa baterai iPod photo yang sudah diisi penuh bisa dipakai untuk memainkan lagu sampai lima belas jam, atau lima jam bila digunakan untuk menampilkan gambar secara terus-menerus.

Pada awalnya iPod photo tersedia dalam ukuran 40GB and 60GB, dengan harga AS$499 dan AS$599. Pada tanggal 23 Februari 2005, Apple Computer memberhentikan model 40GB dan memperkenalkan model 30GB seharga AS$349 yang lebih ramping. Juga mereka menurunkan harga untuk model 60GB menjadi AS$449. Tetapi, dock, kabel FireWire dan kabel televisi perlengkapan iPod photo yang sebelumnya termasuk perlengkapan dasar, sekarang dijual terpisah.