I, Tonya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
I, Tonya
I Tonya Margot Robbie Poster 2017.jpg
Poster film I, Tonya
SutradaraCraig Gillespie
ProduserTom Ackerley
Margot Robbie
Steven Rogers
Bryan Unkeless
SkenarioSteven Rogers
PemeranMargot Robbie
Sebastian Stan
Allison Janney
MusikJeff Russo
SinematografiNicolas Karakatsanis
PenyuntingTatiana S. Riegel
Perusahaan
produksi
LuckyChap Entertainment
Clubhouse Pictures
Al Film
DistributorNeon
Tanggal rilis
  • 8 September 2017 (2017-9-8) (Festival Film Internasional Toronto)
  • 8 Desember 2017 (2017-12-8) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 19 Januari 2018 (2018-1-19) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
120 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$11 juta[2]
Pendapatan kotor$53,939,297[3][4]

I, Tonya adalah film biografi drama komedi Amerika Serikat tahun 2017 yang disutradarai oleh Craig Gillespie dan diproduseri oleh Tom Ackerley, Margot Robbie, Steven Rogers dan Bryan Unkeless. Naskah film ini ditulis oleh Steven Rogers berdasarkan kisah nyata Tonya Harding, mantan atlet seluncur indah yang diduga terlibat dalam penyerangan rekannya, Nancy Kerrigan, tahun 1994. Film ini dibintangi oleh Margot Robbie, Sebastian Stan dan Allison Janney.

Film I, Tonya ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Toronto pada tanggal 8 September 2017[5] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 8 Desember 2017 secara terbatas dan 19 Januari 2018 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1970-an di Portland, Oregon, Tonya Harding (Maizie Smith) yang berusia tiga tahun didesak berseluncur es oleh ibunya yang kasar, LaVona Golden (Allison Janney). Ketika Tonya (Mckenna Grace) tumbuh dewasa, LaVona membawanya keluar dari sekolah untuk fokus dengan karier seluncurnya dan ia berlatih di bawah arahan Diane Rawlinson (Julianne Nicholson). Tonya dengan cepat menjadi salah satu atlet seluncur indah terbaik di Amerika Serikat, tetapi ia tidak dapat menghindari hinaan "white trash" dari orang lain, kostum buatan sendiri dan pilihan musik untuk penampilannya yang tidak biasa. Pada usia 15 tahun, Tonya (Margot Robbie) mulai berkencan dengan Jeff Gillooly (Sebastian Stan) yang berusia 18 tahun meskipun ibunya tidak menyetujuinya. Tonya menikahi Jeff agar ia dapat pindah dari rumah ibunya, tetapi segera setelah itu, Jeff mulai menyiksa Tonya secara fisik juga. LaVona menghina Tonya karena menuruti Jeff, tetapi Tonya menyalahkan LaVona karena membesarkannya di lingkungan yang kejam.

Sementara itu, Tonya menjadi atlet seluncur indah wanita Amerika Serikat pertama yang menyelesaikan dua lompatan triple axel dalam kompetisi atas arahan Dody Teachman (Bojana Novakovic). Namun, Tonya gagal mempertahankan pendaratannya dan berada di posisi keempat di Olimpiade Musim Dingin 1992. Merasa kalah, Tonya kembali ke Portland dan bekerja sebagai pelayan, tetapi pelatih pertamanya, Diane Rawlinson, meyakinkannya untuk berlatih di Olimpiade Musim Dingin 1994. Tonya mengunjungi LaVona, yang menghinanya karena mencari kebaikan dan mangaku bahwa LaVona menjadikan Tonya sebagai juara, mengetahui bahwa ia membencinya karenanya.

Setelah Tonya terguncang oleh ancaman pembunuhan, Jeff menyadari bahwa ia dapat melakukan hal yang sama kepada saingan utama Tonya, Nancy Kerrigan (Caitlin Carver). Namun, teman Jeff yang senang berkhayal, Shawn Eckhart (Paul Walter Hauser), mencari popularitas dan martabat, menyewa dua penjahat yang tidak kompeten untuk menyerang Nancy setelah ia sesi latihan di Detroit. Lutut Nancy terluka parah oleh Shane Stant (Ricky Russert), lalu mereka berdua yang terlibat segera ditangkap. Shawn yang menyumbar di sekitar kota cepat tersebar luas ke FBI. Shawn menunjukkan Jeff kepada FBI, lalu Jeff merasa ngeri mengetahui bahwa Shawn memberikan perintah daripada mengirimkan ancaman kematian melalui surat. Tonya memenuhi syarat untuk masuk tim Olimpiade di tengah tuduhan bahwa Tonya terlibat dalam serangan Nancy. Menyadari bahwa Tonya akan dinyatakan bersalah oleh asosiasi, Tonya pergi ke FBI dan memberitahu mereka apa yang dilakukan oleh Jeff dan Shawn, di mana FBI menunjukkan kesaksian tertulis Tonya kepada Jeff selama wawancara, lalu Jeff berlari ke rumahnya untuk menyerang Tonya. Tonya meninggalkan Jeff untuk selamanya dan Jeff melibatkan Tonya kepada pihak berwenang, mengakui bahwa Tonya mengetahui serangan itu.

Di Olimpiade, Tonya berada di posisi kedelapan dan Nancy mendapatkan medali perak. Kembali ke Portland, Tonya menemukan dirinya berada dalam sirkus media. LaVona mengunjungi Tonya dan memberikan perkataan baiknya. LaVona akhirnya memberitahu Tonya bahwa ia bangga kepadanya dan bahwa ia ada di sisinya. Namun, ketika LaVona bertanya apakah Tonya mengetahui sesuatu tentang serangan itu, Tonya menyadari bahwa LaVona menggunakan alat perekam dan mengusirnya dari rumahnya. Jeff, Shawn dan Shane dihukum semua, dengan persidangan Tonya yang ditunda hingga Olimpiade berakhir. Tonya menghindari hukuman penjara, tetapi ia dihukum dengan masa percobaan tiga tahun, 500 jam pelayanan masyarakat dan denda $100,000, lalu Tonya juga dipaksa mundur dari Kejuaraan Skating Dunia 1994 dan dilarang bermain seluncur indah kompetitif seumur hidup. Sakit hati, Tonya memohon kepada hakim untuk memberikan vonis hukuman penjara daripada mengambil satu hal yang diketahuinya bagaimana melakukannya, tetapi hakim menolaknya. Jeff mengakui bahwa ia menghancurkan karier Tonya, lalu Jeff mengubah namanya dan menikah lagi. Tonya mempertahankan popularitasnya dengan menjadi petinju, lalu ia menikah lagi dan menjadi ibu yang mengurus anak-anak kandungnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Margot Robbie sebagai Tonya Harding
    • Mckenna Grace sebagai Tonya Harding remaja
    • Maizie Smith sebagai Tonya Harding usia 3 tahun
  • Sebastian Stan sebagai Jeff Gilooly
  • Allison Janney sebagai LaVona Golden
  • Julianne Nicholson sebagai Diane Rawlinson
  • Caitlin Carver sebagai Nancy Kerrigan
  • Bojana Novakovic sebagai Dody Teachman
  • Paul Walter Hauser sebagai Shawn Eckhardt
  • Bobby Cannavale sebagai Martin Maddox
  • Dan Triandiflou sebagai Bob Rawlinson
  • Ricky Russert sebagai Shane Stant

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film I, Tonya mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 90%, berdasarkan 325 ulasan, dengan rating rata-rata 7.8/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 77 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film I, Tonya mendapatkan $30,014,534 di Amerika Utara dan $23,924,758 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $53,939,297, melebihi anggaran produksi film $11 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $264,155, menempati posisi ke-20 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $2,861,168, menempati posisi ke-14 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "I, Tonya (15)". British Board of Film Classification. February 13, 2018. Diakses tanggal April 26, 2018. 
  2. ^ Ford, Rebecca (December 1, 2017). "How Margot Robbie Nailed Her Landing for 'I, Tonya'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal December 1, 2017. 
  3. ^ a b "I, Tonya (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  4. ^ a b "I, Tonya (2017)". The Numbers. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  5. ^ "Toronto Film Festival 2017 Unveils Strong Slate". Deadline. Diakses tanggal 25 July 2017. 
  6. ^ Feinberg, Scott (September 22, 2017). "'I, Tonya' Sets 2017 Awards-Qualifying Release Date (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal September 22, 2017. 
  7. ^ "I, Tonya (2017)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal December 23, 2017. 
  8. ^ "I, Tonya reviews". Metacritic. Diakses tanggal December 23, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]