Hymenaea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hymenaea
Hymenaea stigonocarpa
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Hymenaea

Spesies tipe
Hymenaea courbaril
L. (1753)
Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]
  • Courbaril Mill. (1754)
  • Tanroujou Juss. (1789)
  • Trachylobium Hayne (1827)
  • Valcarcelia Lag. (1828)

Hymenaea adalah sebuah genus tumbuhan dalam keluarga kacang-kacangan (Fabaceae). Dari empat belas spesies yang hidup dalam genus ini (kecuali satu) semuanya berasal dari daerah tropis Amerika, dengan satu spesies tambahan (Hymenaea verrucosa) di pantai timur Afrika. Beberapa penulis menempatkan spesies Afrika dalam genus monotipe terpisah, yakni Trachylobium.[2] Di wilayah neotropis, Hymenaea didistribusikan melalui kepulauan Karibia, dan dari Meksiko selatan hingga Brasil. Carl Linnaeus menamai genus ini pada tahun 1753 di Species Plantarum dari kata Hymenaios, nama dewa upacara pernikahan Yunani. Namanya mengacu pada anak daunnya yang berpasangan.

Sebagian besar spesiesnya adalah pohon besar dan sebagian besarnya adalah malar hijau. Mereka dapat tumbuh hingga ketinggian 25 mdpl dan muncul di atas kanopi hutan. Beberapa spesies akan tumbuh sebagai pohon hutan yang tinggi dan pohon perdu yang lebih kecil tergantung pada habitat sekitarnya. Daunnya berbentuk bifoliolat menyirip, artinya mempunyai dua anak daun yang menempel pada sisi tangkai daun. Bunganya tumbuh dalam jenis bunga malai atau bunga cawan majemuk.

Daftar Spesies[1][sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Hymenaea L. Plants of the World Online. Retrieved 2 September 2023.
  2. ^ Gwilym Lewis, Brian Schrire, Barbara MacKinder, and Mike Lock. 2005. Legumes of the World. Royal Botanic Gardens, Kew: Richmond, England.