Huskarl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Huscarl)
Batu rune U 330 di Uppland, Swedia, yang menyebutkan nama Assurr/Ôzurr, seorang huscarl.

Di Skandinavia pada abad pertengahan, husmän (bahasa Nordik Kuno: húskarlar, tunggal húskarl; juga diinggriskan menjadi housecarl, huscarl (bentuk Inggris Lama) dan kadang-kadang ditulis huscarle atau houscarl) bisa berarti seorang hamba yang bukan budak atau pasukan pribadi seseorang, kurang lebih sama dengan penjaga pribadi bangsawan dan raja Skandinavia. Institusi ini juga dapat ditemui di Inggris Anglo-Sachsen setelah wilayah tersebut ditaklukkan oleh Denmark pada abad ke-11. Di Inggris, huscarl kerajaan memiliki sejumlah tugas, baik itu tugas militer maupun pemerintahan. Mereka juga ikut bertempur di Hastings dibawah kepemimpinan Harold Godwinson. Istilah asalnya dalam bahasa Nordik Lama, húskarl, secara harfiah berarti "orang rumah"; istilah yang terkait adalah istilah Anglo-Sachsen churl atau ceorl, dengan akar yang sama dengan istilah Nordik Lama karl, yang berarti "seseorang, petani bukan budak".[1] Mereka adalah orang terlatih yang dibayar seperti tentara. Kronik Anglo-Sachsen menggunakan istilah hiredmenn untuk semua prajurit yang dibayar, sehingga juga berlaku untuk housecarl, tetapi istilah tersebut juga mengacu kepada butsecarls (pelaut-prajurit)[2][3] dan lithsmen. Belum diketahui apakah kedua profesi ini merupakan salah satu jenis housecarl atau merupakan kategori yang terpisah.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Germanic Lexicon Project". web.ff.cuni.cz. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-15. Diakses tanggal 16 March 2010. 
  2. ^ Hollister, C. Warren (1962). Anglo-Saxon Military Institutions on the Eve of the Norman Conquest. Oxford: Clarendon Press. hlm. 16–18. 
  3. ^ Lavelle, Ryan (2010). Alfred's Wars Sources and Interpretations of Anglo-Saxon Warfare in the Viking Age. Woodbridge, Suffolk: Boydel Press. hlm. 155. ISBN 978-1-84383-569-1. 

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Abels, Richard P. (2008). "Household Men, Mercenaries and Vikings in Anglo-Saxon England". Dalam J. France. Mercenaries and Paid Men: The Mercenary Identity in the Middle Ages. Leiden: Brill. hlm. 143–66. ISBN 978-90-04-16447-5. 
  • Hooper, Nicholas (1985). "The Housecarls in England in the Eleventh Century". Anglo-Norman Studies. 7: 161–76.  Reprinted as: Hooper, Nicholas (1992). "The Housecarls in England in the Eleventh Century". Dalam Matthew Strickland. Anglo-Norman Warfare: Studies in Late Anglo-Saxon and Anglo-Norman Military Organization and Warfare. Woodbridge: Boydell & Brewer. hlm. 1–16. ISBN 978-0-85115-328-5. 
  • Hooper, Nicholas (1994). "Military Developments in the Reign of Cnut". Dalam Alexander R. Rumble. The Reign of Cnut: King of England, Denmark and Norway. Studies in the Early History of Britain. London: Leicester University Press. hlm. 89–100.