Humphrey Carpenter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Humphrey Carpenter
LahirHumphrey William Bouverie Carpenter
(1946-04-29)29 April 1946
Oxford, Inggris
Meninggal4 Januari 2005(2005-01-04) (umur 58)
Oxford, Inggris
PekerjaanPenulis, biographer and broadcaster
AlmamaterKeble College, Oxford
Karya terkenalJ. R. R. Tolkien: A Biography
Mr Majeika

Humphrey William Bouverie Carpenter (29 April 1946 – 4 Januari 2005) adalah seorang penulis biografi, penulis, dan penyiar radio Inggris. Ia dikenal terutama karena biografi JRR Tolkien dan anggota masyarakat sastra Inklings lainnya.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Carpenter lahir (dan hidup hampir sepanjang hidupnya, dan meninggal) di kota Oxford, Inggris. Ayahnya adalah Harry Carpenter, Uskup Oxford. Ibunya adalah Urith Monica Trevelyan, yang memiliki pelatihan di Frö metode pengajaran.[1] Sebagai seorang anak, dia tinggal di Penginapan Sipir di Universitas Keble, Oxford, di mana ayahnya menjabat sebagai sipir sampai pengangkatannya sebagai Uskup Oxford. Dia dididik di Sekolah Naga Oxford, dan Marlborough College dan kemudian membaca Bahasa Inggris di Keble.

Karya nonfiksi[sunting | sunting sumber]

Biografinya termasuk J. R. R. Tolkien: Biografi (1977; juga penyuntingan Surat-surat J. R. R. Tolkien), The Inklings: CS Lewis, JRR Tolkien, Charles Williams dan Teman-temannya (1978; pemenang tahun 1978 Somerset Maugham Award), W. H. Auden (1981), Ezra Pound (1988; pemenang Penghargaan Memorial Duff Cooper), Evelyn Waugh (1989), Benjamin Britten (1992), Robert Runcie (1997), Dennis Potter, dan Spike Milligan (2004). Dia juga menulis Jenius Bersama: Penulis Amerika di Paris pada 1920-an (1987), dan buku terakhirnya Tujuh Kehidupan John Murray (2008) tentang John Murray dan rumah penerbitan Albemarle Street, diterbitkan secara anumerta.

Dia juga menulis sejarah BBC Radio 3 (di mana dia memiliki tugas tetap sebagai penyiar), ledakan satire Inggris pada tahun 1960-an, Angry Young Men: A Literary Comedy of the 1950s (2002), dan sejarah seratus tahun Drama Universitas Oxford. Masyarakat pada tahun 1985. Karya ensiklopedisnya, The Oxford Companion to Children's Literature (1984), yang ditulis bersama istrinya, Mari Prichard, telah menjadi sumber referensi standar.

Buku anak-anak[sunting | sunting sumber]

Seri buku anak-anak Mr Majeika miliknya diadaptasi untuk televisi. The Joshers: Or London to Birmingham with Albert and Victoria (1977) adalah buku petualangan anak-anak, gayanya mirip dengan The Railway Children dan didasarkan pada petualangan menaiki perahu sempit menyusuri Grand Union Canal dari London.

Broadcasting[sunting | sunting sumber]

Carpenter memulai karir penyiarannya di BBC Radio Oxford sebagai presenter dan produser di mana dia bertemu Mari Prichard (ayahnya Caradog Prichard, novelis dan penyair Welsh); mereka menikah pada tahun 1973.[1][2] Mereka bersama-sama memproduksi A Thames Companion pada tahun 1975. Dia berperan dalam meluncurkan program diskusi seni Radio 3 Gelombang Malam dan bertindak sebagai presenter reguler program lain di jaringan termasuk program drivetime sore Radio 3 Selaras dan, sampai dihentikan, program permintaan hari Minggu Pilihan Pendengar. Sampai kematiannya, dia mempersembahkan BBC Radio 4 seri biografi Kehidupan yang Luar Biasa direkam dalam Bristol. Edisi terakhir yang direkam sebelum kematiannya menampilkan sebuah wawancara dengan penyanyi Eddi Reader tentang penyair Robert Burns, fokus utama dari karya kreatifnya. BBC Radio 4 menyiarkan program ini pada Malam Tahun Baru 2004.

Musik jazz dan drama anak-anak[sunting | sunting sumber]

Carpenter adalah seorang musisi jazz amatir yang memainkan piano, saksofon, dan double-bass, instrumen terakhir secara profesional dalam sebuah band dansa pada tahun 1970-an. Pada tahun 1983, ia membentuk band jazz gaya tahun 1930-an, Vile Bodies, yang selama bertahun-tahun menikmati residensi di Ritz Hotel di London. Ia juga mendirikan Mushy Pea Theatre Group, grup drama anak-anak yang berbasis di Oxford, yang menayangkan perdana Mr Majeika: The Musical pada tahun 1991 dan Babes, sebuah musikal tentang bintang cilik Hollywood.

Kematian[sunting | sunting sumber]

Humphrey Carpenter meninggal pada tahun 2005 karena gagal jantung, ditambah dengan Penyakit Parkinson dari mana dia menderita selama beberapa tahun. Dia dimakamkan di Pemakaman Wolvercote di Oxford, juga tempat peristirahatan terakhir J. R. R. Tolkien.[3] Sebuah jendela kaca patri peringatan dipasang di St Margaret's Institute, Polstead Road, untuk menghormati banyak pencapaian Carpenter.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Walsh, John (5 January 2005). "Humphrey Carpenter". The Independent. Diakses tanggal 10 October 2023. 
  2. ^ a b Kelly, John (5 January 2005). "Humphrey Carpenter: A perceptive biographer and engaging broadcaster with a deep love of music and the imaginative world of the child". The Guardian. Diakses tanggal 16 June 2008. 
  3. ^ "Notable People Buried in Oxford Cemeteries" (PDF). Oxford City Council. Diakses tanggal 2020-03-27. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]