Hubungan bersama Yudaisme untuk Kekristenan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hubungan terjalin Yudaisme untuk Kekristenan dimulai sebagai sebuah gerakan dalam Yudaisme Kuil Kedua, tetapi perbedaan kedua agama tersebut secara menyimpang bertahap selama beberapa abad pertama di hidup masyarakat Kekristenan. Saat ini, banyak perbedaan pendapat bervariasi antara denominasi di kedua agama, namun perbedaan yang paling penting adalah penerimaan Kristen dan penolakan Yahudi terhadap Yesus sebagai Mesias yang dinubuatkan dalam Alkitab Ibrani dan tradisi Yahudi. Kekristenan awal membedakan dirinya dengan menetapkan bahwa ketaatan terhadap halakha (hukum Yahudi) tidak diperlukan bagi orang non-Yahudi yang masuk Kristen. Perbedaan besar lainnya adalah konsepsi kedua agama tentang Tuhan. Tergantung pada denominasi yang dianut, Tuhan Kristen diyakini terdiri dari tiga pribadi dengan satu esensi (Bapa, Putra, dan Roh Kudus), dengan doktrin inkarnasi Putra dalam Yesus yang sangat penting, atau seperti Yudaisme, percaya dalam dan menekankan Keesaan Tuhan. Namun Yudaisme menolak konsep Kristen tentang Tuhan dalam wujud manusia. Meskipun agama Kristen mengakui Alkitab Ibrani (disebut Perjanjian Lama oleh umat Kristen) sebagai bagian dari kanon kitab sucinya, Yudaisme tidak mengakui Perjanjian Baru Kristen.

Kepentingan relatif antara keyakinan dan praktik merupakan suatu bidang perbedaan yang penting. Sebagian besar bentuk Kekristenan Protestan menekankan kepercayaan yang benar (atau ortodoksi), dengan fokus pada Perjanjian Baru yang dimediasi melalui Yesus Kristus,[1] sebagaimana dicatat dalam Perjanjian Baru. Yudaisme menekankan pada perilaku yang benar (atau ortopraksi ),[2][3][4] berfokus pada perjanjian Musa , sebagaimana dicatat dalam Taurat dan Talmud . Agama Katolik Roma arus utama menempati posisi tengah, menyatakan bahwa iman dan perbuatan merupakan faktor keselamatan seseorang. Beberapa aliran pemikiran dalam agama Katolik, seperti Fransiskanisme dan teologi pembebasan, secara eksplisit lebih menyukai ortopraksi daripada ortodoks. Praksis juga merupakan hal yang sangat penting dalam Kekristenan Timur, dan Santo Maximus sang Pengaku bahkan mengatakan bahwa "teologi tanpa tindakan adalah teologi setan".[5][6][7] Konsepsi Kristen tentang praktik yang benar berbeda-beda (misalnya, ajaran sosial Katolik dan pilihan preferensinya bagi orang miskin; praktik puasa , hesychasm, dan asketisme Gereja Ortodoks Timur; etos kerja Protestan kaum Calvinis dan lain-lain), namun berbeda dengan Yudaisme karena tidak didasarkan pada halakha atau penafsiran lain terhadap perjanjian Musa. Meskipun denominasi Yahudi yang lebih liberal mungkin tidak mewajibkan pelaksanaan halakha, kehidupan Yahudi tetap berpusat pada partisipasi individu dan kolektif dalam dialog abadi dengan Tuhan melalui tradisi, ritual, doa, dan tindakan etis.

Identifikasi tentang Yahudi[sunting | sunting sumber]

Tujuan Yudaisme adalah untuk melaksanakan apa yang dianggap sebagai perjanjian antara Tuhan dan orang-orang Yahudi. Taurat (lit. 'mengajar'), baik tertulis maupun lisan , menceritakan kisah perjanjian ini, dan memberi orang Yahudi syarat-syarat perjanjian. Taurat Lisan adalah panduan utama bagi orang-orang Yahudi untuk mematuhi ketentuan-ketentuan ini, sebagaimana diungkapkan dalam traktat Gittin 60b (“Yang Mahakudus, Terpujilah Dia, tidak membuat perjanjian-Nya dengan Israel kecuali berdasarkan Hukum Lisan”)[8] untuk membantu mereka belajar bagaimana menjalani kehidupan yang suci, dan untuk membawa kesucian, kedamaian dan cinta ke dalam dunia dan ke dalam setiap aspek kehidupan, sehingga kehidupan dapat diangkat ke tingkat kedushah yang tinggi , awalnya melalui pembelajaran dan pengamalan Taurat, dan sejak hancurnya Bait Suci Kedua, melalui doa seperti yang tertuang dalam traktat Sotah 49a "Sejak hancurnya Bait Suci, setiap hari lebih terkutuk dari hari sebelumnya; dan keberadaan dunia hanya terjamin oleh kedusha, dan kata-kata yang diucapkan setelah mempelajari Taurat."[9]

Menurut teolog Kristen Alister McGrath , umat Kristen Yahudi menegaskan setiap aspek dari Yudaisme Kuil Kedua yang kontemporer dengan tambahan keyakinan bahwa Yesus adalah sang mesias,[10] dengan Yesaya 49:6, "paralel yang eksplisit dengan 42:6" yang dikutip oleh Rasul Paulus dalam Kisah Para Rasul 13:47[11] dan ditafsirkan ulang oleh Justin Martyr.[12][13] Menurut para penulis Kristen, terutama Paulus, Alkitab mengajarkan bahwa manusia, dalam keadaan mereka saat ini, adalah orang berdosa,[14] dan Perjanjian Baru mengungkapkan bahwa Yesus adalah Anak Manusia dan Anak Allah, dipersatukan dalam kesatuan hipostatik , Allah Putra, Allah yang berinkarnasi;[15] bahwa kematian Yesus melalui penyaliban merupakan pengorbanan untuk menebus segala dosa umat manusia, dan bahwa penerimaan Yesus sebagai Juruselamat dan Tuhan menyelamatkan seseorang dari Penghakiman Ilahi,[16] memberikan kehidupan Kekal.[17] Yesus adalah mediator Perjanjian Baru.[1] Khotbahnya yang terkenal di Bukit dianggap oleh beberapa sarjana Kristen[18] sebagai proklamasi etika Perjanjian Baru , berbeda dengan Perjanjian Musa dari Gunung Sinai

Namun beberapa pakar, seperti Margaret Barker, berpendapat bahwa Kekristenan mula-mula berakar pada agama Kuil Pertama Israel, yang dijuluki sebagai "Teologi Kuil".[19] Karya-karya Baker telah dikritik karena terlibat dalam parallelomania[1] dan gagal untuk terlibat dalam literatur ilmiah yang lebih luas[2] tetapi karya tersebut mendapat dukungan agama dan akademis.[20][21]

Kitab suci[sunting | sunting sumber]

Alkitab Ibrani terdiri dari tiga bagian; Taurat (Instruksi, Septuaginta menerjemahkan bahasa Ibrani menjadi nomos atau Hukum ), Nevi'im (Nabi) dan Ketuvim (Tulisan). Secara kolektif, ini dikenal sebagai Tanakh. Menurut Yudaisme Rabinik, Taurat diwahyukan oleh Tuhan kepada Musa; di dalamnya, orang Yahudi menemukan 613 Mitzvot (perintah).

Tradisi kerabian menegaskan bahwa Tuhan menurunkan dua Taurat kepada Musa, satu yang tertulis, dan satu lagi yang disampaikan secara lisan. Meskipun Taurat tertulis memiliki bentuk yang tetap, Taurat Lisan merupakan tradisi hidup yang mencakup tidak hanya tambahan khusus terhadap Taurat tertulis (misalnya, bagaimana cara shechita yang tepat dan apa yang dimaksud dengan "Frontlets" dalam Shema ), tetapi juga tata cara memahami dan membicarakan Taurat tertulis (jadi, Taurat Lisan yang diturunkan di Gunung Sinai mencakup perdebatan di kalangan para rabi yang hidup lama setelah Musa). Hukum Lisan yang menguraikan narasi dalam Alkitab dan cerita tentang para rabi disebut sebagai aggadah. Ini juga mencakup penjabaran dari 613 perintah dalam bentuk hukum yang disebut halakha. Elemen Taurat Lisan berkomitmen untuk ditulis dan diedit oleh Yehuda HaNasi di Mishnah pada tahun 200 M; lebih banyak lagi Taurat Lisan yang ditulis dalam Talmud Babilonia dan Yerusalem, yang masing-masing diedit sekitar tahun 600 M dan 450 M. Talmud terkenal karena cara mereka menggabungkan hukum dan pengetahuan, penjelasan mereka tentang metode midrashic dalam menafsirkan teks, dan catatan perdebatan di antara para rabi, yang mempertahankan interpretasi yang berbeda dan bertentangan terhadap Alkitab dan peraturan hukum.

Semua gerakan Yahudi kontemporer menganggap Tanakh, dan Taurat Lisan dalam bentuk Mishnah dan Talmud sebagai sesuatu yang suci, meskipun gerakan-gerakan tersebut terbagi dalam klaim mengenai wahyu ilahi, dan juga otoritas mereka. Bagi orang Yahudi, Taurat—baik tertulis maupun lisan—adalah panduan utama mengenai hubungan antara Tuhan dan manusia, sebuah dokumen hidup yang telah terungkap dan akan terus mengungkap wawasan baru selama beberapa generasi dan ribuan tahun. Sebuah pepatah yang menggambarkan hal ini berbunyi, "Ubahlah [kata-kata Taurat] berulang-ulang, karena segala isinya ada di dalamnya."

Orang-orang Kristen menerima Taurat Tertulis dan kitab-kitab lain dalam Alkitab Ibrani (atau disebut Perjanjian Lama ) sebagai Kitab Suci , meskipun mereka umumnya memberikan bacaan dari terjemahan Septuaginta Yunani Koine dan bukan dari Teks Masoret Alkitab Ibrani / Aram Alkitab . Dua contoh penting adalah:

  • Yesaya 7:14 – “perawan” bukannya “wanita muda”
  • Mazmur 22:16 – "mereka telah menusuk tangan dan kakiku" bukannya "seperti singa, (mereka berada di) tangan dan kakiku"

Alih-alih menggunakan urutan dan nama kitab-kitab tradisional Yahudi, umat Kristen mengatur dan memberi nama kitab-kitab yang mirip dengan yang ditemukan dalam Septuaginta. Beberapa denominasi Kristen (seperti Anglikan, Katolik Roma, dan Ortodoks Timur), memasukkan sejumlah kitab yang tidak ada dalam Alkitab Ibrani seperti kitab apokrifa atau deuterokanonika atau Anagignoskomena, yang tidak ada dalam kanon Yahudi saat ini, meskipun dimasukkan dalam Septuaginta. Umat ​​​​Kristen menolak Taurat Lisan Yahudi, yang masih berbentuk lisan, dan karena itu tidak tertulis, pada zaman Yesus.[22]

Yesus digambarkan menyampaikan Khotbah di Bukit yang mencakup komentar tentang Perjanjian Lama . Beberapa ahli menganggap ini sebagai contoh kebalikan dari proklamasi Sepuluh Perintah Allah atau Perjanjian Musa oleh Musa dari Gunung Sinai menurut Alkitab.

[23]]]

Hukum[sunting | sunting sumber]

Banyak orang Yahudi memandang umat Kristen mempunyai pandangan yang ambivalen terhadap Taurat, atau hukum Musa: di satu sisi umat Kristen menyebutnya sebagai firman Tuhan yang mutlak, namun di sisi lain, mereka menerapkan perintah-perintahnya dengan selektif tertentu. Beberapa orang Yahudi [ siapa? ] berpendapat bahwa orang Kristen mengutip perintah-perintah dari Perjanjian Lama untuk mendukung satu sudut pandang tetapi kemudian mengabaikan perintah-perintah lain yang sejenis dan memiliki bobot yang sama. Contoh dari hal ini adalah perintah-perintah tertentu yang Allah nyatakan secara eksplisit sebagai “perjanjian yang kekal.”[24] Beberapa orang menerjemahkan bahasa Ibrani sebagai "perjanjian abadi".[25]

Teologi perjanjian[sunting | sunting sumber]

Umat ​​​​Kristen percaya bahwa Tuhan telah menetapkan Perjanjian Baru dengan manusia melalui Yesus, sebagaimana dicatat dalam Injil, Kisah Para Rasul, Surat-surat, dan kitab-kitab lain yang secara kolektif disebut Perjanjian Baru (kata wasiat yang dikaitkan dengan Tertullian biasanya dipertukarkan dengan kata perjanjian ).[26] Bagi sebagian umat Kristen, seperti Katolik Roma dan Kristen Ortodoks, Perjanjian Baru ini mencakup tradisi suci yang otoritatif dan hukum kanon. Yang lain, terutama Protestan, menolak otoritas tradisi tersebut dan malah berpegang pada prinsip sola scriptura , yang hanya menerima Alkitab sendiri sebagai aturan akhir iman dan praktik. Anglikan tidak percaya pada sola scriptura. Bagi mereka kitab suci adalah kaki terpanjang dari bangku berkaki 3: kitab suci, tradisi dan akal. Kitab Suci tidak dapat berdiri sendiri karena harus ditafsirkan berdasarkan ajaran patristik dan kredo ekumenis Gereja. Selain itu, beberapa denominasi mencakup "ajaran lisan Yesus kepada para Rasul", yang mereka yakini telah diwariskan hingga saat ini melalui suksesi apostolik.

Orang Kristen menyebut kitab-kitab dalam Alkitab tentang Yesus sebagai Perjanjian Baru, dan kanon kitab-kitab Ibrani sebagai Perjanjian Lama. Yudaisme tidak menerima pelabelan retronimik pada teks sucinya sebagai "Perjanjian Lama", dan beberapa orang Yahudi menyebut Perjanjian Baru sebagai Perjanjian Kristen atau Alkitab Kristen. Yudaisme menolak semua klaim bahwa Perjanjian Baru Kristen menggantikan, membatalkan, memenuhi, atau merupakan penyingkapan atau penyempurnaan perjanjian yang diungkapkan dalam Taurat Tertulis dan Lisan. Oleh karena itu, sama seperti Kekristenan tidak menerima bahwa hukum Musa mempunyai otoritas apapun atas umat Kristen, demikian pula Yudaisme tidak menerima bahwa Perjanjian Baru mempunyai otoritas keagamaan apapun atas orang Yahudi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b [[|]] Hebrews:8:6-NIV
  2. ^ Jackson, Elizabeth (2007). The Illustrated Dictionary of Culture. Lotus Press. hlm. 147. ISBN 978-81-89093-26-6. 
  3. ^ Westley, Miles (2005). The Bibliophile's Dictionary. Writer's Digest Books. hlm. 91. ISBN 978-1-58297-356-2. 
  4. ^ McKim, Donald K. (1996). Westminster Dictionary of Theological Terms. Westminster John Knox Press. hlm. 197. ISBN 978-0-664-25511-4. 
  5. ^ Ecumenical Association of Third World Theologians. International Conference (1985). Virginia Fabella; Sergio Torres, ed. Doing Theology in a Divided World. Orbis Books. hlm. 15. ISBN 978-0-88344-197-8. 
  6. ^ Paul W. Chilcote, Wesley Speaks on Christian Vocation Diarsipkan 2017-02-15 di Wayback Machine. (Wipf and Stock 2001 ISBN 978-1-57910812-0), p. 67
  7. ^ "Mission among Other Faiths: An Orthodox Perspective". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-05. Diakses tanggal 2010-12-03. 
  8. ^ Chief Rabbi of the Commonwealth, Dr. Immanuel Jakobovits in the Forward to, Schimmel, H. Chaim, The Oral Law: A study of the rabbinic contribution to Torah she-be-al-peh, 2nd rev.ed., Feldheim Publishers, New York, 1996
  9. ^ Jacobs, Louis, God, in Arthur A. Cohen, Paul Mendes-Flohr, 20th Century Jewish Religious Thought: Original Essays on Critical Concepts, Jewish Publication Society, 2009, p. 394 cited in Elie Munk. The World of Prayer 1 (1961), p. 182.
  10. ^ McGrath, Alister E., Christianity: An Introduction. Blackwell Publishing (2006). ISBN 1-4051-0899-1. p. 174: "In effect, they [Jewish Christians] seemed to regard Christianity as an affirmation of every aspect of contemporary Judaism, with the addition of one extra belief—that Jesus is the Messiah. Unless males were circumcised, they could not be saved[[|]] Acts:15:1.";see also Paleo-orthodoxy
  11. ^ Beale, Gregory K., Other Religions in New Testament Theology, in David Weston Baker, ed., Biblical faith and other religions: an evangelical assessment, Kregel Academic, 2004, p. 85
  12. ^ McKeehan, James, An Overview of the Old Testament and How It Relates to the New Testament, iUniverse, 2002, p. 265
  13. ^ Philippe Bobichon, "L'enseignement juif, païen, hérétique et chrétien dans l'œuvre de Justin Martyr", Revue des Études Augustiniennes 45/2 (1999), pp. 233-259 online
  14. ^ [[|]] Romans:3:23
  15. ^ [[]] John:1:1, [[]] John:1:14, [[]] John:1:29
  16. ^ [[]] John:5:24
  17. ^ [[]] John:3:16-NIV
  18. ^ See also Antithesis of the Law
  19. ^ Collinwood, Dean W. & James W. McConkie. (2006). 'Temple Theology: An Introduction' by Margaret Barker. Provo, UT: BYU Studies 45:2 (May 2006).
  20. ^ Turner, John G. (8 January 2015). "Why Mormons Love Margaret Barker". Anxious Bench. Diakses tanggal 5 December 2020. 
  21. ^ Schäfer, Peter (2020). Two Gods in Heaven: Jewish Concepts of God in Antiquity. Princeton University Press. hlm. 143, n. 17. 
  22. ^ Jewish Encyclopedia: Jesus notes: "Jesus, however, does not appear to have taken into account the fact that the Halakah was at this period just becoming crystallized, and that much variation existed as to its definite form; the disputes of the Bet Hillel and Bet Shammai were occurring about the time of his maturity."
  23. ^ "Sermon on the Mount." Cross, F. L., ed. The Oxford Dictionary of the Christian Church. New York: Oxford University Press. 2005
  24. ^ NIV Exodus 31:16–17:niv
  25. ^ Exodus 31:16–17:he
  26. ^ Sometimes the New Covenant is referred to as the New Testament, on the basis of passages such as [[|]] Heb:9:16-KJV

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bamberger, Bernard (1981). "Commentary to Leviticus" in The Torah: A Modern Commentary, edited by W. Gunther Plaut, New York: Union of American Hebrew Congregations. ISBN 0-8074-0055-6
  • Bloom, Harold (2005). Jesus and Yahweh: The Names Divine, Riverhead. ISBN 1-57322-322-0
  • Herberg, Will (1951). Judaism and Modern Man: An Interpretation of Jewish religion, Jewish Publication Society. ISBN 0-689-70232-9
  • Jacobs, Louis (1973). A Jewish Theology, Behrman House. ISBN 0-87441-226-9
  • Rosenzweig, Franz (2005). The Star of Redemption, University of Wisconsin Press. ISBN 0-299-20724-2
  • Rouvière, Jean-Marc (2006). Brèves méditations sur la création du monde, L'Harmattan Paris.
  • Spiegel, Shalom (1993). The Last Trial: On the Legends and Lore of the Command to Abraham to Offer Isaac As a Sacrifice: The Akedah, Jewish Lights Publishing; Reprint edition. ISBN 1-879045-29-X
  • Welker, Carmen (2007). Should Christians be Torah Observant?, Netzari Press. ISBN 978-1-934916-00-1
  • Zuckermann, Ghil'ad (2006). "'Etymythological Othering' and the Power of 'Lexical Engineering' in Judaism, Islam and Christianity. A Socio-Philo(sopho)logical Perspective", Explorations in the Sociology of Language and Religion, edited by Tope Omoniyi and Joshua A. Fishman, Amsterdam: John Benjamins, pp. 237–258. ISBN 90-272-2710-1

Pranalar luar[sunting | sunting sumber]