Howard Aiken

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Howard Hathaway Aiken
Howard Aiken
Lahir(1900-03-08)8 Maret 1900
Hoboken, New Jersey
Meninggal14 Maret 1973(1973-03-14) (umur 73)
St. Louis, Missouri
Tempat tinggalAmerika Serikat
Warga negaraAmerika
AlmamaterUniversitas Wisconsin–Madison
Universitas Harvard (doctorate)
Dikenal atasAutomatic Sequence Controlled Calculators Harvard Mark I – IV
PenghargaanHarry H. Goode Memorial Award (1964)
Edison Medal (1970)
Karier ilmiah
BidangTeknologi komputasi
InstitusiUniversitas Harvard
Harvard Mark I / IBM ASCC, left side.

Howard Hathaway Aiken (9 Maret 1900 – 14 Maret 1973) adalah seorang pionir di bidang komputer, dan dia merupakan insinyur utama dalam pengembangan komputer IBM Harvard Mark I.

Aiken menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Wisconsin-Madison, dan memperoleh gelar Doktor Filsafat di bidang fisika di Universitas Harvard pada tahun 1939. Pada masa dia menyelesaikan program doktornya, Aiken menemukan beberapa persamaan diferensial yang hanya dapat diselesaikan secara numerik. Dari sinilah ia menargetkan untuk membuat alat komputasi elektro-mekanik yang dapat membantunya menyelesaikan persamaan-persamaan tersebut. Alat ini awalnya disebut sebagai Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC) dan belakangan diberi nama Harvard Mark I. Dengan dibantu oleh Grace Hopper dan pendanaan dari IBM, mesin ini berhasil diselesaikan pada tahun 1944. Pada tahun 1947, Aiken menyelesaikan pembuatan komputer generasi berikutnya yang bernama Harvard Mark II. Versi-versi berikutnya kemudian terus dikembangkan, mulai dari Mark III yang masih sebagian menggunakan komponen mekanik dan Harvard Mark IV yang telah semuanya berisi komponen elektronik.

Aiken mendapat inspirasi untuk membangun mesin-mesin tersebut dari mesin diferensial milik Charles Babbage.

Pada tahun 1970, Aiken menerima penghargaan Edison Medal dari Institute of Electrical and Electronics Engineers atas kontribusinya menjadi pionir dalam pengembangan komputer digital skala besar dan kontribusinya dalam bidang pendidikan komputer digital.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]