Horonobe, Hokkaido

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Horonobe-cho (幌延町, Horonobe-chō) (幌延町, Horonobe-chō) adalah sebuah kota kecil yang terletak di Subprefektur Sōya, Hokkaido, Jepang. Di sana terdapat sebuah stasiun JR, yaitu Stasiun Honorobe, yang menghubungkan kota Honorobe dengan kota-kota lainnya di Hokkaido.

Honorobe berasal dari kata "Poro-Nup". Dalam Bahasa Ainu, "poro" berarti besar dan "nup" berarti padang rumput, sehingga arti keseluruhannya adalah sebuah daratan besar yang tak tergarap. Pada akhir bulan September 2016, jumlah penduduk kota ini sekitar 2.415 orang dan kepadatan penduduknya 4,2 orang perkilometer persegi dengan total area seluas 574,27 kilometer persegi. Garis lintang utara 45° melewati kota ini. Honorobe juga terkenal akan populasi rusa kutub dan turbin angin yang terletak di pantai-pantainya.

Pada bulan Oktober 2000, proyek pembangkit listrik tenaga angin Honorobe terwujud berkat bantuan pemerintah dan New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO) atau Organisasi Pengembangan Teknologi Industri dan Energi Baru [1] Turbin-turbin angin dipasang sebagai percobaan di garis pesisir sepanjang 3,1 km. Sejak bulan Februatri 2013, ada 28 turbin yang bekerja dalam kapasitas penuh dengan hasil individu sebesar 750kW. Secara keseluruhan, turbin Angin di Honorobe-chō menghasilkan listrik sekitar 50 Gigawatt jam setiap tahunnya dan disalurkan ke Perusahaan Tenaga Listrik Hokkaido untuk pendistribusiannya. Listriknya setara dengan konsumsi listrik dari sekitar 10.000 rumah.

Sejak tahun 1998, Badan Tenaga Atom Jepang memulai perencanaan pembangunan Laboratorium Penelitian Bawah Tanah di Honorobe untuk mengetes kesesuaian batu sedimen untuk digunakan sebagai repositori geologis dalam untuk bahan bakar nuklir yang dikonsumsi oleh Jepang (fasilitas penelitian yang serupa pada bebatuan kristal juga dibangun di Mizunami, Prefektur Gifu). Penggalian dimulai pada tahun 2003 dan dijadwalkan selesai pada tahun 2017.[2][3] Sebuah carbon capture and storage (CCS) atau penangkapan dan penyimpanan karbon geologi juga sedang dipertimbangkan untuk dibangun di Honorobe.

Pada tahun 2010, kota Honorobe dipindahkan dari Subprefektur Rumoi ke Subprefektur Sōya.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalur kereta Soya Line menghubungkan Honorobe dengan Wakkanai di sebelah utara dan Asahikawa di sebelah selatan. Bandar udara terdekat adalah Bandar Udara Wakkanai, yaitu sekitar 53 km di utara. Bandar udara terdekat lainnya adalah Bandar Udara Asahikawa, yaitu sekitas 199 km ke selatan, Bandar Udara Monbetsu, yaitu sekitar 192 km ke tenggara, dan Bandar Udara Chitose Baru, yaitu sekitar 360 km ke selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ NEDO New Energy in Hokkaido, text in Japanese Error in webarchive template: Check |url= value. Empty.
  2. ^ JAEA R&D
  3. ^ R&D in Horonobe, JAEA