Hipodrom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Hipodrom Romawi di kota kuno Aphrodisias, Turki.
Biga mengitari terma: Amfora Attika, sekitar 500 SM, ditemukan di Vulci.

Hipodrom (bahasa Yunani: ἱππόδρομος) adalah sebuah stadion Yunani untuk pacuan kuda dan balap kereta. Nama ini berasal dari kata Yunani "hippos" (ἵππος; "kuda") dan "dromos" (δρόμος; "balap" atau "lomba"). Beberapa trek balap kuda masa kini juga disebut hipodrom, misalnya Hipodrom Moskwa Tengah.

Hipodrom Yunani mirip dengan Circus Romawi, kecuali hanya empat kereta berlari pada saat yang sama,[1] sementara sepuluh atau lebih bertanding dalam perlombaan Yunani, sehingga lebar jalur jauh lebih besar, sekitar 400 ft (120 m), panjang mencapai 600 hingga 700 ft (210 m). Hipodrom bukan "amfiteater Romawi" yang digunakan untuk olahraga, permainan, dan pameran, atau teater setengah lingkaran zaman Yunani dan Romawi yang digunakan untuk pertunjukan teater.

Hipodrom Yunani biasanya diselenggarakan di lereng bukit, dan tanah yang diambil dari satu sisi berfungsi untuk membentuk tanggul di sisi lain. Salah satu ujung dari hippodrom itu berbentuk setengah lingkaran, dan persegi ujung lain dengan serambi yang luas, di depan yang pada tingkat yang lebih rendah, adalah istal (kandang) untuk kuda-kuda dan kereta. Pada kedua ujung tempat perlombaan kuda ada pos (termai) tempat kereta berbelok. Ini adalah bagian paling berbahaya dari lintasan pacu, dan orang Yunani menempatkan mezbah bagi Taraxippus (pengganggu dari kuda) untuk menunjukkan tempat di mana banyak kereta rusak.

Salah satu hipodrom kuno besar adalah Hipodrom Konstantinopel, dibangun antara tahun 203 dan 330. Namun, arena yang dibangun dengan desain Roma ini, sebenarnya arena sirkus.

Lokasi hipodrom Yunani[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]