Hilangnya Joan Risch

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Koordinat: 42°27′17″N 71°17′56″W / 42.45475°N 71.29897°W / 42.45475; -71.29897

Joan Carolyn Risch
Joan Risch pada tahun 1960
LahirJoan Carolyn Bard
(1930-05-12)12 Mei 1930
Brooklyn, New York, Amerika Serikat
Menghilang24 Oktober 1961 (pada umur 31 tahun)
Lincoln, Massachusetts, Amerika Serikat
StatusHilang selama 62 tahun, 191 hari
Nama lainJoan Carolyn Nattrass
PendidikanSarjana Sastra
AlmamaterWilson College
PekerjaanEditor, ibu rumah tangga
Tempat kerjaHarcourt Brace World, Thomas Y. Crowell Co.
Tinggi170 cm (5 ft 7 in)
Berat54 kg (119 pon)

Joan Risch[1] (dengan nama lahir Joan Carolyn Bard; lahir di Brooklyn, 12 Mei 1930)[2] adalah seorang wanita dari Brooklyn, New York yang hilang sejak 24 Oktober 1961.[3]

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Risch lahir di Brooklyn, New York, pada tahun 1930, dan bernama lengkap Joan Carolyn Bard. Pada usia sembilan tahun, keluarganya pindah ke New Jersey, di mana, pada tahun 1940, orang tuanya meninggal dalam kebakaran yang mencurigakan. Hal itu juga yang kemudian melaporkan bahwa dia mengatakan kepada seorang teman bahwa ia telah mengalami pelecehan seksual sebagai seorang anak.[4] Setelah kebakaran tersebut, dia tinggal dengan beberapa kerabat yang secara resmi mengadopsi dirinya. Dia mengambil nama belakang mereka, Nattrass, sebagai dirinya sendiri, mengajukan permohonan Nomor Keamanan Sosial di bawah nama tersebut.[5]

Setelah lulus pada tahun 1952 dari Wilson College di Chambersburg, Pennsylvania, dengan gelar sarjana sastra Inggris,[6] Joan Nattrass bekerja di sebuah perusahaan penerbitan. Dia memulai sebagai seorang sekretaris, kemudian menjadi pengawas kesekretariatan, dan akhirnya menjadi asisten editor di Harcourt Brace and World dan kemudian bekerja di Thomas Y. Crowell Co. Pada tahun 1956, dia menikah dengan seorang eksekutif di salah satu perusahaan, Martin Risch, dan meninggalkan pekerjaan untuk membesarkan keluarganya.

Hidup di Ridgefield, Connecticut, pasangan ini memiliki anak pertama bernama Lillian, dan setahun kemudian, mereka memiliki seorang putra bernama David, pada tahun 1959. Pada bulan April 1961, mereka pindah ke Lincoln, Massachusetts, di luar Boston, di mana mereka mudah berbaur dengan masyarakat sekitar. Joan menjadi aktif di Liga Wanita Pemilih, sementara Martin mengejar karier di Perusahaan Kertas Fitchburg. Joan berikrar akan menjadi guru setelah anak-anaknya beranjak dewasa.

Peristiwa hilangnya Joan[sunting | sunting sumber]

Pada pagi hari tanggal 24 Oktober, Martin Risch bangun lebih awal dan meninggalkan rumah menuju Bandar Udara Internasional Logan untuk mengejar penerbangan pukul 8 pagi ke New York City. Itu merupakan perjalanan bisnis yang telah direncanakan oleh Martin sebelumnya, dan berniat untuk tinggal semalam di Manhattan. Tak lama setelah kepergiannya, Joan membangunkan anak-anak dan melayani mereka sarapan. Dia mengantarkan anak lelakinya ke rumah tetangganya, Barbara Barker, dan pergi dengan mengendarai mobilnya, sebuah Chevrolet biru tahun 1951, untuk mengantar Lillian ke dokter gigi di Bedford, yang direkomendasikan oleh Morton.[7]

Dengan tetap mengikuti jadwal pertemuan dengan dokter gigi, dia dan Lillian pergi belanja sebentar ke toko serba ada terdekat, dan membayar secara tunai. Sementara itu, di rumah Risch di Old Bedford Road, susu dan surat tetap dikirimkan oleh pengantar walaupun Risch tidak ada. Pengirim susu dan pengantar surat tidak melaporkan hal yang aneh ketika mereka mengantarkan kiriman ke rumah tersebut saat ditanyai.

Setelah menjemput David di rumah keluarga Barker, Joan dan anaknya kembali ke rumah kira-kira pukul 11.15. Tak lama setelah itu, seorang sopir pengiriman cucian kering datang ke rumah untuk mengambil beberapa jas milik Martin. Dia masuk ke dalam rumah untuk mengambilnya, dan tidak ingat sedikit pun hal yang aneh tentang Joan atau rumahnya. Kunjungan berikutnya, Joan mengganti pakaiannya dari pakaian yang lebih formal yang dipakai ke dokter gigi menjadi pakaian baju rumah biru dan sepatu putih.

Joan membuat makan siang untuk anak-anaknya dan mengantar David ke kamarnya untuk tidur siang, yang selalu tidur hingga pukul 14 siang. Pada pukul 13 siang, Barbara Barker membawa anaknya Douglas, juga berusia empat tahun, agar bermain dengan Lillian. Selama mereka di sana, mereka mengamati Joan masuk dan keluar untuk memangkas beberapa tanaman dan menyimpan kembali gunting dia telah ia gunakan dalam garasi.

Sesaat sebelum pukul 14 siang, Joan keluar lagi dan membawa anak-anak kembali ke rumah keluarga Barker. Dia mengatakan kepada dua anaknya bahwa dia akan kembali. Lillian kemudian mengatakan kepada polisi bahwa dia tidak melihat orang lain di daerah tersebut pada saat itu. Dia dan Douglas bermain di ayunan, yang dari lokasi tersebut mereka tidak dapat melihat rumah keluarga Risch.

Sekitar pukul 14.15, Barker keluar sebentar untuk melihat Joan, yang saat itu memakai jas hujan di luar pakaiannya, bergerak dengan cepat hingga dia masuk ke rumah dengan membawa sesuatu berwarna merah dengan lengan terentang dari mobil menuju garasi. Pada saat itu, Barker menyangka Joan sedang mengejar salah satu dari anak-anaknya. Peristiwa itu merupakan kejadian terakhir kalinya seseorang melihat Joan Risch.

Satu jam kemudian, Virginia Keene, anak perempuan tetangga sebelah Risch, turun dari bus sekolah dan saat ia mendekati rumahnya, dia ingat bahwa ia melihat mobil asing, dengan model General Motors, kotor dan dua warna yang salah satu warnanya adalah biru. Lima menit kemudian, seorang penduduk yang tinggal di dekat jalan mengatakan mereka berhenti saat mengemudi di Old Bedford untuk memberikan jalan bagi mobil yang keluar dari jalur Keen atau Risch. Virginia dan ibunya mengatakan bahwa tidak ada mobil di depan rumah mereka pada waktu itu.

Barker mengantarkan Lillian kembali ke rumahnya pada pukul 15.40, yang niatnya untuk keluar berbelanja dengan anaknya. Dengan asumsi Joan masih di rumah, dia kemudian pergi. Ketika ia kembali pada pukul 16.15, Lillian datang kembali ke rumah Barker. "Ibu sudah pergi dan dapur penuh dengan cat merah", katanya kepada Barbara. Adik laki-lakinya menangis di tempat tidur karena popoknya perlu diganti. Setelah Barbara pergi sendiri ke rumah Risch dan memastikan kesaksian Lillian, dia menelepon polisi pada pukul 16.33.

Penyelidikan[sunting | sunting sumber]

Pada akhir sore hari 24 Oktober 1961, polisi datang ke sebuah rumah di Lincoln, Massachusetts, setelah tetangga melaporkan melihat darah yang berceceran dari rumah ke jalan. Dia membuat penemuan itu setelah seorang gadis muda yang tinggal di rumah sebelah melaporkan bahwa ketika ia kembali dari kencannya tidak menemukan ibunya di rumahnya. Beberapa laporan penampakan yang belum dikonfirmasi yang menyatakan Risch yang terlihat bingung berjalan di jalan pada laporan hari itu.

Tipe darah yang cocok dengan Risch ditemukan di dapur, dan bukti-bukti lain yang awalnya menyatakan kepada polisi bahwa dia telah diculik, meski anak laki-laki dua tahun ditemukan aman tertidur di kamarnya. Bagaimanapun juga, ditemukan bahwa Risch telah meminjam beberapa buku-buku perpustakaan tentang pembunuhan dan kehilangan, termasuk satu kasus yang sama dengannya. Hal ini menyebabkan spekulasi bahwa ia membuat kasus kehilangan dirinya secara sengaja, yang mungkin untuk melarikan diri karena tidak nyaman dengan kehidupan rumah tangganya; bukti itu kemudian ditemukan bermasalah di masa lalu, yang mungkin telah mendorong skema tersebut. Teori lain menunjukkan bahwa Risch mengalami kecelakaan di lokasi konstruksi di dekatnya di tol Rute Massachusetts 128. Kasus ini tetap belum terpecahkan.

Sersan Mike McHugh dari polisi Lincoln tiba di rumah dalam waktu lima menit. Setelah sempat berbicara dengan Barbara Barker, ia pergi ke Risch rumah. Di dapur, ia menemukan noda darah di dinding, terbalik meja, dan gagang telepon dinding longgar dan dibuang di tempat sampah, yang diambil dari tempat biasa di bawah wastafel dan ditinggalkan di tengah-tengah lantai.

McHugh percaya Joan Risch mungkin telah bunuh diri, dan mencari tubuhnya di rumah tersebut. Ketika ia tidak menemukan hal itu, ia menyadari bahwa ia akan membutuhkan bantuan untuk mencari daerah sekitarnya. Dia memanggil petugas yang telah dikirim kepadanya dan menyarankan dia untuk memanggil kepala polisi, Leo Algeo. Ia percaya, bahwa seluruh departemen perlu terlibat dalam kasus ini.

Departemen kepolisian memanggil rumah sakit setempat dan meminta mereka untuk memberitahukan jika seorang wanita yang cocok dengan deskripsi Risch muncul, atau mengakui jika ia adalah Joan Risch. Barker telah memanggil Martin Risch untuk mencari tahu di mana lokasinya; ketika dia mengetahui Martin berada di New York untuk urusan bisnis, Kepolisian Negara Massachusetts memanggilnya untuk memberitahukan perihal darurat keluarganya. Dia mengubah rencananya dan mengejar penerbangan berikutnya kembali ke Boston.

Di rumah itu, polisi menemukan beberapa petunjuk lanjutan. Empat surat yang dikirimkan hari itu ke kotak surat di jalan belum dibawa masuk. Di dapur, direktori telepon ditemukan telah dibuka ke halaman di mana nomor-nomor darurat yang bisa ditulis ke bawah, meskipun tidak ada yang pernah yang menulisnya.[8] Martin Risch menjelaskan bahwa botol minuman keras kosong yang ditemukan di tempat sampah adalah salah satu dari ia dan istrinya minum pada malam sebelumnya, tapi tidak bisa menjelaskan di mana botol bir kosong yang ditemukan di dalamnya.

Joan Risch meninggalkan jas yang dia pakai ke dokter gigi pagi itu, tapi tampaknya telah mengambil kain mantel yang lebih terlihat. Di rumah itu juga ada tasnya. Peneliti menetapkan bahwa setelah pembeliannya sejak mencairkan cek pada malam sebelumnya, dia akan memiliki kurang dari $10 ($80 dalam dolar modern[9]).

Bukti darah[sunting | sunting sumber]

A black and white image of a checkered tiled floor with a right-angled row of light-colored cabinets at the rear. On the floor in the foreground are several large dark smears, with a small piece of paper on the ground nearby. At the left is a small white plastic bucket flled to over the top with trash; some cans and a telephone handset are visible. In the rear, near the cabinets, is a roll of paper with part of it spilling off to the right; underneath it are what appear to be two books
Beberapa noda darah di dapur

Meskipun bukti darah di lokasi kejadian sangat banyak, peneliti tidak bisa menyimpulkan kasus yang terjadi. Banyak noda darah berada di dinding dan lantai dapur; dan beberapa di gagang telepon. Tiga sidik jari berdarah di tempat kejadian perkara tidak dikenali; dengan tidak adanya jasad Joan, mereka tidak bisa dibandingkan dengan miliknya. Gulungan tisu kertas berada di lantai; salah satu gulungan telah digunakan untuk menyeka darah, mungkin dari tangan pelaku.

Selain itu, sebuah pakaian penutup dan celana dalam milik David berada di lantai. Keduanya berlumuran darah, mungkin dari upaya untuk membersihkan darah. Pakaian penutup itu juga tampaknya telah tertekan ke lantai, seolah-olah ada beban berat, seperti tubuh manusia, yang terbaring di atasnya selama beberapa waktu. Polisi kemudian mengatakan bahwa sementara noda darah di dapur mungkin dihasilkan dari sebuah upaya perlawanan, yang tampak lebih cocok dengan seseorang yang terkejut dan mencoba untuk mempertahankan dirinya sendiri setelah mengalami cedera.

Tetapi, dapur bukan hanya tempat ditemukannya darah, dan darah yang ditemukan di tempat lain di dalam rumah maupun di luar. Sebuah tetesan berukuran 3,2 mm ditemukan di anak tangga pertama. Dua ukuran yang sama lainnya ditemukan di bagian atas tangga, bersama dengan delapan tetesan di kamar tidur utama dan satu di dekat jendela kamar tidur anak-anak.

Jejak darah lainnya ditemukan dari dapur hingga ke jalanan. Jejak tersebut berakhir di mobil Joan, yang bernoda pada tiga tempat: kanan belakang bemper, sisi kiri kap di dekat kaca depan, dan di bagian tengah bagasi. Peneliti menyatakan yang terakhir ini sangat sulit untuk ditafsirkan.

Hal tersebut tidak bisa ditentukan dari mana darah itu dimulai—di lantai atas, di dapur, atau di jalan, semua kemungkinan didukung oleh bukti-bukti. Juga terbuka pertanyaan apakah Joan ditinggalkan dengan kekuatan pelaku sendiri atau ditemani, atau bahkan dibawa tanpa sadar. Akhir jejak darah di jalan mungkin telah menunjukkan bahwa dia telah masuk ke mobil lain pada saat itu, tapi hal tersebut juga belum dapat dipastikan.

Apa yang mereka lakukan tidak menemukan juga termasuk penting. Meskipun ada noda darah besar di lantai dapur dan aktivitas di tempat lainnya di rumah, namun tidak ada jejak kaki berdarah. Siapa pun yang berjalan di lokasi kejadian pasti sangat berhati-hati atau sangat beruntung.

Darah yang ditemukan merupakan darah tipe O, yang paling umum, dan ini merupakan tipe darah yang umum dalam keluarga Risch. Ahli kimia kepolisian menemukan bahwa meskipun penampilan dari luka parah, total darah yang tertumpah hanya sebesar setengah gelas (2.400 ml), yang dengan ukuran tersebut tidak dapat dianggap kecelakaan yang mengancam jiwa.

Catatan perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Sareen Gerson, seorang reporter dengan The Fence Viewer, koran lokal Lincoln, pergi ke perpustakaan umum kota untuk melakukan penyelidikan kasus-kasus serupa sebagai latar belakang. Pada salah satu buku yang dia cari, tentang kasus yang diklaim sebagai hilangnya istri ke-27 Brigham Young, dia melihat bahwa Joan Risch telah meminjam buku tersebut pada bulan September, satu bulan sebelum dia menghilang. Di tempat lain, Into Thin Air, tentang seorang wanita yang, mirip dengan Risch, telah meninggalkan noda darah dan handuk ketika dia pergi hilang, Gerson menemukan tanda tangan Risch pada kartu peminjaman.

Dia melaporkan penemuannya di surat kabar. Sekelompok relawan perpustakaan yang mencari catatan menemukan bahwa Risch, peminjam langganan, telah meminjam lebih dari 25 buku pada musim panas tahun 1961, banyak buku tersebut ada hubungannya dengan pembunuhan dan orang hilang. Berdasarkan ini, Gerson dan rekan-rekan jurnalistiknya percaya bahwa Risch telah merencanakan tempat kejadian perkara dan menghilang secara sukarela.

Teori-teori[sunting | sunting sumber]

Dengan tidak ada bukti lebih lanjut yang muncul setelah penyelidikan awal, semua teori-teori Risch masih tetap seperti semula, dan kasus tersebut masih berstatus terbuka. Sejarah perpustakaan, dan masa lalunya yang sulit, telah mendukung teori Gerson bahwa kepergiannya telah direncanakan sebagai cara untuk melarikan diri dari kehidupan yang tidak bahagia. Tapi Morton, teman kuliah yang telah merekomendasikan dokter gigi Risch untuk berkunjung pada pagi itu, mengatakan bahwa hal tersebut tidak mungkin, karena Risch sangat puas dengan hidupnya sebagai seorang ibu rumah tangga.

"Saya pikir Joan hampir pasti mati," Morton mengatakan kepada the Boston Globe pada tahun 1996. "Dia tidak akan pernah meninggalkan keluarganya pada dirinya sendiri." Dilaporkan adanya penampakan seorang wanita yang cocok dengan gambaran Risch berjalan di sepanjang area jalan telah mendukung teori bahwa dia bertemu dengan akhir yang tidak disengaja. Pada tahun 1990-an, salah satu peneliti percaya bahwa dia mungkin telah menjadi bingung dan jatuh ke dalam lubang di sepanjang Rute 128 di sekitar lokasi konstruksi, di mana ia mungkin tidak mampu untuk melepaskan diri dan akhirnya terkubur ketika jalan itu selesai.

Martin Risch jarang berbicara tentang kasus tersebut pada tahun-tahun setelahnya. Pada satu kesempatan ketika ia, Globe melaporkan, percaya istrinya masih hidup. Mungkin, kata dia, dia punya semacam episode amnesia atau psikologis lainnya dan lupa bagaimana kembali ke rumah. Namun, ia tidak memiliki sejarah penyakit mental, atau punya catatan serupa dalam keluarga Joan.

Kepala kepolisian Algeo terus mengejar kasus ini, bahkan setelah tahun 1970 saat ia pensiun. Dia mengatakan kepada the Globe bahwa kasus tersebut "semacam batu di leher(nya)." Dia punya teori sendiri, kata dia, tetapi memilih untuk tidak menceritakannya. "Saya pikir mereka akan menemukan tubuh atau tulang atau sesuatu yang … Hal-hal yang tidak muncul. Orang-orang tidak akan menghilang tanpa meninggalkan jejak." Algeo meninggal pada tahun 2009, yang merupakan penyidik terkahir dari kasus ini.[10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Doe Network: Case File 646DFMA". www.doenetwork.org. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  2. ^ "The Search for Joan Risch" (PDF). truth-link.org. 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-05-05. Diakses tanggal October 17, 2014. 
  3. ^ "The Charley Project: Joan Carolyn Risch". www.charleyproject.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-11-10. Diakses tanggal 2016-12-01. 
  4. ^ Bai, Matt (August 28, 1996). "Spattered blood and speculation". Boston Globe. Diakses tanggal October 17, 2016. 
  5. ^ "The Search for Joan Risch" (PDF). truth-link.org. 2014. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2018-05-05. Diakses tanggal October 17, 2014. 
  6. ^ "Search is Pressed for Missing Woman". The New York Times. October 26, 1961. Diakses tanggal October 18, 2016. 
  7. ^ "Timeline of Vital Day in the Life of Joan Risch". Boston Record American. January 3, 1962. 
  8. ^ "Blood Report Key to Risch Mystery". Boston Record American. January 3, 1962.  , in Search, p. 42
  9. ^ 1634–1699: McCusker, J. J. (1997). How Much Is That in Real Money? A Historical Price Index for Use as a Deflator of Money Values in the Economy of the United States: Addenda et Corrigenda (PDF). American Antiquarian Society.  1700–1799: McCusker, J. J. (1992). How Much Is That in Real Money? A Historical Price Index for Use as a Deflator of Money Values in the Economy of the United States (PDF). American Antiquarian Society.  1800–present: Federal Reserve Bank of Minneapolis. "Consumer Price Index (estimate) 1800–". Diakses tanggal 28 Mei 2023. 
  10. ^ "Leo Algeo". Boston Herald. August 10, 2009. Diakses tanggal October 23, 2016.