Hibernian F.C.

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hibernian F.C.
Team badge
Nama lengkapHibernian Football Club
JulukanHibs
Berdiri1875
StadionEaster Road,
Leith, Edinburgh
(Kapasitas: 20,421)
PemilikRon Gordon
KetuaRon Gordon
ManajerJack Ross
LigaLiga Utama Skotlandia
2020–213
Situs webSitus web resmi klub
Kostum Kandang
Kostum Tandang
Kostum Ketiga

Hibernian F.C, merupakan sebuah tim sepak bola Skotlandia yang kini bermain di Divisi Utama Skotlandia. Didirikan pada tahun 1875. Berbasis di Edinburgh. Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Easter Road yang berkapasitas 20.421 kursi. Seragam mereka berwarna hijau putih.

Pertandingan kandang dimainkan di Easter Road, yang telah digunakan sejak 1893, ketika klub tersebut bergabung dengan Liga Sepak Bola Skotlandia.Nama klub sering disingkat Hibs, dengan tim yang juga dikenal sebagai The Hibees (diucapkan /ˈhaɪbiːz/) dan pendukungnya dikenal sebagai Hibbies.Julukan lain adalah The Cabbage, berasal dari bahasa gaul berima pendek dari Hibs ("Kubis dan Iga").

Hibernian telah memenangkan liga Skotlandia empat kali, terakhir pada tahun 1952.Tiga dari empat kejuaraan itu dimenangkan antara tahun 1948 dan 1952, ketika klub itu melayani The Famous Five, seorang striker yang luar biasa.Klub telah memenangkan Piala Skotlandia tiga kali, pada tahun 1887, 1902 dan 2016, dengan kemenangan terakhir ini mengakhiri kekeringan yang terkenal.Hibs juga memenangkan Piala Liga Skotlandia tiga kali pada tahun 1972, 1991 dan 2007.Hibernian mencapai semi-final Piala Eropa untuk pertama kalinya pada 1955-56, menjadi tim Inggris pertama yang memasuki kompetisi Eropa; mereka mencapai tahap yang sama dari Cities Fair Cup pada tahun 1960-1961.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fondasi dan sejarah awal (1875–1939)

Klub ini didirikan pada tahun 1875 oleh orang-orang Irlandia yang tinggal di daerah Cowgate di Edinburgh.Nama Hibernian (berasal dari Hibernia, nama Irlandia kuno ), warna hijau, harpa Gaelik, dan frasa Irlandia Erin Go Bragh (artinya Irlandia selamanya) telah digunakan sebagai simbol sejak kepala.James Connolly, Republik Irlandia terkemuka dan pemimpin sosialis, adalah penggemar Hibs, sementara klub itu "dekat diidentifikasi" dengan gerakan House Rules.Irlandia pada tahun 1880-an.Awalnya ada beberapa perlawanan sektarian terhadap klub Irlandia yang terlibat dalam sepak bola Skotlandia, tetapi Hibs membuktikan dirinya sebagai kekuatan dalam sepak bola Skotlandia pada tahun 1880-an.Hibs adalah klub pertama di pantai timur Skotlandia yang memenangkan gelar utama, Piala Skotlandia 1887.Mereka kemudian mengalahkan Preston North End, yang telah mencapai semi-final Piala FA 1887, dalam pertandingan persahabatan yang diselenggarakan oleh Asosiasi Juara Sepak Bola Dunia.

Salah urus selama beberapa tahun berikutnya mengakibatkan Hibs menjadi tunawisma dan klub ditutup sementara pada tahun 1891.Sewa untuk tempat di Jalan Paskah dibeli pada akhir tahun 1892 dan Hibs memainkan pertandingan pertama mereka di Jalan Paskah pada tanggal 4 Februari 1893.Meskipun jeda ini, klub sekarang menganggap periode sejak 1875 sebagai sejarah yang berkelanjutan dan dengan demikian menghitung gelar yang dimenangkan antara 1875 dan 1891, termasuk Piala Skotlandia 1887. Klub diterima di Liga Sepak Bola Skotlandia pada tahun 1893, meskipun mereka harus memenangkan Divisi Kedua dua kali sebelum terpilih ke Divisi Pertama pada tahun 1895.

Salah satu perubahan signifikan kali ini adalah para pemain tidak lagi diharuskan menjadi anggota Asosiasi Pemuda Katolik. Hari ini, Hibs tidak dianggap sebagai organisasi Irlandia atau Katolik Roma, seperti pada tahun-tahun awal sejarah. Misalnya, harpa Irlandia hanya dimasukkan ke dalam lambang klub ketika terakhir kali didesain ulang pada tahun 2000. Desainnya mencerminkan tiga pilar yang membentuk identitas klub: Irlandia, Edinburgh (kastil) dan Leith (mengirimkan). Geografi daripada agama sekarang dianggap sebagai alasan utama untuk mendukung Hibs, yang mendapat sebagian besar dukungan mereka dari Edinburgh Utara dan Timur.

Hibs menikmati beberapa keberhasilan setelah perombakan, memenangkan Piala Skotlandia 1902 dan gelar liga pertama mereka setahun kemudian. Namun, setelah itu, klub mengalami masa infertilitas yang panjang. Klub kehilangan tempat mereka di liga dan terdegradasi untuk pertama kalinya pada tahun 1931, meskipun mereka dipromosikan ke Divisi Pertama dua tahun kemudian. Kekeringan Piala Skotlandia yang terkenal dimulai ketika mereka mencapai tiga final piala nasional, dua tahun berturut-turut, tetapi masing-masing kalah.

Lima Terkenal (1939–1959)

Era paling sukses Hibs datang pada dekade setelah berakhirnya Perang Dunia II, ketika itu adalah "salah satu klub terbaik di Inggris". Garis depan Gordon Smith, Bobby Johnstone, Lawrie Reilly, Eddie Turnbull dan Willie Ormond, secara kolektif dikenal sebagai The Famous Five, dianggap sebagai "sepak bola Skotlandia terbaik". Masing-masing dari Lima Selebriti telah mencetak lebih dari 100 gol untuk Hibs. The North Stand di Easter Street sekarang menyandang namanya. Smith ditandatangani oleh Hibs pada tahun 1941, sementara Ormond, Turnbull, Reilly dan Johnstone semua ditandatangani pada tahun 1946. Dari lima, hanya Ormond adalah Hibs yang harus membayar biaya transfer, £ 1.200 dari Stenhousemuir. Reilly, Johnstone, Smith dan Turnbull semuanya telah menandatangani kontrak di liga junior atau junior.

Pada musim pertama mereka di sepak bola setelah Perang Dunia II, Hibs mencapai final Piala Skotlandia pada tahun 1947. Mereka memimpin lebih dulu tetapi kemudian kalah 2-1 dari Aberdeen. Dengan Reilly yang ditambahkan ke tim pertama pada 1947-48, Hibs memenangkan Kejuaraan Liga Skotlandia untuk pertama kalinya sejak 1903. Hal ini dicapai meskipun kematian manajer tim Willie McCartney pada Januari 1948. McCartney digantikan oleh Hugh Shaw, yang menambahkan Johnstone ke tim pertama pada tahun 1948. Hibs selesai ketiga di turnamen 1948-49. Dalam pertandingan persahabatan melawan Nithsdale Wanderers pada 21 April 1949, Hibs menempatkan kelima pemain terkenal di tim yang sama untuk pertama kalinya. Mereka kemudian membuat debut kolektif mereka pada 15 Oktober 1949, dalam kemenangan 2-0 atas Queen of the South. Mereka telah meningkatkan musim mereka dari tahun sebelumnya, finis kedua di liga dengan satu poin di belakang Rangers.

1950–51 adalah puncak dari Lima Era Ketenaran. Bersama dengan pemain internasional lainnya seperti Tommy Younger dan Bobby Combe, Hibs meraih 10 poin di turnamen (ketika dua poin diberikan untuk setiap kemenangan). Mereka mencapai final Piala Liga Skotlandia 1950. Turnbull mencetak hat-trick di semi-final tetapi tidak mencapai final. Jimmy Bradley mulai di sebelah kiri dengan Ormond bergerak di dalam di sebelah kiri. Motherwell mengalahkan mereka 3-0. Hibs mengadakan kejuaraan turnamen pada tahun 1951–52, kali ini mengambil empat poin. Hibs hampir ditolak gelar ketiga berturut-turut di 1952-1953 pada hari terakhir musim. Equalizer terlambat Rangers melawan Queen of the South membantu Ibrox memenangkan gelar. Skuad depan Lima Terkenal tetap di tempatnya sampai Maret 1955, ketika Johnstone dijual ke Manchester City.

Meski hanya finis ke-5 di Kejuaraan Skotlandia 1955, Hibs masih diundang ke Liga Champions musim pertama, sebuah turnamen yang tidak sepenuhnya didasarkan pada posisi liga di era '. Delapan belas klub, yang diyakini menarik minat di seluruh Eropa dan juga memiliki lampu sorot yang dibutuhkan untuk memainkan pertandingan di malam hari, telah diundang untuk berpartisipasi. Lampu depan pertama kali digunakan di Easter Road dalam pertandingan persahabatan melawan Hearts pada 18 Oktober 1954. Hibs menjadi klub Inggris pertama di Eropa karena sekretaris Football League.Alan Hardaker meyakinkan Chelsea, juara Inggris, untuk tidak berpartisipasi .

Hibs memainkan hasil imbang pertama mereka melawan RotWeiss Essen, menang 4-0 di GeorgMelchesStadion dan imbang 1-1 di Easter Road. Mereka mengalahkan Djurgårdens IF untuk mencapai semi-final, tetapi dalam undian itu mereka dikalahkan 3-0 oleh Stade Reims, yang menampilkan pemain internasional Prancis terkenal Raymond Kopa di sebelah mereka. Reims kalah dari Real Madrid 4–3 di final.

Tornado Turnbull (1960–1989)

Hibs adalah pemain reguler di Piala Fairs pada 1960-an, menang imbang melawan Barcelona dan Napoli. Namun, klub menikmati sedikit keberhasilan domestik sampai mantan pemain Eddie Turnbull dibujuk untuk kembali ke Easter Road sebagai manajer pada tahun 1971. Tim, umumnya dikenal dengan yang disebut Tornado Turnbull, menempati posisi kedua di turnamen pada tahun 1974 dan 1975. dan memenangkan Piala Liga. pada tahun 1972. Klub juga memenangkan Piala Drybrough pada tahun 1972 dan 1973, dan mencatat kemenangan 7-0 atas rival Hearts dalam derby Edinburgh di Tynecastle pada 1 Januari 1973.

Performa menurun setelah pertengahan 1970-an, dengan Hibs digantikan oleh Firma baru Aberdeen dan Dundee United menjadi pesaing utama Firma lama. Turnbull mengundurkan diri sebagai manajer dan Hibs terdegradasi, untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka, pada tahun 1980. Mereka segera dipromosikan ke Liga Premier Skotlandia pada tahun 1981, tetapi klub berjuang dalam keadaan ini. 1980, tidak lolos ke turnamen Eropa sampai tahun 1989.

1990-an: Upaya pengambilalihan oleh Hearts

Setelah salah urus pada akhir 1980-an, Hibs berada di ambang kehancuran finansial pada tahun 1990. Wallace Mercer, presiden Hearts, mengusulkan penggabungan kedua klub, [34] tetapi penggemar Hibs menganggap proposal tersebut lebih mirip pengambilalihan yang tidak bersahabat. Mereka membentuk kelompok Hands off Hibs untuk mengadvokasi keberadaan klub yang berkelanjutan. Ini berhasil ketika pengusaha lokal terkenal, pemilik KwikFit, Sir Tom Farmer, mengakuisisi saham mayoritas di Hibs. Para penggemar mampu meyakinkan Petani untuk mengambil alih meskipun tidak memiliki banyak minat dalam sepak bola. Petani diyakinkan sebagian oleh fakta bahwa kerabatnya terlibat dalam menyelamatkan Hibs dari kehancuran finansial di awal tahun 1890. Setelah upaya pengambilalihan Mercer, Hibs memiliki beberapa tahun yang baik di awal 1990-an, memenangkan Final Piala Liga Skotlandia pada tahun 1991 dan finis di lima besar turnamen pada tahun 1993, 1994 dan 1995. Pada tahun 1998, Hibs dikalahkan. terdegradasi ke Divisi Pertama, tetapi segera dipromosikan ke SPL pada tahun 1999.

Sejarah terkini (2000–sekarang)

Hibs memiliki musim yang baik di 2000-01 saat ia menempati posisi ketiga di liga dan mencapai final Piala Skotlandia 2001, kalah 3-0 dari Celtic. Pelatih Alex McLeish berangkat ke Rangers pada Desember 2001; Kapten Franck Sauzée ditunjuk sebagai pelatih baru, meskipun tidak memiliki pengalaman melatih. Kemudian ada bentuk yang buruk dan Sauzée dipecat setelah 69 hari bertugas.

Manajer Kilmarnock  Bobby Williamson kemudian dipekerjakan, tetapi terbukti tidak populer di kalangan pendukung Hibs. Namun, sejumlah pemain muda yang menarik muncul, termasuk Garry O`Connor, Derek Riordan, Kevin Thomson dan Scott Brown. Para pemain ini menonjol ketika Hibs tersingkir kedua bagian dari Perusahaan Lama untuk mencapai final Piala Liga Skotlandia 2004, hanya untuk kalah 2-0 dari Livingston. Williamson pergi pada akhir musim itu untuk mengelola Plymouth Argyle dan digantikan oleh Tony Mowbray. Mowbray menjanjikan sepak bola serba cepat, dengan Hibs finis ketiga di musim pertamanya sebagai manajer, sementara Mowbray memenangkan penghargaan Manajer tahun ini oleh SFWA.

Mowbray meninggalkan Hibs pada Oktober 2006 untuk mengelola West Bromwich Albion, dan digantikan oleh mantan pemain John Collins. Tim lolos ke Final Piala Liga Skotlandia 2007 di bawah kepemimpinannya, tetapi klub menjual Kevin Thomson, Scott Brown dan Steven Whittaker dengan biaya gabungan lebih dari £8 juta. . Collins mengundurkan diri akhir tahun itu, frustrasi oleh kurangnya dana yang disediakan untuk menandatangani pemain baru. Mantan pemain Hibs  Mixu Paatelainen dibawa untuk menggantikan Collins, tetapi pergi setelah musim pertamanya berakhir.

Mantan pemain Hibernian lainnya, John Hughes, segera ditunjuk untuk menggantikan Paatelainen. Hughes, yang telah membuat penandatanganan atas seperti Anthony Stokes dan Liam Miller, memimpin Hibs ke awal yang kuat untuk musim 2009-10. Hibs finis keempat dan lolos ke Liga Eropa UEFA 2010–11. Awal yang buruk untuk musim berikutnya, termasuk penampilan putaran pertama di Eropa dan Piala Liga, mengakibatkan Hughes meninggalkan klub dengan persetujuan bersama. Hughes digantikan oleh Colin Calderwood, yang dipecat pada 6 November 2011.

Pat Fenlon ditunjuk untuk menggantikan Calderwood. Klub menghindari degradasi pada 2011–12 dan mencapai final Piala Skotlandia 2012, tetapi kalah 5-1 dari Hearts. Fenlon sebagian besar membangun kembali tim setelah kehilangan ini. Hal ini menyebabkan peningkatan peringkat liga pada 2012–13 dan tim mencapai final Piala Skotlandia 2013, kalah 3-0 dari juara liga Celtic. Hibs lolos ke Liga Eropa UEFA 2013–14, tetapi mereka mengalami kekalahan yang memecahkan rekor dari Skotlandia dalam pertandingan Eropa (agregat 9–0 ke Malmö). Fenlon mengundurkan diri pada 1 November dan digantikan oleh Terry Butcher. 13 pertandingan tanpa kemenangan untuk mengakhiri musim Liga Utama Skotlandia 2013–14 membuat Hibs masuk ke playoff degradasi, kalah adu penalti dari Hamilton Academical.

Jagal dipecat pada bulan Juni dan digantikan oleh Alan Stubbs. Dia tidak dapat memimpin tim untuk promosi, tetapi musim 2015-16 melihat keberhasilan piala nasional yang signifikan. Tim mencapai final Piala Liga, kalah dari Ross County. Ini diikuti oleh gelar Piala Skotlandia pertama sejak 1902, yang berpuncak pada kemenangan keseluruhan atas Rangers. Tak lama setelah memenangkan trofi, Stubbs mengundurkan diri sebagai manajer Hibs untuk mengambil alih Rotherham United dan digantikan oleh Neil Lennon, yang memimpin tim untuk promosi ke Kejuaraan Skotlandia 2016–17. Dalam musim pertamanya kembali di papan atas, Hibs selesai 4 di Liga Premier dan lolos ke Liga Europa. Lennon meninggalkan klub pada Januari 2019 dan digantikan oleh Paul Heckingbottom.

Heckingbottom dipecat pada November 2019 dan digantikan oleh Jack Ross. Hibs finis ketujuh dalam musim 2019-20 yang dipersingkat oleh pandemi COVID19. Musim berikutnya, mereka finis ketiga di liga dan mencapai final Piala Skotlandia 2021, tetapi kalah 0-1 dari St Johnstone. Ross membimbing Hibs ke final Piala Liga akhir tahun itu, tetapi dipecat 10 hari sebelum final setelah tujuh kekalahan dalam sembilan pertandingan liga.

Warna dan Lambang[sunting | sunting sumber]

Warna klub dominan adalah hijau dan putih, yang telah digunakan sejak klub didirikan pada tahun 1875. Band biasanya memiliki tubuh hijau, lengan putih dan kerah kemeja putih. Celana pendek biasanya berwarna putih, meskipun hijau telah digunakan di musim-musim terakhir. Kaus kaki berwarna hijau, seringkali dengan beberapa detail putih. The  Hibs telah menggunakan kuning, ungu, hitam, putih dan hijau tua di musim terakhir untuk kit pengganti mereka. Pada tahun 1977, Hibs menjadi klub pertama di Skotlandia yang menggunakan sponsor di kaus mereka. Pengaturan ini mendorong perusahaan televisi untuk mengancam akan memboikot permainan Hibs jika mereka menggunakan set yang disponsori, sehingga klub menggunakan set alternatif untuk pertama kalinya.

Hibs mengenakan kemeja hijau dan putih selama tahun 1870-an, yang mengilhami gaya yang kemudian diadopsi oleh Celtic. Kemudian, Hibs mengenakan kemeja serba hijau dari tahun 1879 sampai 1938, ketika lengan putih ditambahkan ke kemeja. Mirip dengan gaya Arsenal, yang menambahkan lengan putih ke kemeja merah sebelumnya di tahun 1930-an. Warna celana pendek telah diubah menjadi hijau agar sesuai dengan kemeja.Pada tahun 2004, untuk merayakan ulang tahun keempat puluh Oktober 1964 kemenangan persahabatan atas Real Madrid. Celana pendek hijau digunakan dalam pertandingan ini untuk menghindari bentrokan warna dengan jalur warna serba putih milik Real Madrid. Hibs juga menggunakan celana pendek biru di musim 2006-07, 2007-08 dan 2008-09. Selama musim 2012–13, Hibs mengubah warna dasar kemeja menjadi hijau gelap, bukan hijau zamrud biasa. Warna hijau yang lebih gelap digunakan sampai tahun 1930-an. Selama musim 2014–15, Hibs melepas kaus putih tradisional dari perlengkapan kandang mereka, ketika mereka beralih ke kemeja hijau yang lebih gelap sebagai penghormatan kepada jajaran The Five yang terkenal.

Lencana yang digunakan untuk mengidentifikasi klub telah sering berubah selama bertahun-tahun, mencerminkan perdebatan yang sedang berlangsung mengenai identitas klub. Perdebatan ini berfokus pada apakah warisan Irlandia seseorang harus ditampilkan dengan bangga atau diabaikan karena takut dituduh fanatik. Kecapi Irlandia pertama kali pensiun pada 1950-an dan kemudian diperkenalkan kembali ke lambang klub ketika terakhir direvisi pada tahun 2000. Direktur Museum Sepak Bola Skotlandia Ged O`Brien mengatakan pada tahun 2001 bahwa desain saat ini menunjukkan Hibs "nyaman dengan semua elemen tradisional mereka - ada Leith, Edinburgh, dan Irlandia." Sama seperti harpa mewakili Irlandia, lambang saat ini mencakup kapal (untuk pelabuhan Leith) dan kastil (seperti di Kastil Edinburgh).

Stadion[sunting | sunting sumber]

Hibs bermain di The Meadows selama dua tahun pertama dalam sejarah mereka, sebelum pindah ke pengadilan di Newington (Mayfield Park) dan Bonnington Road, Leith (Powderhall), pada berbagai waktu yang berbeda antara 1877 dan 1879 Setelah sewa Mayfield Park berakhir, Hibs pindah ke tempat yang dikenal sebagai Hibernian Park, di Bothwell Street di Leith saat ini. Hibs gagal mendapatkan sewa di tempat tersebut, dan seorang tukang batu mulai membangun di situs tersebut pada tahun 1890. Hibs memperoleh sewa di sebuah situs yang sekarang dikenal sebagai Tang Fu. lahir pada tahun 1892 dan telah memainkan permainan rumah mereka di sana sejak Februari 1893.

Sebelum Taylor Report mengharuskan stadion untuk terisi penuh, Resurrection Road memiliki beberapa baris teras di tiga sisinya, yang berarti dapat menampung lebih dari 60.000 penonton. Sebuah rekor 65.860 penonton, juga rekor untuk pertandingan sepak bola yang dimainkan di Edinburgh, dibuat oleh derby Edinburgh pada 2 Januari 1950. Kerumunan besar ini tertarik dengan keberhasilan yang terkenal Pertandingan Lima.

Lahan ini terkenal karena kemiringannya yang curam, tetapi ini disingkirkan pada tahun 2000. Lahan tersebut sekarang diisi dan memiliki kapasitas 20.421. Resurrection Road adalah stadion empat berdiri modern yang dibangun pada tahun 1995. Pembangunan kembali terbaru adalah pembangunan Stand Timur baru pada tahun 2010.

Skotlandia memainkan tujuh pertandingan kandang mereka di Easter Road, antara 1998 dan 2017. Skotlandia memainkan pertandingan pertama mereka di Easter Road pada Agustus 2019, kualifikasi Euro 2021 melawan Siprus. Stadion ini menjadi tuan rumah turnamen internasional tanpa partisipasi tim Skotlandia, pertandingan persahabatan yang dimainkan antara Ghana dan Korea Selatan sebelum Piala Dunia FIFA 2006. Jalan Kebangkitan juga terkadang digunakan. tempat netral untuk semifinal Piala Liga Skotlandia dan sebelumnya menjadi tuan rumah final Piala Tantangan Skotlandia.

Rival[sunting | sunting sumber]

Hibs memiliki persaingan lokal Edinburgh tradisional dengan Hearts; Derby antara dua klub adalah salah satu konfrontasi tertua di dunia sepakbola. Graham Spiers menggambarkannya sebagai "salah satu permata mahkota permainan Skotlandia". Klub pertama kali bertemu pada Hari Natal 1875, ketika Hearts menang 1-0 di pertandingan pertama Hibs. Kedua klub membuat perbedaan di Edinburgh setelah perjuangan lima pertandingan untuk Piala Asosiasi Sepak Bola Edinburgh pada tahun 1878, yang akhirnya dimenangkan oleh Hearts dengan kemenangan 3-2 dalam empat pertandingan berturut-turut. Klub telah bertemu di dua final Piala Skotlandia, pada tahun 1896 dan 2012, yang keduanya dimenangkan melawan Hearts. Pertandingan tahun 1896 juga terkenal sebagai satu-satunya final Piala Skotlandia yang diadakan di luar Glasgow.

Both clubs have been champions of Scotland four times, although Hearts have the better record in derby matches. Hibs recorded the biggest derby win in a competitive match when they won 7–0 at Tynecastle on New Year's Day 1973. While it has been noted that religious background lies behind the rivalry, that aspect is "muted" and is a "pale reflection" of the sectarianism in Glasgow. Although the clubs are inescapable rivals, the rivalry is mainly "good-natured" and has had beneficial effects.

Literatur

Karya-karya penulis Irvine Welsh, khususnya Trainspotting, memiliki beberapa referensi ke Hibernian. Tim ini sering disebutkan dalam percakapan santai dan merupakan tim yang didukung oleh banyak karakternya. Referensi visual untuk Hibs terkenal dalam adaptasi Trainspotting Danny Boyle; Francis Begbie mengenakan kemeja Hibs saat bermain sepak bola lima sisi, sementara banyak poster dan gambar Hibs dapat dilihat di dinding kamar tidur Mark Renton.

Suporter dan Kultur[sunting | sunting sumber]

Hibernian adalah salah satu dari hanya dua klub sepak bola profesional penuh waktu di Edinburgh, ibu kota dan kota terbesar kedua di Skotlandia. Klub ini mencatat kehadiran rata-rata tertinggi keempat di liga Skotlandia selama musim 2019–20 (16.728). Pada periode setelah Perang Dunia II, Hibs 'rata-rata lebih dari 20.000 penonton, memuncak pada 31.567 selama musim 1951-1952. Sejak Jalan Paskah dibangun kembali menjadi stadion berkapasitas penuh pada pertengahan 1990-an, rata-rata kehadiran bervariasi antara puncak 18.124 pada 2017–18 dan terendah 9.150 pada 2003–04. Ada peningkatan yang signifikan dalam beberapa musim terakhir, terinspirasi oleh memenangkan Piala Skotlandia pada tahun 2016 dan promosi pada tahun 2017. Selama tahun 1980-an dan 1990-an , segelintir pendukung klub yang dikenal sebagai salah satu yang terbesar di Inggris kelompok kasual, yang dikenal sebagai Layanan Ibu Kota.

Dalam cerita pendek terbaru dari The Acid House of Wales, Coco Bryce, seorang anak laki-laki dari "perusahaan Hibs" dari Layanan Kota Metropolitan, disambar petir saat berada di bawah pengaruh LSD di anggota konstruksi di Pilton. Jiwanya kemudian dipindahkan ke tubuh bayi yang belum lahir dari salah satu daerah terkaya di Edinburgh. Penampilan Hibs di final Piala Skotlandia 2012 dan 2016 masing-masing dijelaskan dalam novel Welsh A Decent Ride dan Dead Men's T Pants.

Hibernian juga sering disebutkan dalam seri novel kriminal Detektif Rebus karya Ian Rankin. Rankin telah menyatakan bahwa Rebus adalah pendukung Raith Rovers tetapi dia adalah penggemar Hibs pada adaptasi TV tahun 2000-an dari serial tersebut. Ironisnya, versi Rebus ini dimainkan oleh penggemar Hearts, Ken Stott. DS Siobhan Clarke, rekannya di buku-buku selanjutnya, adalah "pendukung setia" Hibs.

Music

Lagu kebangsaan Hibs  "Glory, Glory to the Hibees" ditulis dan dibawakan oleh komedian Skotlandia Hector Nicol. Mantan penyanyi Marillion  Fish adalah penggemar Hibs; Easter Road disebutkan dalam lagu "Lucky", dari album Internal Exile. The Proclaimers adalah penggemar lama Hibs dan sangat terlibat dalam kampanye "Hands off Hibs" untuk menyelamatkan klub pada tahun 1990. Sunshine on Leith menjadi lagu kebangsaan Hibs, secara tradisional dimainkan setelah kemenangan besar di Easter Road dan piala final. Dalam lagu mereka 'Cap in Hand', dari album Sunshine on Leith, The Proclaimers bernyanyi:

Saya bisa mengerti mengapa Stranraer berbohong begitu rendah Mereka bisa mendapatkan banyak poin dengan menandatangani kontrak dengan kiper Hibs

Lagu "Joyful Kilmarnock Blues", dari album debut yang dirilis oleh The Proclaimers, adalah tentang kemenangan Hibs jauh dari rumah. Lagu itu mencakup lirik berikut:

Saya belum pernah ke Ayrshire

Saya menumpang pada hari Sabtu

Enam puluh mil ke Kilmarnock

Hanya untuk melihat drama Hibernian

Kepemilikan dan Finansial[sunting | sunting sumber]

Meskipun klub sepak bola didirikan pada tahun 1875, itu tidak didirikan sampai tahun 1903. Klub ini tetap menjadi perusahaan swasta sampai tahun 1988 ketika terdaftar di Bursa Efek London. Daftar publik ini, dikombinasikan dengan kinerja keuangan yang buruk, membuat Hibs rentan terhadap upaya pengambilalihan tahun 1990 oleh presiden Hearts  Wallace Mercer. Upaya ini digagalkan ketika Mercer tidak dapat memperoleh 75% saham yang dibutuhkan untuk melikuidasi perusahaan. Perusahaan induk klub, Forth Investments plc, masuk ke resepsi pada tahun 1991 dan Sir Tom Farmer memperoleh kendali klub dari penerima dengan 3 juta pound. Petani mendanai pembangunan kembali Jalan Kebangkitan dan kerugian finansial yang diderita Hibs, meskipun ia menyerahkan kendali kepada karakter lain seperti Rod Petrie.

Pada bulan Desember 2014, klub mengumumkan niatnya untuk menjual hingga 51% kepemilikan klub kepada pendukung. Pada November 2017, pendukung telah meningkatkan kepemilikan mereka di klub menjadi 34%. Mayoritas saham klub dijual pada Juli 2019 kepada pengusaha Peru-Amerika Ronald Gordon, yang menjadi ketua eksekutif klub.

Pemain terkenal[sunting | sunting sumber]

Arthur Duncan memegang rekor penampilan terbanyak untuk tim Hibs, dengan 446. Kelima selebriti - Gordon Smith, Eddie Turnbull, Lawrie Reilly, Bobby Johnstone dan Willie Ormond - telah mencetak lebih dari 100 gol di turnamen untuk Hibs.

Pemain Hibernian telah dibatasi hingga level internasional penuh untuk 26 tim nasional yang berbeda, dengan 67 pemain Hibernian tampil untuk Skotlandia. Hibernian menempati urutan kelima dari semua klub dalam memasok pemain ke Skotlandia, di belakang Old Firm, Queen`s Park, dan Hearts. James Lundie dan James McGhee adalah pemain Hibs pertama yang bermain untuk Skotlandia, dalam pertandingan kandang di Kejuaraan Inggris 1886 melawan Wales. Lawrie Reilly memegang rekor caps internasional sebagai pemain Hibs, membuat 38 penampilan untuk Skotlandia antara tahun 1949 dan 1957. Pada tahun 1959, penyerang Hibs  Joe Baker menjadi pemain pertama yang tidak pernah bermain untuk klub Inggris untuk bermain untuk Inggris.

Untuk menandai ulang tahun ke-135 klub, klub mendirikan Hall of Fame pada tahun 2010. Kelompok nominasi pertama, yang terdiri dari 13 mantan pemain, diperkenalkan pada jamuan makan malam terakhir tahun itu.

Manajer Terkenal[sunting | sunting sumber]

Dari tahun 1875 hingga 1903, Hibs dikelola oleh sebuah komite, meskipun Dan McMichael, yang juga bertindak sebagai bendahara, sekretaris, dan fisioterapis, adalah manajer yang efektif saat memancing. Klub ini memenangkan Piala Skotlandia 1902 dan gelar liga 1903. Willie McCartney bertanggung jawab atas bagian dari musim 1947-48, tetapi ia pingsan dan meninggal setelah pertandingan Piala Skotlandia pada bulan Januari tahun itu.1948. Hugh Shaw mewarisi tim dan memenangkan tiga gelar liga di akhir 1940-an dan awal 1950-an. Alan Stubbs memenangkan Piala Skotlandia di musim 2015-16, mencetak gol mengakhiri kekeringan 114 tahun di kompetisi ini. Eddie Turnbull, Alex Miller dan John Collins semuanya memenangkan Piala Liga Skotlandia. Bobby Templeton, Bertie Auld, Alex McLeish dan Neil Lennon semuanya memenangkan kejuaraan tempat kedua.

Skuat[sunting | sunting sumber]

Hingga 15 Desember 2010

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat memiliki lebih dari satu kewarganegaraan non-FIFA.

No. Pos. Negara Pemain
1 GK Republik Irlandia IRL Graham Stack
2 DF Skotlandia SCO Michael Hart
3 DF Inggris ENG Jonathan Grounds (pinjaman dari Middlesbrough)
4 DF Inggris ENG Chris Hogg (Kapten)
6 MF Skotlandia SCO Ian Murray (Wakil-kapten)
7 MF Maroko MAR Merouane Zemmama
8 MF Belanda NED Edwin de Graaf
9 FW Skotlandia SCO Colin Nish
10 FW Skotlandia SCO Derek Riordan
11 MF Skotlandia SCO John Rankin
13 GK Inggris ENG Thomas Flynn
14 DF Ghana GHA Francis Dickoh
15 DF Prancis FRA Steven Thicot
16 MF Skotlandia SCO Lewis Stevenson
No. Pos. Negara Pemain
17 MF Skotlandia SCO Kevin McBride
19 FW Skotlandia SCO Darryl Duffy (pinjaman dari Bristol Rovers)
20 DF Skotlandia SCO Paul Hanlon
21 GK Skotlandia SCO Graeme Smith
22 MF Skotlandia SCO Danny Galbraith
23 FW Lituania LTU Valdas Trakys
24 MF Skotlandia SCO David Wotherspoon
25 DF Wales WAL David Stephens
26 DF Pantai Gading CIV Sol Bamba
27 MF Inggris ENG Lewis Horner
31 GK Skotlandia SCO Mark Brown
32 MF Skotlandia SCO Sean Welsh
33 MF Republik Irlandia IRL Liam Miller

Pranala luar[sunting | sunting sumber]