Heunginjimun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Heunginjimun
Hangeul동대문 atau 흥인지문
Hanja東大門 atau 興仁之門
Alih Aksara yang DisempurnakanDongdaemun atau Heunginjimun
McCune–ReischauerTongdaemun atau Hŭnginjimun

Heunginjimun ("Gerbang Kebajikan yang Bersinar") atau Dongdaemun ("Gerbang Besar Timur"), adalah bangunan bersejarah yang berada di pusat kota Seoul, Korea Selatan.[1] Nama "Dongdaemun" dalam Bahasa Korea berarti "Gerbang Besar Timur", dinamakan demikian karena menunjukkan letaknya pada sebalah timur kota Hanyang (Seoul pada zaman dinasti Joseon), yang pada saat itu masih dikelilingi tembok. Gerbang ini terletak di distrik Jongno yang sibuk.

Setelah Namdaemun (Gerbang Selatan) terbakar pada tanggal 10 Februari 2008, Dongdaemun adalah satu-satunya dari 3 buah gerbang besar yang masih berdiri. Sedangkan Gerbang Barat (Seodaemun) sudah sejak lama hancur.

Struktur pertama dibangun pada tahun 1396, pada masa pemerintahan (tahun) ke-6 Raja Taejo dari Dinasti Joseon. Dongdaemun kembali direnovasi pada tahun 1453 dan struktur yang berdiri saat ini adalah hasil renovasi dari tahun 1869.

Area perbelanjaan[sunting | sunting sumber]

Sekarang, wilayah di sekitar Gerbang Dongdaemun adalah daerah yang dikenal sebagai distrik belanja terbesar di Korea Selatan.[2] Di wilayah Dongdaemun terdapat 26 buah gedung mall, lebih dari 30.000 toko dan 50.000 manufaktur yang berbisnis garmen, tekstil, sepatu, pakaian dan aksesoris olahraga, barang elektronik, peralatan kantor dan mainan.[2] Toko-toko di Dongdaemun juga banyak yang khusus menjual gaun dan aksesoris pernikahan, tempat tidur, peralatan dapur serta pakaian tradisional (hanbok).[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Dongdaemun Gate (East Main Gate), visitkorea. Diakses pada 4 Agustus 2010.
  2. ^ a b c (Inggris) Passport to Korean Culture. Korean Culture and Information Service - Ministry of Culture, Sports and Tourism, Seoul, Republic of Korea. 2010. hlm. 13–14. ISBN 978-89-7375-153-2 03910. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]