Hermann VI dari Baden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Hermann VI (sekitar 1226 – 4 Oktober 1250) merupakan seorang Markgraf dari Baden dan bergelar Verona dari tahun 1243 sampai kematiannya.

Ia berasal dari keluarga Wangsa Zähringen, Swabia dan merupakan putra Hermann V dan Irmengard dari Baden, putri Comte Rhein Heinrich V. Ia menggantikan ayahandanya di Baden pada tanggal 16 Januari 1243.

Pada tahun 1248, ia menikahi Gertrud dari Babenberg, keponakan anggota terakhir keluarga Wangsa Babenberg, Adipati Friedrich II (1230-1246), dan atas dasar pernikahan itu menuntut wilayah adipati Austria dan Stiria, meninggalkan pemerintahan Baden kepada adiknya Rudolf. Akan tetapi, ia memiliki saingan yang kuat Raja Ottokar II dari Bohemia, yang pada tahun 1252 menikahi saudari Friedrich Margaret untuk mensahkan tuntutannya. Menurut Privilegium Minus yang dikeluarkan oleh Kaisar Friedrich Barbarossa pada tahun 1156, wilayah Austria dapat diwariskan kepada keturunan perempuan, dan Hermann bahkan mendapatkan persetujuan eksplisit dari Paus Innosensius IV. Namun markgraf dan putranya Friedrich dapat mendirikan untuk mereka sendiri di Austria dan Stiria melawan perlawanan dari bangsawan lokal, yang lebih memilih Ottokar. Kedua saingan tersebut tidak berlaku, karena wilayah adipati itu disita sebagai harta feodal yang dikembalikan oleh Habsburg Raja Rudolph I dari Jerman setelah kematian Ottokar di dalam Pertempuran Marchfeld pada tahun 1278.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Hermann V
Markgraf Baden
1243–1250
Diteruskan oleh:
Friedrich I
Didahului oleh:
Friedrich II dari Austria
Adipati Austria dan Stiria (penuntut)
1248–1250