Hengky Albert Waroka Tjia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hengky Albert Waroka Tjia
Hengky pada 2023
Nama asal吳恆基
LahirHengky Albert Waroka Tjia
(1986-06-08)8 Juni 1986
Medan, Sumatera Utara, Indonesia
Warga negaraIndonesia
PendidikanBachelor of Science
AlmamaterTransWorld University
PekerjaanPengusaha, Guru, Konsultan Pendidikan
Partai politikPSI
Anak1
Orang tuaHasnan Gunawan
Tjia Lian Hua

Hengky Albert Waroka Tjia (nama Tionghoa: 吳恆基 / Wu Heng-Ji, lahir 8 Juni 1986) adalah seorang guru dan akademisi Indonesia yang merupakan pendiri legacyindonesia.org.[butuh rujukan] Ia juga merupakan pengusaha yang cukup sukses, memiliki kantor pengembangan kewirausahaan bagi mahasiswa/i Indonesia di Taiwan (PKPI-LEGACY), kantor pelayanan pendidikan di beberapa kota besar di Indonesia. Selain itu juga, dia merupakan co-pendiri Yayasan Pendidikan Bahasa dan Budaya Tionghua Indonesia, dan sejumlah usaha di bidang cafe dan restoran.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Hengky mengenyam pendidikan SMA di Perguruan Bodhicitta, Medan. Setelah lulus, ia memperoleh kesempatan beasiswa untuk melanjutkan kuliah di TransWorld University of Science and Technology, Taiwan. Ia mengambil jurusan Environmental Resources and Management, semasa kuliah, ia kerap aktif dalam kampanye perlindungan lingkungan Indonesia[1]. Ia menjadi mahasiswa pertama dari TransWorld yang berhasil masuk ke National Taiwan University jurusan Kehutanan melalui jalur umum (kliping berita). Hengky AW juga pernah membawa tim mahasiswa Indonesia dan Taiwan melakukan penelitian ekologi dan hutan hujan tropis di desa Sandean, Padang Lawas Utara.[2] Saat semasa menjadi mahasiswa, Hengky beberapa kali mengikuti proyek sukarelawan yang dibiayai pemerintah Taiwan untuk melakukan pengajaran untuk anak-anak di pedalaman. Ia juga menjadi ketua dan perintis projek berkeliling Taiwan dengan sepeda selama 15 hari di Taiwan, mengunjungi berbagai instansi atau organisasi masyarakat di Taiwan, dan membawa misi peduli lingkungan dan hutan hujan tropis, projek yang bernama "Thank You Taiwan" ini menjadi sangat istimewa, karena seluruh dana dikumpulkan secara mandiri melalui berbagai kegiatan[3] (kliping berita Mandarin). Kegiatan tersebut diliput oleh berbagai media utama di Taiwan saat itu, termasuk media televisi dan surat kabar[4]. Sebuah hal yang sangat membanggakan saat itu.

Saat ini Hengky sedang menyelesaikan tugas akhir Magister di National Kaohsiung Normal University, ia juga melakukan riset ilmiah yang sangat penting terhadap program SMK 3+4 yang saat ini banyak diikuti oleh siswa/i suku Tionghua di Indonesia untuk melanjutkan pendidikannya di Taiwan. Riset ilmiah yang telah diterbitkan oleh Komite OCAC Taiwan, berjudul Strategi Perekurtan Murid Indonesia suku Tionghua Program Akademia-Industri dan Desain Pengajaran Bahasa Mandarin (Chinese : 東南亞建教班印尼僑生招生政策與華文教學設計)

Karier[sunting | sunting sumber]

Seminar Kuliah dari Bupati Satono (Sambas) Februari 2023

Hengky saat ini menjadi CEO dari LegacyIndonesia yang bergerak di bidang pengajaran pendidikan bahasa Mandarin dan pelayanan jasa pendidikan ke Tiongkok & Taiwan sejak tahun 2014. Ia juga menginisiasi pertemuan dan kunjungan kerja Bupati Sambas ke Taiwan dan bertemu siswa/i Indonesia dari Kabupaten Sambas dan sekitarnya, sekaligus meresmikan Kantor Pengembangan Kewirausahaan Pelajar Indonesia di Taiwan[5]. Di awal mula usaha, Hengky AW sebagai merintis jalan sebagai pengusaha tidaklah mulus, karena saat itu masih muda dengan pengalaman dunia usaha yang masih minim, ia pernah merasakan bangkrut, jatuh bangun dan tidur di rumah muridnya sendiri. Namun itu semua tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan kontribusi pengetahuan dan pentingnya kemampuan bahasa Mandarin untuk anak-anak Indonesia saat itu. Dari pengalaman dan kemampuan bertahan dan tidak mau menyerah inilah, ia menjadi teladan bagi banyak anak-anak Indonesia yang akan dan sedang mengikuti pendidikan di Tiongkok dan Taiwan.

Semasa menjalankan profesinya, ia banyak membuat kegiatan mengajar yang melibatkan para guru dari Taiwan untuk mengajar anak-anak Indonesia bahasa Mandarin secara gratis. Pada tahun 2020-2022, Hengky AW menyelenggarakan pengajaran bahasa Mandarin online, menggandeng profesor dari National Kaohsiung Normal University, beserta para mahasiswa Magister Departemen Pengajaran Bahasa Mandarin sebagai Bahasa Asing[6]. Ia juga menggunakan anggaran pribadi, mengundang Pelatih Guru Mandarin Kenamaan dari Taiwan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Mandarin di Tanah air dari berbagai daerah[7].

Keberangkatan Siswa dari Kalimantan Barat ke Taiwan untuk kuliah melalui jalur subsidi dan beasiswa tahun 2022

Sejak tahun 2014, Hengky AW telah membantu tidak kurang dari 1000 murid untuk melanjutkan sekolah dan kuliah ke Tiongkok dan Taiwan. Kebanyakan murid memang lebih diarahkan ke Taiwan, mengingat ia merupakan lulusan dan sekaligus mahasiswa Magister aktif saat ini di kampus nasional di Taiwan.

Ia juga membuka kantor pelayanan bahasa dan pendidikan di daerah agar dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di daerah seperti Sambas dan Singkawang[8].

Hengky AW merupakan sedikit banyak dari pengusaha yang berhasil di bidangnya, namun juga cukup aktif mengajar untuk masyarakat bawah, memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak muda, serta aktif dalam penelitian dan pendidikan.

Pada bulan Januari 2023, Hengky mengikuti penyaringan bacaleg dari Partai Solidaritas Indonesia, ia berbincang dengan salah satu pengurus DPP PSI melalui online, setelah mendengar, memahami dan mengikuti politik Indonesia dengan seksama, berbekal keyakinan dan keinginan agar bisa berkontribusi lebih luas melalui jalur legislatif, ia akhirnya memutuskan untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Legislatif DPR-RI dari Partai Solidaritas Indonesia. Hengky akan bertarung di daerah pemilihan Kalimantan Barat I pada pemilihan legislatif 2024.

Sejarah elektoral[sunting | sunting sumber]

Pemilu Lembaga legislatif Dapil Partai Perolehan suara Hasil
2024 Dewan Perwakilan Rakyat Kalimantan Barat I PSI Belum ditentukan Belum ditentukan

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "环球学院印尼生单车环台感恩行 宣扬环保 - 大纪元". 大纪元 www.epochtimes.com (dalam bahasa Tionghoa). 2009-05-30. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  2. ^ "印尼學生環台 籲民眾齊搶救雨林 | 公視新聞網 PNN". 公視新聞網 PNN (dalam bahasa Tionghoa). 2011-08-02. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  3. ^ "海啸后来台印尼生 感恩环台迈向新人生 - 大纪元". 大纪元 www.epochtimes.com. 2009-06-03. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  4. ^ "搶救印尼雨林 學生以行動劇請命". Diakses tanggal 2023-09-03. 
  5. ^ "西加三发县长与驻台北印尼经济贸易代表处 主持启用中国台湾印尼学生创业发展办公室". 千岛日报 (dalam bahasa Inggris). 2023-02-28. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  6. ^ "高师大华语文教学研究所携手 第B2版:综合/广告 20210713期 国际日报". epaper.guojiribao.com. Diakses tanggal 2023-09-03. 
  7. ^ [https://www.qiandaoribao.com/2022/06/01/%e6%a3%89%e5%85%b0%e4%bc%a0%e6%89%bf%e5%8d%8e%e8%af%ad%e6%96%87%e6%95%99%e5%ad%a6%e4%b8%ad%e5%bf%83%e4%b8%8e%e5%a4%8d%e5%85%b4%e6%b1%89%e8%af%ad%e5%9b%bd%e9%99%85%e8%af%ad%e8%a8%80%e5%ad%a6%e4%b9%a0/ "棉兰传承华语文教学中心与复兴汉语国际语言学习培训中心合办 2022 年赴台升学家长分享会及华�"]. 千岛日报 (dalam bahasa Inggris). 2022-06-01. Diakses tanggal 2023-09-03.  replacement character di |title= pada posisi 47 (bantuan)
  8. ^ Polres, Humas (2022-08-01). "KEGIATAN PERESMIAN KANTOR YAYASAN PENDIDIKAN DAN BUDAYA TIONGHOA SINGKAWANG | Polres Singkawang". Diakses tanggal 2023-09-03.