Hazar-Mawet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hazar-Mawet (Hazarmaveth; bahasa Alkitab ibraniIbrani: חֲצַרְמָוֶתחֲצַרְמָוֶתIbrani: חֲצַרְמָוֶת, tr. Ḥăṣarmāweṯ; حضر موت) adalah putra ketiga dari tiga belas putra Yoktan, yang adalah seorang putra Eber bin Sem pada Daftar keturunan Nuh di kitab Kejadian pasal 10 dan 1 Tawarikh pasal 1 di Alkitab.  "Tabel Bangsa-bangsa" ini memuat daftar para pendiri kelompok etnis atau "bangsa-bangsa" yang saling berdekatan.

Catatan Alkitab[sunting | sunting sumber]

Hazar-Mawet adalah putra ketiga dari tiga belas putra Yoktan.

Nama "Hazar-Mawet bin Yoktan bin Eber" disebutkan dalam daftar keturunan Nuh pada Alkitab Kristen yaitu:

Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet dan Yerah, Hadoram, Uzal dan Dikla, Obal, Abimael dan Syeba, Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya keturunan Yoktan.[1][2]
Yoktan memperanakkan Almodad, Selef, Hazar-Mawet, Yerah, Hadoram, Uzal, Dikla, Ebal, Abimael, Syeba, Ofir, Hawila dan Yobab; itulah semuanya anak-anak Yoktan.[3]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Menurut catatan Alkitab, silsilah Hazar-Mawet adalah sebagai berikut:

Sem
ElamAsyurArpakhsadLudAram
SelahUsHulGeterMas
Eber
PelegYoktan
Rehu
Almodad
Selef
Hazar‑Mawet
Yerah
Hadoram
Uzal
Dikla
Obal
Abimael
Syeba
Ofir
Hawila
Yobab
Serug
Nahor
Terah
AbrahamSaraNahorHaran

Identifikasi[sunting | sunting sumber]

Kerajaan Hadramaut sekitar tahun 400 SM
Peta kerajaan di Arab Selatan pada sekitar tahun 230 M. Kerajaan Hadramaut berwarna ungu, di bagian timur (kanan). Kerajaan Saba (warna abu-abu) di sebelah baratnya.
Semenanjung Arab pada tahun 1914, dengan wilayah Hadramaut di bagian selatan.

Hazar-Mawet, juga ditranskripsi Hazarmaueth, berarti "pemukiman kematian" (Kamus Alkitab Hitchcock) dan terdiri dari dua bagian kata ibrani: hazar/ḥaṣar ("pemukiman" atau "halaman") dan maveth/mawet ("mati"). (Ada sistem alternatif untuk mengalihbahasakan dari bahasa ibrani ke dalam huruf Latin.) Dalam versi Etiopia, nama ini ditulis Hasremot.

Para sarjana bahasa-bahasa Semit mengkaitkannya dengan nama kuno daerah Hadramaut (Kerajaan Hadramawt atau Hadramut) di negara Arab Selatan modern, Yaman, dan memang, salah satu dari anak-anak Yoktan adalah Syeba, nama kuno suatu Kerajaan Saba di Arab Selatan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kejadian 10:26–29 (TB) - Sabda.org
  2. ^ "www.Bibler.org - Dictionary - Uzal". 2012-08-12. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-05-10. Diakses tanggal 2018-05-10. 
  3. ^ 1 Tawarikh 1:20–23 (TB) - Sabda.org