Harry Murti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Harry Murti
Informasi pribadi
Lahir
Raden Mas Harimurti Koentjoro

22 Oktober 1969 (umur 54)
Indonesia Jakarta, DKI Jakarta
Suami/istriNorini Setiariani
Orang tuaRM Koentjoro Widagdo
Nilawati Indra
Alma materInstitute Teknologi Dirgantara
SMA Purnama Tirtayasa
SMP Negeri 19 Jakarta
SD Gunung Kebayoran Baru
PekerjaanEnterpreneur
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Harry Murti (lahir dengan nama Raden Mas Harimurti Koentjoro di lahir 22 Oktober 1969) adalah Enterpreneur. Ia merupakan sosok langka di Indonesia, yang awalnya berprofesi sebagai drummer, kemudian mengubah diri jadi pembuat drum handal secara otodidak. Pada 1995, ia mendirikan Harry Drum Craft, yang memproduksi drum berkualitas premium, berdasarkan pesanan dengan harga terjangkau. Ia juga mendirikan dan memimpin Kharisma Cipta Kreasi kemudian membangun Jakarta Drum School.

Masa Remaja[sunting | sunting sumber]

Di zaman SMP pada era 1980-an Harry berinisiatif membentuk band bersama Franky Sihombing (ayahnya Petra Sihombing) dan Didi Nur Arsihadi. Band yang diberi nama Rush Rockers (karena gemar dengan musik dari kelompok band Rush) selalu menjadi juara di berbagai festival. Antara tahun 1982-1985, saingan Rush Rockers dalam berbagai festival band adalah Band SMP 12 (Indro Hardjodikoro), Band Titra Marta (Iwan Hasan) dan Band Pangudi Luhur (Krisna Prameswara).

Sejak awal mengenal drum, Harrry terbiasa memainkan peralatan berkualitas bagus buatan luar negeri. Ini terjadi lantaran, salah satu Om nya bernama Faisal Indra Putra ex drummer Band WOW, memiliki drum Yamaha YD Series. Sebuah drum dengan spesifikasi terbaik dan mahal di zaman itu. Ical bisa memiliki drum tersebut karena berhasil memenangkan festival band di Jepang. Drum YD Series hanya dibuat oleh Yamaha sebanyak dua buah. Satu untuk pemenang festival, satu lainnya untuk kelompok band jazz fushion: Casiopea.

Sejak diijinkan menggunakan drum hadiah dari Jepang, selera Harry dalam menggunakan drum jadi semakin tinggi. Ia pun jadi bawel jika menemukan drum berkualitas buruk saat latihan di studio ataupun manggung. Namun untuk bisa memiliki drum sendiri dengan kualifkasi bagus dan mahal, jelas tidak mudah. Terlebih, untuk minta pada orang tua belum tentu dibelikan. Harry berpikir, ia harus bekerja dan memiliki banyak uang. Tapi untuk memasuki dunia kerja butuh waktu lama. Ia harus menyelesaikan SMP, SMA dan kuliah.

Harry terpikir melalui jalan pintas. Ia harus lebih giat mencari uang lewat drum dengan jalan memberi service pada teman yang membutuhkan. Kebetulan,di saat senggang Harry banyak membaca majalah luar negeri seperti Modern Drummer, Bass Player dan lain-lain. Dalam majalah itu banyak review yang mengupas tentang drum. Dari situ, Harry memahami bahasa yang digunakan dalam musical industry. Ada terminologi - terminologi khusus yang digunakan untuk drum. Berbekal pengetahuan dari membaca, Harry pelan pelan menguasai informasi tentang drum. Ilmu ini pula yang membawanya berani menerima service drum.

Kegemaran utak atik drum, membuat Harry keasyikan. Kuliahnya di Institute Teknologi Dirgantara jurusan Aeronotika yang dimasukinya sejak 1988 – dan sudah masuk pada semester ke tujuh, tidak memancing minatnya lagi untuk diselesaikan. Harry makin terobsesi bisa membuat drum sendiri. Dan dengan berani ia memutuskan tidak lagi menjadi pemain dan beralih profesi menjadi pengrajin drum. Ia bahkan mendirikan Harry Drum Craft

Awal Karier[sunting | sunting sumber]

Bicara soal bisnis, ada dua nama perempuan penting yang sangat berpengaruh dalam perjalanan bisnis Harry. Pertama Isterinya: Norini Setiarini, kedua Ibunya: Almarhumah Nilawati Indra.

Harry menikah dengan teman SMP-nya Norini Setiarini pada tahun 1993. Untuk menghidupi keluarga, Harry bekerja dalam banyak bidang, mulai dari menyelenggarakan seminar, main foreign exchange, terjun ke property dan lain sebagainya. dan kemudian harry memutuskan berhenti bekerja dan fokus untuk meriset drum.

Harry pun mulau mengexplorasi drum dengan cara membeli drum baru kemudian dibedah dan dipotong-potong,disamping itu ia membaca referensi,tulisan, review dari majalah2 Drum salah satunya Modern Drummer dan lain-lain.sebagai risetnyanya. Orang yang melihat aksi ini, menyangka ia gila. Padahal, Harry tengah melakukan eksplorasi. bantuan untuk mendirikan Harry Drum Craft pun datang dari Ibunya Almarhumah Nilawati Indra, dengan menjadikan rumah keluarga di Bumi Serpong Damai di kawasan Vila Melati sebagai Workshop untuk pembuatan drum.

Di tempat itu pula harry memulai membuka sekolah musik yang diberi nama Kharisma Cipta Kreasi, selain itu,ia membangun coffee shop, studio rental dan ruang pamer alat musik. Barang-barang untuk ruang pamer didapat Harry dari titipan distributor.

Pada tahun 2005 harry dengan mantap membangun Jakarta Drum School

Jakarta Drum School[sunting | sunting sumber]

Jakarta Drum School (JDS) didirikan pada tahun 2005 dan telah mendapat sertifikat dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2007. Dalam lembaga kursus ini, Harry bermitra dengan Taufan Gunarso (drummer lulusan Percussuon Intitue of Tecnology USA dan pengusaha Prasodjo Winarko.

Para pengajar JDS rata rata lulusan Percussion Institute dari luar negeri. Mereka adalah: Rudolf Jacob Sianipar (Drummer Collective USA), Rayendra Sunito (Berklee of Music USA) Aldy Abuthan (Percussion Institute of Technology USA).

Dengan tenaga pengajar berkualitas seperti ini kemudian diadopsi ilmu pengetahuan mereka, yang kemudian dijadikan standard kurikulum kursus JDC. Pelajaran drum sendiri mencakup Style, Technique, Jazz, Latin, dan Reading.

Ketika calon siswa pertama mendaftar ke JDS, mereka wajib masuk tahap preparation class sepanjang enam bulan, sebelum masuk ke main class. Masa ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dan menemukan penempatan kelas yang tepat.

Seandainya siswa lulus test, mereka bisa masuk kelas utama (Main Class atau D1 sepanjang 6 bulan). Jika siswa sudah memiliki keahlian drum lebih dari cukup, mereka bisa melompat ke kelas lebih tinggi sesuai keahlian yang dimiliki.

Proses pengajaran pada JDS bersifat berjenjang. Selepas main clas atau disebut dengan D1, siswa naik ke kelas D2, D 3, C1, C2,C3, B1, B2, di mana masing-masing kelas tersebut berdurasi sepanjang 6 bulan. Dalam kondisi normal, untuk mendapatkan sertifikat kelulusan, siswa wajib berlatih sepanjang 9 kali enam bulan.

Yang istimewa, setiap sebulan sekali, para murid diberikan latihan dalam format band. Di mana, akan disediakan gitaris dan bassis yang akan berlatih bersama. Sesi ini bertujuan agar murid bisa mengaplikasikan pelajaran dengan sempurna.

Dalam enam bulan masa kursus, siswa akan menghadapi test sebanyak dua kali. Pertama midterm pada bulan ketiga dan final test di bulan keenam. Jika saat midterm siswa gagal, akan diberikan waktu mengulang. Apabila saat her gagal lagi, artinya siswa wajib mengulang di kelas yang sedang diikuti.

Dengan pertimbangan untuk menjaga kualitas sumber daya pengajar juga pelajar yang dididik, hingga kini JDS tidak membuka cabang (franchaice) di tempat lain.

Profesional Background[sunting | sunting sumber]

  • 2007 – Present, as the Founder of Dynamic Drum Head
  • 2006 – Present, as the Founder of Rhythm & Groove Music Camp
  • 2005 – Present, as the Founder of Jakarta Drum School
  • 1993 – Present, as the Founder of Harry's Drum Craft
  • As Product Specialist Consultant for many musical instrument distributor in Indonesia
  • As Show Biz Promotor at HM Entertainment

OTHER PROFESSIONAL ACTIVITIES[sunting | sunting sumber]

  • 2023 – Present, as Vice President of APAVMI (Asosiasi Penggiat Audio Video Musik Indonesia)
  • 2005 – 2018, as Co-Founder of Jajan Jazz Community
  • As Co-Founder of HM Loudspeaker Pro Audio
  • As a member of IPC (Indonesian Production Community)
  • 1997 – Present, as a member of NAMM Anaheim California USA
  • 2000 – Present, as a member of Shanghai Musikmesse China
  • 2000 – Present, as a member of Frankfurt Musikmesse Germany
  • 2000 – Present, as a member of PALA Show Singapore


Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]