Harold Lee Alden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Harold Lee Alden (lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 10 Januari 1890 – meninggal 3 Februari 1964 pada umur 74 tahun) adalah seorang astronom berkebangsaan Amerika Serikat.

Dia menerima gelar kesarjanaan dari Wheaton College, Illinois pada tahun 1912, kemudian menerima gelar magister dari Universitas Chicago pada tahun 1913. Dia bekerja sebagai asisten dalam program fotometri fotografi di Observatorium Yerkes pada tahun 1912-1914. Dia belajar di Universitas Virginia di bawah bimbingan Samuel Alfred Mitchell dan meraih gelar doktor filsafat pada tahun 1917 dengan judul disertasi: Observations of long period variable stars at the Leander McCormick Observatory (Pengamatan bintang berpeubah periode panjang di Observatorium Leander McCormick). Dia menjadi profesor di Virginia pada tahun 1924, tetapi berhenti dari jabatan itu pada tahun berikutnya untuk menjadi direktur stasiun peneropongan selatan milik Universitas Yale di Johannesburg, Afrika Selatan yang baru saja didirikan (oleh Frank Schlesinger). Alden menghabiskan waktu 20 tahun di Observatorium Yale untuk mengerjakan refraktor berfokus-panjang untuk menentukan paralaks bintang-bintang selatan. Dia juga memusatkan diri pada penelitian galat yang mungkin di dalam lempeng paralaks yang diambil di Johannesburg.[1]

Alden kembali ke Universitas Virginia pada tahun 1945 untuk menggantikan Samuel Alfred Mitchell sebagai Guru Besar Astronomi, Ketua Departemen Astronomi, dan Direktur Observatorium Leander McCormick. Sebagian besar karya Alden di Virginia, sebelum dan setelah perjalanan karirnya di Observatorium Yale, berisikan pengukuran paralaks bintang, gerak pengamatan visual dan gerak diri bintang variabel periode-panjang. Dia dikenang baik atas penelitiannya yang diterbitkan dalam astrometri fotografi berfokus-panjang dari Observatorium McCormick dan Observatorium Yale. Dia pernah menjadi wakil presiden Perhimpunan Kemajuan Ilmu Pengetahuan Amerika dan kepala bagian D (astronomi) pada tahun 1951. Dari tahun 1952 sampai 1955, dia bekerja sebagai president Komisi 24, bagian Paralaks Bintang, di Persatuan Astronomi Internasional.

Alden purnatugas dari kedudukannya di Universitas Virginia pada tanggal 30 Juni 1960. Dia wafat di Charlottesville pada tanggal 3 Februari 1964, meninggalkan istrinya yang bernama Mildred, tiga anak, dan sebelas cucu. Kawah Alden di tepi jauh Bulan dinamakan sedemikian untuk menghargai dia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Harold Lee Alden (obituary)". Quarterly Journal of the Royal Astronomical Society 5: 291. Maret 1964. Bibcode: 1964QJRAS...5..291.