Hari Kemerdekaan (Estonia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Hari Kemerdekaan
Vabariigi aastapäeva paraad.jpeg
Parade di Tallinn, 2011
Nama resmi Eesti Vabariigi aastapäev
Nama lain Hari Nasional
Dirayakan oleh Estonians
Makna Nasional
Perayaan Kembang api, konser, parade
Tanggal 24 Februari
Frekuensi setiap tahun
Hari kemerdekaan obor maret di Tallinn

Hari Kemerdekaan (bahasa Estonia: Eesti Vabariigi aastapäev) adalah hari libur nasional di Estonia yang menandai peringatan tahunan Deklarasi Kemerdekaan Estonia pada tahun 1918. Hari ini biasanya dirayakan dengan kembang api, konser, pawai obor, pawai, dan pesta. Hari ini adalah hari nasional Estonia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pemerintahan Sementara Estonia memutuskan pada tanggal 12 Februari 1919 untuk mempertimbangkan 24 Februari menjadi tanggal deklarasi kemerdekaan. Pada tahun 1933, Pemerintah membahas apakah hari nasional harus dipindahkan ke tanggal lain pada waktu yang lebih baik dalam tahun ini, seperti 15 Juni, untuk menandai tanggal ketika Majelis Konstituante Estonia mengadopsi Konstitusi Estonia pada tahun 1920. Hugo Kuusner meminta pada 21 Februari 1937 bahwa hari jadi Republik Estonia harus 23 Februari, bukan 24 Februari. Gottlieb Ney, direktur Arsip Nasional Estonia mengatakan bahwa "... Semua harus mencapai kesimpulan bahwa 24 Februari 1918 dipertimbangkan menjadi tanggal dimulainya republik, itu adalah hari ketika deklarasi kemerdekaan mencapai ibu kota."

Perayaan[sunting | sunting sumber]

Sejak pemulihan kemerdekaan Estonia pada tahun 1991, sebuah tradisi baru telah ditetapkan yaitu parade oleh Angkatan Pertahanan Estonia, dengan parade pertama diadakan di Tallinn pada tahun 1993 menandai tahun berlian sejak peristiwa tahun 1918.

Parade dan resepsi diadakan pada tahun yang berbeda di kota yang berbeda; pada tahun 2014, dirayakan di Pärnu, dan pada tahun 2015 di Narva, dengan yang tahun ini menampilkan parade kontingen dari sesama negara-negara anggota NATO. Parade dan konser yang mendahului resepsi disiarkan secara langsung di televisi. Cakupan ini termasuk pidato oleh presiden. Penerimaan tamu, dimana presiden dan pasangannya berjabat tangan dengan peserta, lebih ironisnya prosesi ini disebut sebagai "Parade Penguin". Berbeda dengan resepsi oleh presiden yang selalu diselenggarakan pada tanggal 24 Februari, resepsi lokal serupa juga sering diadakan sebelumnya pada 23 Februari. Sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga lainnya kadang-kadang mengadakan acara ini lebih awal.

Sejak 2014, perayaan Hari Kemerdekaan menampilkan barisan obor di jalanan di Tallinn. Tradisi ini dimulai oleh gerakan pemuda nasionalis Kebangkitan Biru dan dimaksudkan untuk menghormati mereka yang telah gugur untuk bangsa Estonia dan menandakan bahwa pemuda Estonia tidak meninggalkan prinsip-prinsip nasionalis.[1] acara Ini terinspirasi oleh aksi serupa di Polandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]