Hari Kanker Sedunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Hari Kanker Sedunia
Nama lainWCD
Dirayakan olehAnggota PBB
KegiatanMeningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahannya
Tanggal4 Februari
Frekuensisetiap tahun

Hari Kanker Sedunia dirayakan setiap 4 Februari untuk meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. Hari Kanker Sedunia dibentuk oleh Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008. Tujuan utama dari Hari Kanker Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.[1]

Hari Kanker Sedunia menyasar informasi yang salah,[2] meningkatkan kesadaran, dan mengurangi stigma.[3] Berbagai inisiatif yang dijalankan pada Hari Kanker Sedunia untuk menunjukkan dukungan kepada orang-orang yang menderita kanker. Salah satu gerakan yang dimaksud adalah #NoHairSelfie, sebuah gerakan dimana partisipan mencukur rambut di kepala untuk menunjukkan simbol keberanian bagi pasien kanker yang sedang dalam proses pengobatan.[4] Foto partisipan dibagikan melalui media sosial. Beberapa kegiatan di tingkat lokal juga dibuat untuk mendukung gerakan ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "World Cancer Day 2013 One-Pager (English)". UICC. Diakses tanggal 2 Februari 2013. 
  2. ^ Szabo, Liz (3 February 2013). "World Cancer Day targets myths, spreads message". USA Today. Diakses tanggal 4 February 2016. 
  3. ^ Gander, Kashmira (4 February 2016). "World Cancer Day: Why is the disease still a taboo?". The Independent. Diakses tanggal 4 February 2016. 
  4. ^ Wheeler, Brad (27 January 2016). "Three international productions, including Scotland's The James Plays, to headline Luminato 2016". The Globe and Mail. Diakses tanggal 4 February 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]