Hardwell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hardwell
Hardwell in 2018
Informasi latar belakang
Nama lahirRobbert van de Corput
Lahir7 Januari 1988 (umur 36)
Breda, Brabant Utara, Belanda
Genre
Pekerjaan
  • DJ
  • Produser Rekaman
  • Remixer
Instrumen
Tahun aktif2002–present
Label
Artis terkait
Situs webdjhardwell.com

Robbert van de Corput (pelafalan dalam bahasa Belanda: [ˈrɔbərt fɑn ˈkɔrpʏt];[1] Lahir pada 7 Januari 1988), lebih dikenal sebagai Hardwell, dia adalah DJ Belanda, produser rekaman dan remixer dari Breda, Brabant Utara.[2] Hardwell terpilih menjadi DJ terbaik di majalah DJ Mag pada tahun 2013 dan kembali terpilih pada tahun 2014.[3] Dia menduduki peringkat 12 dalam Top 100 DJ 2019 oleh DJ Mag. Hardwell terkenal karena set-nya di festival musik, termasuk Ultra Music Festival, Sunburn and Tomorrowland.

Hardwell pertama kali mendapatkan pengakuan pada tahun 2009 untuk bootleg dari "Show Me Love vs. Be". Dia membuat label rekaman Revealed Recordings pada tahun 2010 dan acara radio, podcast Hardwell On Air pada tahun 2011. Dia telah merilis 8 album kompilasi dilabelnya, Serta film dokumenter. Album studio debutnya yang bernama, United We Are, dirilis pada tahun 2015.[4][5]

Pada 7 September 2018, Hardwell mengumumkan hiatusnya yang tidak terbatas dari tur, menyatakan bahwa ia ingin lebih fokus pada kehidupan pribadinya[6][7]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Nama samaran[sunting | sunting sumber]

Nama samaran Hardwell berasal dari gagasan ayahnya, yang menerjemahkan nama keluarganya menjadi bahasa Latin dan Inggris. "Cor" berarti "hati" dan "Put" berarti "baik". Namun, dia mengubah "heart (bahasa Inggris dari hati)" menjadi "hard".

Awal musik[sunting | sunting sumber]

Hardwell lahir pada tahun 1988 di Breda dan mulai mengorientasikan dirinya pada musik pada tahun-tahun awal. Pada usia 4 ia mengambil pelajaran piano untuk pertama kalinya dan menerima pelatihan di sebuah sekolah musik. Sudah pada usia dua belas tahun, ia menghasilkan lagu pertamanya di bidang elektro sementara ia awalnya aktif sebagai hip -hop-DJ. Melalui keikutsertaannya dalam berbagai kompetisi, ia menjadi nama besar dalam adegan DJ Breda dan memiliki kesempatan untuk membuktikan kemampuannya. Salah satu idolanya adalah DJ dan produser Tiësto, yang juga berasal dari Breda, dan melakukan lompatan ke adegan EDM bagian atas dengan cara yang sama.

Melalui perubahan hip-hop ke adegan underground, Hardwell memutuskan untuk mengubah genre-genrenya menjadi musik dansa elektronik komersial. Dia mulai memproduksi remix dan mengunggahnya di beberapa platform di Internet. Pada usia 14 duo produsen Jerman Klubbheads mendengarkannya dan menawarinya kontrak rekaman dengan "Digidance". Tiga minggu kemudian ia membuat rilis resmi pertama dengan "Bubbling Beats 1" 2-disk, dimana ia melakukan tur keliling Belanda dan meningkatkan penampilannya menjadi penampilan di klub-klub terkenal. Singel resmi pertamanya "Play It Around" keluar pada tahun 2006, dan menjadi hit besar di klub-klub Jerman. Single ini menampilkan kombinasi genre musik yang berbeda, yang populer pada saat itu dan "

Gaya Hardwell[sunting | sunting sumber]

dapat diklasifikasikan dalam sub genre yang berbeda dari musik electro house. Gaya yang dengannya ia memulai, ia menggambarkannya dipengaruhi oleh scene underground hip-hop. Antara tahun 2005 dan 2006, ia mengembangkan gayanya secara lebih komersial dan seiring waktu, produksinya semakin beragam berdasarkan gabungan Tech House dan Dirty German. Sekitar tahun 2008 lagu-lagunya menjadi lebih lambat dan lebih komersial. Secara paralel, ia bereksperimen dengan unsur-unsur dari genre lain. Selama waktu itu, dia datang dengan build-up, yang sangat mirip dengan genre big room yang telah muncul bertahun-tahun kemudian. Dengan dirilisnya Single "Feel So High" pada tahun 2009, dia menerbitkan sebuah lagu tech-house yang berhubungan dengan musik progressive house klasik, yang sekarat, terutama pada saat itu.

Pada awal tahun 2010 ia bergabung dengan genre EDM yang sedang tumbuh dan meningkatkan bakatnya di bidang produksi dengan single seperti "Move It 2 The Drum" atau "Asteroid". 2011 muncul single pertamanya yang sukses di bidang electro house dengan "Zero 76" dan "Encoded". Dengan "Spaceman", dia turut mendirikan adegan ruang besar pada tahun 2012 dan membangun dirinya secara permanen di subgenre ini. Satu tahun kemudian single "Apollo" dan "Never Say Goodbye", yang memberinya tempat dalam gaya rumah progresif modern. Pada tahun 2015 single-nya hanya bisa diklasifikasikan dalam dua area ini.

Hardwell (2013)[sunting | sunting sumber]

Di album studionya "United We Are", ia menggunakan trance-karakteristik musik trance untuk pertama kalinya untuk lagunya "Echo" dan juga suara Deep House untuk "Birds Fly". Secara keseluruhan dia mendapat umpan balik yang sangat positif untuk produksi tersebut. Selain itu, Bunglon mengikuti sebuah lagu dengan gaya Jungle-Terror, yang dilanjutkan dengan nomor W&W "Get Down". Untuk pertama kalinya sejak "Do not Stop the Madness", "Hollywood" mewujudkan sebuah lagu berkorespondensi dengan musik Dirty-German pada musim semi tahun 2016 bersamaan dengan produksi yang sebelumnya tidak dipublikasikan dengan KURA dari bagian musik Trap.

Mulai tahun 2015, sintesisnya semakin berorientasi pada sampel hardstyle. Kolaborasi Headhunterz-nya "Nothing Can Hold Us Down" diciptakan semata-mata berdasarkan suara hardstyle. Juga produksi solonya "Run Wild" dan "What We Need" mengandung banyak fitur dari genre ini. Dia juga mempresentasikan lagu "Wake Up Call" di Festival Daftar Tamu Terbesar di Mumbai, yang pada awalnya dicurigai sebagai kolaborasi yang telah lama ditunggu dengan Hardstyler Atmozfears, namun akhirnya dikonfirmasi oleh Hardwell sebagai produksi solo.

Sejak 2016 ia tidak hanya memainkan setetes keras sebagai final set, tapi dalam pertunjukan "I-Am-Hardwell" terakhir di Hockenheimring di Jerman, bahkan delapan gelar individual. Pada acara itu, dia menayangkan kolaborasinya dengan Atmozfears juga dan hampir tidak ada satu karakteristik dari gaya big room-nya. Ini juga merupakan kolaborasi dengan pendatang baru Hardstyle Dr. Phunk, yang dipresentasikan pada akhir tahun 2016. Dia beralih ke gaya baku dengan lagu itu. Singelnya "No Holding Back", merupakan gerakan pertamanya ke garasi Inggris. Lagu ini mewakili unsur-unsur adegan Deep and Tech House juga untuk pertama kalinya sejak ia merilis Funkerman-Collab-nya "Where Is Here Now".

Pada tanggal 7 Januari 2017, ia merilis lagu "Party till the Daylight", sebuah produksi dalam gaya Bass House, yang membuat Hardwell memulai debutnya dalam genre ini. Di Ultra Music Festival, ia menayangkan debut "Future Bass" dengan lagu "Creatures of the Night"

Peralatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2015 Hardwell masih diproduksi di rumah orang tuanya di Breda. Pada 20 Januari 2015, Hardwell pertama kali mempresentasikan studionya saat ini. Ini dirancang oleh perancang studio Jan Morel.

Di studio ia bekerja dengan Roland A-49 MIDI Keyboard Controller White, Crane Song Avocet Remote II, dan Solid State Logic XLogic G Series Compressor. "ReFX Nexus 2" adalah salah satu plugin favoritnya. Pada tanggal 11 Maret 2015 ia menerbitkan sebuah soundset untuk perangkat lunak penyintesis "Sylenth1"

Pada penampilannya, Hardwell kebanyakan terlihat dengan headphone Sennheiser HD 25 II. Menurut Penunggang Teknisnya, ia bekerja dengan Nexus Perintis DJM-800 atau mixer DJM-900 Nexus. Selain itu, set-upnya berisi empat CDJ perintis yang saling berhubungan

Informasi Pribadi[sunting | sunting sumber]

Ibunya Anneke dan ayahnya Cor van de Corput aktif dalam sebuah yayasan untuk DJ, yang mencoba melindungi artis dari konsekuensi kontrak dengan, antara lain, manajer dan label rekaman. Ayahnya juga mengomentari perbedaan Martin Garrix dengan "Spinnin 'Records": "Dia tidak menyadari bahwa dia bukan pemilik musiknya sendiri [...] Dia adalah contoh tipikal seorang anak laki-laki memasuki dunia musik., Berurusan dengan spesialis dan pada saat itu tidak menyadari konsekuensi dari penandatanganan kontrak. "

Di usia muda, ia aktif di berbagai bidang seni bela diri, termasuk Judo. Selanjutnya, pada tahun 2016 ia bisa saja didengar sebagai aktor suara dalam film animasi "The Secret Life of Pets". Di sana ia memberikan suaranya pada pelari kecil Mel. Sangat menentukan bahwa dia sendiri adalah pemilik seekor pesek bernama Jäger. Sejak tahun 2014 ia berada dalam hubungan permanen dengan manajer acara Belanda Yanicke Agnes. Mereka bertemu di sebuah bar di kampung halamannya di Breda pada tahun 201 3

  1. ^ In isolation, van is pronounced [vɑn].
  2. ^ "Biography - Hardwell". Djhardwell.com. HardwellOnAir.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-18. Diakses tanggal 4 August 2014. 
  3. ^ "HARDWELL WINS 2013 TOP 100 DJS POLL". Djmag.com. 19 October 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-10-20. Diakses tanggal 19 October 2013. 
  4. ^ "Hardwell on "Titan" d album release date". 10 October 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-10-18. Diakses tanggal 11 October 2014. 
  5. ^ "Hardwell - Top 100 Djs Interview". 18 October 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-11. Diakses tanggal 19 October 2014. 
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama djmag hiatus
  7. ^ Gable, About the Author / Jake (2018-09-07). "BREAKING: Hardwell announces retirement from live shows". We Rave You (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-07-08. Diakses tanggal 2019-07-08.