Lompat ke isi

Hans Lippershey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Hans Lipperhey (ca 1570– dimakamkan 29 September 1619), juga dikenal sebagai Johann Lippershey atau Lippershey, adalah seorang pembuat kacamata Jerman-Belanda. Ia umumnya dikaitkan dengan penemuan teleskop, karena ia adalah orang pertama yang mencoba mendapatkan paten untuk teleskop tersebut.[1] Namun, tidak jelas apakah dia orang pertama yang membuat teleskop.

Hans Lipperhey
Lahirca 1570
Wesel, Kadipaten Cleves, Kekaisaran Romawi Suci
MeninggalSeptember 1619 (umur 48–49)
Middelburg, Republik Belanda
KebangsaanJerman, Belanda
PekerjaanPenemu, Pembuat kacamata
Dikenal atasAplikasi paten yang paling awal diketahui untuk teleskop

Lipperhey lahir di Wesel, sekarang di Jerman bagian barat, sekitar tahun 1570. Ia menetap di Middelburg, ibu kota provinsi Zeeland, sekarang di Belanda, pada tahun 1594, menikah pada tahun yang sama dan menjadi warga negara Zeeland pada tahun 1602. Selama itu Saat itu ia menjadi ahli penggiling lensa dan pembuat kacamata serta mendirikan toko. Dia tinggal di Middelburg sampai kematiannya, pada bulan September 1619.

Penemuan teleskop

[sunting | sunting sumber]

Hans Lipperhey dikenal karena catatan tertulis paling awal tentang teleskop pembiasan, paten yang diajukannya pada tahun 1608.[2][3] Karyanya dengan perangkat optik tumbuh dari pekerjaannya sebagai pembuat kacamata,[4] sebuah industri yang dimulai di Venesia dan Florence pada abad ketiga belas,[5] dan kemudian berkembang ke Belanda dan Jerman.[6]

Lipperhey mengajukan permohonan kepada Jenderal Negara Belanda pada tanggal 2 Oktober 1608 untuk mendapatkan paten atas instrumennya "untuk melihat benda-benda yang jauh seolah-olah berada di dekatnya",[7] beberapa minggu sebelum paten pembuat instrumen Belanda lainnya, yaitu Jacob Metius. Lipperhey gagal menerima paten karena klaim penemuan yang sama juga dibuat oleh pembuat kacamata lainnya,[8][9] namun ia mendapat imbalan yang besar dari pemerintah Belanda atas salinan desainnya.

Permohonan paten Lipperhey disebutkan di akhir laporan diplomatik tentang kedutaan besar Kerajaan Siam ke Belanda yang dikirim oleh raja Siam Ekathotsarot: Ambassades du Roy de Siam envoyé à l'Excellence du Prince Maurice, arrivé à La Haye le 10 September 1608 (Kedutaan Besar Raja Siam dikirim ke Yang Mulia Pangeran Maurice, tiba di Den Haag pada 10 September 1608). Laporan ini diterbitkan pada bulan Oktober 1608 dan didistribusikan ke seluruh Eropa, yang mengarah pada eksperimen oleh ilmuwan lain, seperti Paolo Sarpi dari Italia, yang menerima laporan tersebut pada bulan November, Thomas Harriot dari Inggris, yang menggunakan teleskop bertenaga enam pada musim panas. 1609, dan Galileo Galilei, yang menyempurnakan perangkat tersebut.[10]

Ada banyak cerita tentang bagaimana Lipperhey menemukan penemuannya. Salah satu versi Lipperhey mengamati dua anak bermain dengan lensa di tokonya dan berkomentar bagaimana mereka dapat membuat baling-baling cuaca yang jauh tampak lebih dekat ketika melihatnya melalui dua lensa. Cerita lain menyebutkan bahwa murid Lipperhey yang mengemukakan ide tersebut atau Lipperhey meniru penemuan orang lain.[11] Instrumen asli Lipperhey terdiri dari dua lensa cembung dengan bayangan terbalik atau lensa objektif cembung dan lensa mata cekung sehingga memiliki bayangan tegak. "Kaca perspektif Belanda" ini (nama "teleskop" baru ditemukan tiga tahun kemudian oleh Giovanni Demisiani) memiliki perbesaran tiga kali (atau 3X).

Kawah bulan Lippershey, planet kecil 31338 Lipperhey, dan planet ekstrasurya Lipperhey (55 Cancri d) dinamai menurut namanya.

Pengucapan

[sunting | sunting sumber]

Dalam pengucapan bahasa Inggris, huruf 'sh' dibaca sebagai fonem tunggal, sibilant [ʃ], sehingga menghasilkan /ˈlɪpərʃ/. Dalam terjemahan bahasa Inggris dari tahun 1831, kesalahan ejaan "Lippershey" (dengan "s"), digunakan. Pengucapan bahasa Jermannya adalah [ˈlɪpɐr.haɪ], sedangkan pengucapan bahasa Belanda lebih mirip dengan [ ˈlɪpər.ɦɛi ].

  1. ^ Henry C. King (Januari 2003). The History of the Telescope. Courier Corporation. hlm. 30. ISBN 9780486432656. 
  2. ^ Henry C. King (Januari 2003). The History of the Telescope. Courier Corporation. hlm. 30. ISBN 9780486432656. 
  3. ^ Brian Clegg (26 Desember 2007). Light Years: An Exploration of Mankind's Enduring Fascination with Light. Palgrave Macmillan. ISBN 9780230553866. 
  4. ^ Fred Watson (2007). Stargazer. Allen & Unwin. hlm. 55. ISBN 9781741763928. 
  5. ^ Al Van Helden. "The Galileo Project > Science > The Telescope". galileo.rice.edu. The Hague discussed the patent applications first of Hans Lipperhey of Middelburg, and then of Jacob Metius of Alkmaar... another citizen of Middelburg, Zacharias Janssen had a telescope at about the same time but was at the Frankfurt Fair where he tried to sell it. 
  6. ^ Henry C. King (Januari 2003). The History of the Telescope. Courier Corporation. hlm. 27. ISBN 9780486432656. (spectacles) invention, an important step in the history of the telescope 
  7. ^ "Osservatorio Astronomico di Bologna - TELESCOPES". The request however was turned down, also because other spectacle-makers had made similar claims at the same time. 
  8. ^ "Osservatorio Astronomico di Bologna - TELESCOPES". The request however was turned down, also because other spectacle-makers had made similar claims at the same time. 
  9. ^ Al Van Helden. "The Galileo Project > Science > The Telescope". galileo.rice.edu. The Hague discussed the patent applications first of Hans Lipperhey of Middelburg, and then of Jacob Metius of Alkmaar... another citizen of Middelburg, Zacharias Janssen had a telescope at about the same time but was at the Frankfurt Fair where he tried to sell it. 
  10. ^ Van Helden 1977; Van Helden 1985, Drake 1978
  11. ^ Clifford D. Conner (8 November 2005). A people's history of science: miners, midwives, and "low mechanicks. PublicAffairs. ISBN 9781560257486. 

Referensi

[sunting | sunting sumber]

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]