Hana-Kimi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Hana-kimi)
Hana-Kimi
Hana-Kimi volume 8 yang dipublikasikan oleh Viz Media, menampilkan: (dari atas) Hokuto Umeda, Shuichi Nakatsu, Minami Nanba, dan Izumi Sano
花ざかりの君たちへ
(Hanazakari no Kimitachi e)
GenreRomantis, Komedi
Manga
PengarangHisaya Nakajo
PenerbitHakusensha
Penerbit bahasa InggrisViz Media
MajalahHana to Yume
DemografiShōjo
Terbit20 September 199620 Agustus 2004
Volume23
Drama televisi
Hua Yang Shao Nian Shao Nu
Hanzi: 花樣少年少女
SutradaraMingtai Wang (王明台)
SkenarioQi Xi Lin
Saluran
asli
Chinese Television System (CTS)
Tayang 19 November 2006 4 Maret 2007
Episode15
Drama televisi
Cinderella Boy
Saluran
asli
SCTV
Tayang 16 April 2007 2007
Episode10
Drama televisi
Hanazakari no Kimitachi e
SutradaraMatsuda Hidetemo, Tsuzuki Junichi, Sato Genta
SkenarioMuto Shogo
Yamaura Masahiro (Ep. 8 & 10)
Saluran
asli
Fuji TV
Tayang 3 Juli 2007 18 September 2007
Episode12
Drama televisi
Hanazakari no Kimitachi e ~Ikemen Paradise~ 2011
SutradaraHidetomo Matsuda
Saluran
asli
Fuji TV
Tayang 10 Juli 2011 19 September 2011
Episode11
Drama televisi
To The Beautiful You
Korea:아름다운 그대에게
SutradaraJun Ki-sang
SkenarioLee Young-chul
Saluran
asli
SBS
Tayang 15 Agustus 2012 4 Oktober 2012
Episode16
 Portal anime dan manga

Hana-Kimi atau yang berjudul lengkap Hanazakari no Kimitachi e (花ざかりの君たちへ, For You in Full Blossom) adalah sebuah manga shoujo Jepang yang ditulis oleh Hisaya Nakajo. Manga ini diserialisasikan di Jepang di majalah shoujo semi-bulanan Hakusensha, Hana to Yume. Serial manga ini telah berakhir pada tanggal 23 Agustus 2004 pada volume 23 di Jepang.

Hana-Kimi dipublikasikan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media dengan volume akhir dirilis di United States pada bulan April 2008.

Cerita manga ini berfokus pada Mizuki Ashiya, seorang gadis Jepang yang tinggal di United States. Pada suatu hari ia melihat sebuah pertandingan lompat tinggi di salah satu stasiun TV dan mengagumi salah satu pesertanya, Izumi Sano. Ia mulai mengidolakannya dan bahkan rela pergi ke Jepang agar bisa satu sekolah dengannya. Namun, ternyata sekolah yang dimasuki Izumi adalah sebuah sekolah pria. Agar bisa memasuki sekolah pria tersebut, Mizuki pun harus menyamar menjadi seorang pria.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Mizuki Ashiya, seorang gadis Jepang yang tinggal di United States pada suatu hari menonton sebuah program yang menampilkan seorang atlet lompat tinggi yang sangat hebat bernama Izumi Sano. Ia mulai mengaguminya dan mengikuti karier atlitnya. Setelah bertahun-tahun melakukan pencarian, ia akhirnya mengetahui bahwa Izumi bersekolah di SMA Osaka. Namun, sekolah tersebut adalah sebuah sekolah pria dan Mizuki pun merayu orang tuanya agar mengirimnya ke Jepang sendirian.

Tanpa mengetahui bahwa putri mereka akan memasuki sekolah pria, orang tuanya membiarkannya pergi. Untuk memasuki sekolah tersebut, Mizuki harus memotong rambut panjangnya, mengaku sebagai seorang pria, dan mencoba melakukan yang terbaik untuk memberikan harapan pada Izumi setelah mendengar bahwa ia tidak lagi menjadi atlet lompat tinggi. Pada suatu hari, sebuah insiden menimpanya yang membuat identitasnya sebagai wanita terungkap kepada Hokuto Umeda, sang dokter sekolah, dan Izumi Sano. Izumi berpura-pura bahwa ia tidak tahu jenis kelamin Mizuki yang sebenarnya dan mencoba membantunya untuk menyembunyikan rahasianya. Namun hal itu tidak mudah. Banyak kejadian terjadi yang pada akhirnya membuat identitas Mizuki terungkap.

Latar[sunting | sunting sumber]

Ōsaka Gakuen (桜咲学園, Akademi Ohsaka), seperti yang tertulis dalam gerbang sekolah dalam adaptasi drama Jepang, Osaka Gakuen adalah sekolah khusus pria dan merupakan latar kisah ini. Sekolah saudaranya adalah St. Blossoms yang merupakan sekolah khusus wanita.

Tiga tingkatan level dipisah dalam tiga kelas. Kesembilan kelas ini dipisah menjadi tiga asrama, karena rumah sebagian besar siswa tidak dekat dengan sekolah. Budaya dalam asrama-asrama tersebut pun sangat berbeda.

Kebanyakan yang tinggal dalam asrama satu adalah atlet-atlet yang diterima dalam SMA Osaka melalui jalur beasiswa olahraga. Kepala asrama satu adalah Tennouji. Sedangkan, kepala asrama dua adalah Minami Nanba. Asrama ini merupakan campuran antara atlet dan anak beasiswa yang terdiri dari beasiswa olahraga dan beasiswa akademis. Asrama tiga terdiri atas orang-orang yang pandai dalam bidang artistik dan diketuai oleh Masao Himejima. Persaingan asrama-asrama tersebut sering terjadi, salah satunya dalam festival sekolah.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Mizuki Ashiya (芦屋 瑞稀, Ashiya Mizuki)

Pengisi suara: Hōko Kuwashima (CD Drama)

Mizuki Ashiya adalah tokoh utama wanita dalam kisah ini. Ia mulai mengidolakan Izumi Sano setelah melihatnya melakukan lompat tinggi di TV. Ia berpura-pura menjadi seorang pria di sekolah Izumi, SMA Osaka, agar dapat lebih dekat dengan Izumi. Ia adalah orang yang ceria, optimis dan sangat peduli pada keluarga dan teman-temannya. Namun, dibalik hatinya yang baik, ia adalah seorang gadis yang bodoh sehingga Izumi harus membantunya untuk menjaga rahasianya. Ia memiliki seorang kakak laki-laki yang pernah datang ke Jepang dengan tujuan untuk membawanya pulang, tetapi ia memaksa tidak ingin pulang dan ingin tetap di Jepang. Dijelaskan di manga bahwa ke-protektifan kakaknya padanya disebabkan oleh sikapnya yang jujur dan polos, dan tidak dapat menyembunyikan emosinya.

Mizuki Ashiya diperankan oleh Maki Horikita dalam adaptasi drama Jepangnya, Ella Chen dalam adaptasi drama Taiwannya, dan Sulli Choi dalam adaptasi drama Koreanya.

Izumi Sano (佐野 泉, Sano Izumi)

Pengisi suara: Atsushi Kisaichi (CD Drama)

Izumi Sano adalah tokoh utama pria dalam kisah ini. Ia adalah seorang atlet lompat tinggi yang sangat hebat sebelum memasuki SMA. Ia berhenti menjadi atlet ketika memasuki SMA karena alasan pribadi. Ia mengetahui identitas Mizuki yang sebenarnya karena sebuah kejadian di awal cerita. Pada saat ia masih kecil, orang tuanya mengalami kecelakaan mobil dan ibunya tewas, menimbulkan luka yang dalam di hati keluarganya. Izumi kabur dari rumah karena berselisih pendapat dengan ayahnya, tetapi mereka berdamai pada akhirnya.

Izumi Sano diperankan oleh Shun Oguri dalam adaptasi drama Jepangnya, Chun Wu dalam adaptasi drama Taiwannya, dan Choi Minho dalam adaptasi drama Koreanya.

Shuichi Nakatsu (中津 秀一, Nakatsu Shūichi)

Pengisi suara: Shōtarō Morikubo (CD Drama)

Shuichi adalah salah satu siswa yang tinggal di asrama dua bersama dengan Mizuki dan Izumi. Ia menyukai Mizuki namun ia tidak tahu bahwa Mizuki adalah seorang wanita, membuat beberapa orang teman sekelasnya mengira bahwa ia adalah seorang homosexual. Namun, diceritakan bahwa ia menyadari sisi feminim Mizuki yang sulit disembunyikan. Ketika Shuichi mengetahui perasaan Izumi pada Mizuki, ia memberi mereka restu untuk tetap menjaga hubungan persahabatannya dengan Izumi dan membiarkan Mizuki bahagia dengan orang yang ia cintai.

Shuichi Nakatsu diperankan oleh Toma Ikuta dalam adaptasi drama Jepangnya, Jiro Wang dalam adaptasi drama Taiwannya, dan Lee Hyun-woo dalam adaptasi drama Koreanya.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Serial manga pertamanya pertama kali diserialisasikan dalam majalah shoujo semi-bulanan Hakusensha, Hana to Yume pada tahun 1996. Serialisasi tersebut terus berlanjut hingga manga ini berakhir di episode 23 dengan 144 chapter termasuk 5 chapter spesial yang dipublish saat manga ini diserialisasikan dan 5 chapter spesial lainnya yang dipublish saat manga ini telah berakhir.

Ke-23 chapter manga ini pertama kali dipublish di bawah Hana to Yume Comics.[1][2] Kemudian di publish ulang menjadi 12 volume aizōban di bawah Hana to Yume Comics Special.[3] Setiap volume menampilkan sebuah cover ilustrasi baru dan di desain seperti halaman berwarna.[3]

Hana-Kimi juga dipublish dalam Bahasa Inggris oleh Viz Media.[4] Pada awalnya rilisan berbahasa Inggris tersebut hanya terbatas untuk Waldenbooks dari bulan Februari hingga Mei 2004. Kemudian, itu tersedia untuk toko eceran setelah bulan Mei tahun itu.[5] Judul bahasa Inggrisnya merupakan hasil perpendekan penggemar dari judul Jepangnya, sementara terjemahan resmi U.S. mengakhiri judulnya dengan he bukannya e.

Buku[sunting | sunting sumber]

Sebuah buku koleksi ilustrasi berjudul Hanazakari no Kimitachi e – Nakajō Hisaya Kakushu (花ざかりの君たちへ―中条比紗也画集) dirilis pada tanggal 19 Mei 2004.[6] 11 hari kemudian pada tanggal 30 Mei 2004, sebuah buku karakter berjudul Hanazakari no Kimitachi e – Nakajō Hisaya Kyarakutā Bukku (花ざかりの君たちへ―中条比紗也キャラクターブック, For You in Full Blossom – Hisaya Nakajo Character Book).[7] Buku koleksi ilustrasi tersebut juga dilisensikan dalam bahasa Inggris oleh Viz Media dengan judul The Art of Hana-Kimi.[8] Itu dirilis pada tanggal 21 November 2006.[9]

Pada tanggal 20 Agustus 2009, sebuah manga antologi dipubliskasikan sebagai tribut dan dirilis di bawahHana to Yume Comics Special. Itu berjudul Hanazakari no Kimitachi e Tribute – 35th Anniversary Hana to Yume Memorial (花ざかりの君たちへトリビュ-ト ― 35周年花とゆめメモリアル) dan digambar oleh banyak mangaka berbeda termasuk Satoshi Morie, bergabung dengan majalah di mana Hana-Kimi diserialisasikan. Covernya merupakan ilustrasi dari pengarang aslinya sendiri.[10]

CD Drama[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa CD Drama yang dirilis untuk serial ini. Hanya 2 yang dirilis secara komersial oleh Hakusensha dan Marine Entertainment. CD Drama pertama dirilis pada tanggal 26 April 2000.[11] CD Drama kedua yang berjudul Hanazakari no Kimitachi e II (花ざかりの君たちへ II) dirilis pada tangga 23 Agustus 2002.[12]

Drama live-action[sunting | sunting sumber]

Hana Kimi telah diadaptasi menjadi beberapa drama:

Serial Taiwan lainnya, Secretly Loving You, juga memiliki kemiripan dengan manga ini. Alurnya diubah, tetapi garis besarnya tetap sama yaitu seorang gadis yang berpura-pura menjadi pria untuk masuk ke sekolah pria tempat idolanya bersekolah. Serial ini ditayangkan pada tahun 2002 dengan total 30 episode.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Ke-23 volume manga ini telah terjual lebih dari 17 juta copy di Jepang.[13] Versi bahasa Inggris volume 6 manga ini berhasil menempati tempat ke-9 tangga buku cetakan, lalu 6 bulan kemudian, volume 9 manga ini berhasil menjadi novel grafis dengan penjualan terbaik ke-5 di Amerika Selatan.[14][15] Volume 1 dan 2 manga ini dinominasikan di bawah kategori Novel Grafis dalam The Quills Awards tahun 2005.[16] Manga ini berhasil menempati tempat ketiga untuk Top Shōjo Manga di Singapore pada bulan Februari 2007.[17] Berdasarkan Tohan, aizōban volume ke-11 dan 12 menempati tempat keenam untuk tangga mingguan tanggal 12 September 2007.[18]

Versi bahasa Inggris volume ke-17 berhasil menempati tempat ke-8 di daftar Publishers Weekly Comics Bestseller.[19] Volume ke-23 Hana-Kimi dirilis oleh Viz Media pada tanggal 1 April 2008 dan berhasil menempati tempat ke-8 ranking Top 20 Graphic Novels bulanan untuk periode tanggal 31 Maret 2008 hingga 27 April 2008.[20]

Manga ini berhasil menempati tempat ke-5 setelah manga Death Note dalam ranking manga paling banyak dibaca pada tahun 2007.[21] Manga ini berhasil menempati tempat ke-38 dalam Top 300 serial Matt Blind pada tahun 2008.[22] Manga ini kemudian terpilih sebagai salah satu serial untuk Komik Bagus School Library Journal untuk Lomba Membaca Anak Musim Panas pada tahun 2009.[23][24]

Maria Lin berkata bahwa biasanya ia tidak menyukai karakter protagonis wanita dalam manga-manga, tetapi ia memuji Mizuki yang menjadi pengecualian baginya, mengkredit ia dengan mengangkat manganya di atas lainnya "manga pria cantik", menikmati sikap "tidak pernah menyerahnya". Sementara Lin menikmati gaya seninya, ia menemukan desain karakter laki-laki pada waktu generik.[25] Shenna McNeil merasa bahwa idenya "dangkal", tetapi setelah membacanya, ia merasa bahwa dirinya "terjebak dalam cerita". McNeil memuji seninya, berkata bahwa itu penting dalam sebuah cerita, menikmati desain karakternya yang "cantik", tetapi menghargai estetika yang ketat untuk humornya.[26]

Liann Cooper merasa bahwa Hana-Kimi adalah salah satu manga shoujo terpenting Viz, karena ceritanya yang mengabungkan humor, kecemasan, dan seni, tetapi mengkritik desain covernya.[27]

Kat Avila, karena karakter prianya yang lucu dan menarik di volume 4, berkata bahwa ia lebih menikmati Hana Kimi dibanding Girl Got Game.[28]

Pada volume 4 dan 5, sang penulis telah meningkatkan tokohnya, tetapi Maria Lin merasa bahwa alurnya masih jelas meskipun begitu.[29]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "s-book.net Library Service – 花ざかりの君たちへ 1–20" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  2. ^ "s-book.net Library Service – 花ざかりの君たちへ 21–23" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 30 Oktober 2009. 
  3. ^ a b "s-book.net Library Service – 愛蔵版 花ざかりの君たちへ" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  4. ^ "Viz picks up Angel Sanctuary, Hana-Kimi". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-19. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  5. ^ "Waldenbooks Scores Hana-Kimi Exclusive". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-11-04. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  6. ^ "紀伊國屋書店BookWeb: 花ざかりの君たちへ―中条比紗也画集" (dalam bahasa Jepang). Kinokuniya. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-14. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  7. ^ "紀伊國屋書店BookWeb: 花ざかりの君たちへ―中条比紗也キャラクターブック" (dalam bahasa Jepang). Kinokuniya. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-14. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  8. ^ "Viz to Publish Art Books for 2006 Holiday Season". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-24. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  9. ^ "Viz Media – Products: The Art of Hana-Kimi". Viz Media. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-09. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  10. ^ "s-book.net Library Service – 花とゆ0 メモリアル 花ざかりの君たちへトリビュート" (dalam bahasa Jepang). s-book.net/Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-02-25. Diakses tanggal 1 November 2009. 
  11. ^ "Marine CD Database – HCD 花ざかりの君たちへ" (dalam bahasa Jepang). Marine Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-10-27. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  12. ^ "花ざかりの君たちへ II" (dalam bahasa Jepang). Hakusensha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-02-24. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  13. ^ "S. California's UTB TV Airs 2nd Live-Action Hana-Kimi Show". Anime News Network. 8 Oktober 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-09-24. Diakses tanggal 25 April 2014. 
  14. ^ "Fruits Baskets Stays on Top of Bookscan". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-01-24. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  15. ^ "Viz Takes Ownership of top 10 Manga". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-01-02. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  16. ^ Rorke, Robert (18 Juli 2005). "And the Nominees Are..." Publishers Weekly. Vol. 252 no. 28. Diakses tanggal 4 Desember 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.
  17. ^ "Top Shonen and Shojo Manga in Singapore". ComiPress. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-05. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  18. ^ "Weekly Japan Manga Rankings (9/12/2007)". ComiPress. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-02-02. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  19. ^ "Comics Bestsellers – April 2007". Publishers Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-06-14. Diakses tanggal 27 Oktober 2009. 
  20. ^ "BookScan's Top 20 Graphic Novels for April". ICv2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-29. Diakses tanggal 27 Oktober 2009. 
  21. ^ "2007年に最も全巻読破されたのは「ドラゴンボール」、完全版も2位に。" (dalam bahasa Jepang). Narinari. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-19. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  22. ^ "2008: Top 300 Series of 2008". ComiPress. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-11-20. Diakses tanggal 31 Oktober 2009. 
  23. ^ "Comics Briefly". PublishersWeekly.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-06-30. Diakses tanggal 28 April 2015. 
  24. ^ Keller, Esther (2 Juli 2009). "GC4K Summer Reading Challenge 2009". School Library Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-12-04. Diakses tanggal 28 April 2015. 
  25. ^ Lin, Maria (Mei 2004). "Hana-Kimi: For You in Full Blossom". Animefringe. Vol. 5 no. 5. hlm. 14. Diakses tanggal 4 Desember 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.
  26. ^ McNeil, Sheena (June 1, 2004). "Hana-Kimi (For You in Full Blossom) Vol. 1". Sequential Tart. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-03-10. Diakses tanggal 4 Desember 2011. 
  27. ^ Cooper, Liann (20 Mei 2004). "Page Turners – Right Turn Only!!". Anime News Network. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-12-06. Diakses tanggal 4 Desember 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.
  28. ^ Avila, Kat (1 Februari 2005). "Hana-Kimi (For You in Full Blossom) Vol. 4". Sequential Tart. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-08-11. Diakses tanggal 4 Desember 2011. 
  29. ^ Crocker, Janet; Hsu, Susan; Lin, Maria; Luscik, Joe (Juni 2005). "Manga Shorts". Animefringe. Vol. 6 no. 6. hlm. 30. Diakses tanggal 4 Desember 2011.  Kueri Wayback Bibalex Wayback WebCite Wikiwix.

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]