Halászbástya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Salah satu dari tujuh menara di Halászbástya.

Halászbástya pengucapan bahasa Hongaria: [ˈhɒlaːzbaːʃcɒ] atau "Kubu Pertahanan Nelayan" adalah sebuah teras bergaya Neo-Goth dan Neo-Romanesque yang terletak di atas Bukit Kastil Buda di Budapest, ibu kota Hongaria. Bangunan ini terletak di sekitar Gereja Mátyás. Halászbástya dibangun dari tahun 1895 hingga 1902 berdasarkan rancangan Frigyes Schulek. Pembangunan teras ini telah mendestabilisasi fondasi Gereja Dominikan dari abad ke-13 yang terletak di sebelahnya, sehingga gereja ini harus diruntuhkan.[1] Dari tahun 1947–48, putra Frigyes Schulek yang bernama János Schulek melancarkan proyek restorasi setelah bangunan ini hampir hancur akibat Perang Dunia II.

Tujuh menara di Halászbástya melambangkan tujuh suku Magyar yang menetap di Cekungan Karpatia pada tahun 895. Dari Halászbástya, pengunjung dapat menikmati pemandangan Sungai Donau, Pulau Margaret, Pest, dan Bukit Gellért.

Bangunan ini diberi nama "Nelayan" karena tembok kastil Buda dilindungi oleh perkumpulan nelayan, walaupun ada pula pendapat bahwa namanya berasal dari bagian kota yang terletak di bawah menaranya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of Fisherman's Bastion - Buda Castle, Budapest". fishermansbastion.com. 
  2. ^ Administrator. "The Castle district". www.lovelybudapest.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°30′6″N 19°2′6″E / 47.50167°N 19.03500°E / 47.50167; 19.03500