Gereja Mathias

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Gereja Mathias

Gereja Mathias (bahasa Hongaria: Mátyás-templom) adalah sebuah gereja yang terletak di kota Budapest, Hongaria. Menurut tradisi gereja, awalnya dibangun dalam gaya Romawi di 1015, meskipun tidak ada peninggalan arkeologis ada. Bangunan saat ini dibangun di akhir kemerahan gaya Gotik di paruh kedua abad ke-14 dan secara luas dikembalikan pada akhir abad ke-19. Ini adalah gereja terbesar kedua pada abad pertengahan Buda dan gereja terbesar ketujuh pada abad pertengahan Kerajaan Hongaria.

Selama Perang Dunia II gereja rusak parah. Gereja Mathias digunakan sebagai kamp oleh Jerman dan Soviet pada 1944-1945 selama pendudukan Soviet Hongaria. Gereja itu sebagian besar direnovasi antara 1950-1970 dengan dana dari pemerintah Hongaria. Menara lonceng dipulihkan, bersama dengan renovasi cat interior dan lukisan dinding. Organ lima manual, yang telah hancur selama perang, telah diperbarui dan dikuduskan pada tahun 1984.

Gereja ini adalah rumah bagi museum seni Gerejawi yang dimulai di ruang bawah tanah abad pertengahan dan mengarah ke St Stephen Chapel. Galeri ini berisi sejumlah relik suci dan ukiran batu abad pertengahan, bersama dengan replika mahkota dan penobatan perhiasan kerajaan Hongaria.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]