Höchstädt an der Donau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Höchstädt an der Donau
Lambang kebesaran Höchstädt an der Donau
Letak Höchstädt an der Donau
NegaraJerman
BagianBayern
WilayahSchwaben
KreisDillingen
Pemerintahan
 • MayorHildegard Wanner
Luas
 • Total37,45 km2 (1,446 sq mi)
Ketinggian
416 m (1,365 ft)
Populasi
 (2013-12-31)[1]
 • Total6.565
 • Kepadatan1,8/km2 (4,5/sq mi)
Zona waktuWET/WMPET (UTC+1/+2)
Kode pos
89420
Kode area telepon09074
Pelat kendaraanDLG
Situs webwww.hoechstaedt.de
Diorama Pertempuran Blenheim di Museum Höchstädt. Di bagian depan ditampakkan pertempuran sengit di dan sekitar Blindheim.

Höchstädt an der Donau (resmi: Höchstädt a.d.Donau) adalah kota di Dillingen an der Donau, Bayern, Jerman. Kota ini berada dekat bantaran Donau.

Pada abad ke-15 dan 16, keluarga pedagang Höchstetter yang berasal dari kota ini turut bagian dalam dunia perdagangan Augsburg.

Pada abad ke-18, terjadi 2 kali pertempuran di kota ini. Yang pertama adalah Pertempuran Höchstädt pada tanggal 20 September 1703 yang menelan korban 5000 orang. Setahun kemudian, Pertempuran Höchstädt Kedua, antara pasukan gabungan Austria-Britania Raya melawan Bayern-Prancis, pecah.

Pembunuhan dalam perang itu terjadi begitu mengerikan (lebih dari 20.000 prajurit gugur). Konon, sampai sekarang petani masih bisa menemukan tengkorak mereka yang gugur bila mencangkul ladang, seperti yang digambarkan dalam syair After Blenheim, ditulis oleh Robert Southey, yang mengatakan tentang anak-anak yang menemukan tengkorak salah satu dari sekian ribu jiwa, katanya, terbunuh dalam kemenangan akbar itu.

Pada tahun 1800, kembali Höchstädt a.d.Donau menjadi saksi pertempuran yang terjadi antara Prancis melawan Kekaisaran Romawi Suci.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Fortschreibung des Bevölkerungsstandes". Bayerisches Landesamt für Statistik und Datenverarbeitung (dalam bahasa German). 31 December 2013.