Guy de Montfort-Castres

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Guy de Montfort († 31 Januari 1228) merupakan putra yang lebih muda Simon III de Montfort dan Amicia, saudari Robert FitzPernel, Earl Leicester.

Perang Salib[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1189 ia mengambil bagian dalam Perang Salib Ketiga, dan mungkin tetap berada di Tanah Suci sampai 1192, ketika Richard I pulang ke rumah. Pada tahun 1200 atau 1201 Guy bertindak dengan kakandanya Simon. Pada tahun 1202 ia memegang kepemilikan lord Ferté-Alais, Castres-en-Albigeois, dan Brétencourt. Pada tahun itu ia dan saudaranya Simon pergi ke Perang Salib Keempat, tetapi mereka tidak setuju dengan Pengepungan Zara (serangan terhadap kota Kristen), dan menolak untuk mengambil bagian dalam rencana untuk mengembalikan Kaisar Bizantium Isaakius II Angelus dengan imbalan uang Bizantium dan pasukan.

Mereka pergi ke Imre, Raja Hongaria, dan akhirnya keduanya melanjutkan ke Palestina. Setelah tiba di Jaffa, mereka mengambil bagian dalam ekspedisi ke Yerusalem oleh Raja Amaury II ke Galilea. Amaury menghargai layanan Guy dengan mengatur pernikahannya dengan la dame de Saete (Lady Sagette), Helvis d'Ibelin, janda Renaud, Lord Sidon (yang oleh orang Prancis disebut Saete/Sagette). Dia bertindak sebagai wali penguasa Sidon atas nama putra tirinya yang bocah Balian hingga tahun 1210, mungkin ketika Balian dewasa. Guy kemudian membantu pada penobatan Jean dari Brienne sebagai Raja Yerusalem tahun itu.

Perang Salib Albigensian[sunting | sunting sumber]

Guy kemudian kembali ke rumah dan mengambil bagian dalam Perang Salib Albigensian yang dipimpin oleh saudaranya, Simon IV de Montfort. Pada tahun 1212 mereka memimpin pengepungan yang gagal melawan Montségur, dan pada tahun 1213 mereka berpartisipasi dalam Pertempuran Muret. Mereka juga mengepung Beaucaire pada tahun 1216. Simon membantu Guy, yang terluka oleh baut panah, di Pengepungan Toulouse pada tanggal 25 Juni 1218 ketika kepalanya dipukul oleh batu dari mangonel dan terbunuh. Kematian Simon dan ketidakmampuan putranya Amaury VI de Montfort menguatkan para lord Albigensian.

Pada tahun 1224 Amaury menyerahkan seluruh wilayahnya kepada Louis VIII dari Prancis, yang segera tiba untuk mempertaruhkan klaimnya. Guy membantunya di Pengepungan Avignon, setelah itu Louis meninggal dalam perjalanan pulang. Kemudian di Perang Salib, Guy sendiri tewas dalam pertempuran di Varilhes dekat Pamiers pada tahun 1228.[1] Dia dibawa ke biara Haute-Bruyere untuk dimakamkan dan wartamerta di sana mencatat conte Gui de Sagette (comte Guy dari Sidon).

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Dengan istri pertamanya, Helvis d'Ibelin dia memiliki keturunan sebagai berikut:

  • Philippe, yang tinggal di Tanah Suci dan menjadi Lord Tirus.
  • Pernelle, yang menjadi biarawati di biara Saint-Antoine-des Champs di Paris.

Suatu hari pada tahun 1224 Guy menikah lagi dengan Briende de Beynes, janda Lambert de Thury, Lord Lombers.

Dengan Briende dia memiliki keturunan sebagai berikut:

  • Alicia, menjadi biarawati di Port-Royal
  • Agnes, menjadi biarawati di Port-Royal
  • Guy II dari Montfort, meninggal pada perang salib pada tahun 1254.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Encyclopædia Britannica:, Vol.18, Ed. Hugh Chisholm, (1911), 781.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • The Encyclopædia Britannica:, Vol.18, Ed. Hugh Chisholm, 1911.

Sumber[sunting | sunting sumber]