Robert IV de Beaumont

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Robert de Beaumont, Earl Keempat Leicester († skt. 21 Oktober 1204) merupakan seorang bangsawan Inggris, earl Leicester dari Beaumont yang terakhir. Dia terkadang dikenal sebagai Robert FitzPernel.

Robert adalah putra tertua yang masih hidup dari Robert de Beaumont, Earl Ketiga Leicester dan Petronilla de Grandmesnil, yang entah cucu atau cicit Hugues de Grandmesnil. Sebagai seorang pemuda, ia menemani Raja Richard I pada Perang Salib Ketiga, dan ketika pasukan Perang Salib beristirahat di Messina, Sisilia bahwa Robert diinvestasikan dengan Earldom Leicester pada awal tahun 1191. (Ayahandanya telah meninggal dalam perjalanannya ke Tanah Suci pada tahun 1190.)

Wilayah Robert yang baru dibangun mencakup sebagian besar pusat Normandie. Dia mengadakan istana di Pacy, Pont-Saint-Pierre dan Grandmesnil. Earl Robert juga adalah penguasa kehormatan Breteuil, tetapi istana keluarga di sana telah dibongkar setelah Pertempuran 1173-1174. Sekembalinya dari perang salib, dia mengalihkan perhatiannya pada pertahanan Normandie dari Prancis. Setelah membela Rouen dari kemajuan Philippe II dari Prancis, ia berusaha merebut kembali kastil Pacy. Dia ditangkap oleh pasukan raja Prancis dan tetap dipenjara selama 3 tahun. Kemudian, Raja John akan memberikan benteng baru dan penguasa Radepont (tanah Radepont dijual ke Raja John oleh seigneur du Neubourg untuk tanah dan pendapatan dalam wilayah de Caux) atas earl.

Beberapa waktu setelah dibebaskan pada 1196 ia menikahi Loretta de Braose, putri William de Braose, Lord Bramber Keempat. Mereka tidak memiliki keturunan, dan kematian Robert pada tahun 1204 mengakhiri garis keturunan laki-laki Beaumont.

Pada tahun kematiannya, Normandie kalah dari Prancis; Earl Robert berusaha untuk datang ke pengaturan independen dengan Raja Philippe dari Prancis, di mana ia akan memegang negerinya di Normandie sebagai budak-vasal raja-raja Prancis, dan tanahnya di Inggris sebagai vasal-budak raja-raja Inggris. Bagaimanapun, Robert meninggal pada tahun itu, tetapi tanahnya yang luas di Inggris dibagi antara ahli waris dari dua saudara perempuannya. Kakak perempuan tertua, Amicia, telah menikah dengan baron Prancis, Simon de Montfort, dan putra mereka, yang juga bernama Simon de Montfort, mewarisi separuh harta warisan serta gelar Earl Leicester. Adinda, Marguerite, menikah dengan Saer de Quincy, dan mereka mewarisi separuh lainnya. Tiga tahun kemudian Saer dilantik sebagai Earl Winchester.

Gelar kehormatan
Didahului oleh:
Robert de Beaumont
Lord High Steward
1190–1204
Diteruskan oleh:
Simon de Montfort
Bangsawan Inggris
Didahului oleh:
Robert de Beaumont
Earl Leicester
1190–1204
Diteruskan oleh:
Simon de Montfort