Gunung Putri, Lembang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gunung Putri
Pemandangan dari puncak Gunung Putri.
Titik tertinggi
Ketinggian1.587 mdpl
Geografi
LetakKabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia

Gunung Putri Lembang adalah salah satu pegunungan yang terletak di kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini berlokasi di perbatasan Desa Jayagiri dan Desa Cikole yang lokasinya tidak jauh dari Gunung Tangkuban Parahu. Gunung Putri Lembang merupakan salah satu tempat wisata di Lembang yang berupa sebuah bukit yang arealnya banyak ditumbuhi dengan rumput dan pohon kecil lainnya yang di tengahnya terdapat sebuah Tugu bernama Tugu Sespim.[1]

Kawasan hutan Gunung Putri Lembang dibina langsung oleh Perum Kesatuan Pemangkunan Hutan (KPH) Bandung Utara sejak 28 juni 2016.[2]

Menurut Legenda[sunting | sunting sumber]

Keberadaan Gunung Putri dalam sasakala legenda Sangkuriang diyakini adalah sebagai tempat pelarian sekaligus persembunyian Dayang Sumbi ketika dikejar-kejar oleh sang anak, Sangkuriang, karena ketidakinginannya untuk dinikahi oleh anak sendiri dan lokasinya yang dekat dengan Gunung Tangkuban Parahu. Selain Gunung Tangkuban Parahu ada pula gunung tang terkait dengan legenda Sangkuriang lainnya yakni Gunung Burangrang yang konon terbentuk dari rangrang (ranting) pohon bekas perahu dan Gunung Bukit Tunggul yang menurut cerita bekas tunggul pohon untuk membuat perahu oleh Sangkuriang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Gunung Putri Lembang - Antara Sejarah, Misteri & Eksotisme". Tempat Wisata di Bandung. 2015-11-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-04-19. Diakses tanggal 2019-10-24. 
  2. ^ "Hiking Santai untuk Pemula di Gunung Putri Lembang". kumparan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-08. Diakses tanggal 2019-10-24. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]