Guglielmo dari Capparone

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Guglielmo dari Capparone merupakan seorang kapten Jerman[1] dari Palermo yang berkuasa sebagai pemangku takhta Sisilia dan wali kaisar Friedrich II pada tahun 1202 setelah kematian Markward von Anweiler. Dia memegang jabatan selama empat tahun berikutnya sampai tahun 1206. Dia disebut Kapten Agung.

Guglielmo mungkin didukung oleh Pisa, karena dia memberi tanggal instrumen-instrumen Friedrich dengan sistem Pisa. Dia jelas tidak mendapat dukungan dari wangsa Hohenstaufen, di mana Friedrich muda adalah seorang keturunan. Dia juga ditentang oleh Paus Innosensius III, yang mencoba mengatur pernikahan yang menguntungkan bagi Friedrich untuk menempatkannya di bawah pengaruh orang lain.

Kediktatoran Guglielmo di Sisilia ditunjukan di mana diketahui bahwa ia mengusir Urso, Uskup Agrigento, dari keuskupannya (untuk kedua kalinya) karena menolak untuk mengucapkan sumpah kesetiaan.

Pada musim semi 1204, utusan paus mulai bernegosiasi untuk perdamaian dan pengakuan wakil paus. Capparone tidak pernah memenuhi akhir perjanjiannya, namun, dan perdamaian pada akhirnya tidak diperoleh. Pada 1206, Guglielmo akhirnya dihapus dari kekuasaan dan digantikan oleh Kanselir Gualtiero dari Palearia. Namun Guglielmo masih memegang istana kerajaan. Dengan bantuan Diepold, Comte Acerra, ia akhirnya dipecat, seperti sahabat-sahabat Pisanya. Genova memperoleh kekuasaan dalam perdagangan Sisilia sesudahnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Neveux, François (2008).

Sumber[sunting | sunting sumber]