Green Cross

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Green Cross Corporation (株式会社ミドリ十字; Kabushiki Gaisha Midori Jūji) adalah salah satu perusahaan farmasi terkemuka yang pernah ada di Jepang. Perusahaan ini merger dengan Yoshitomi Pharmaceutical Co., Ltd. (吉富製薬株式会社) pada tanggal 1 April 1998, dan berganti nama menjadi Welfide Corporation (ウェルファイド株式会社) pada tanggal 1 April 2000. Pada akhirnya Welfide Corp. dan Mitsubishi-Tokyo Pharmaceutical Inc. (三菱東京製薬株式会社) dimerger menjadi Mitsubishi Pharma Corporation (三菱ウェルファーマ株式会社) pada tanggal 1 Oktober 2001.

Green Cross didirikan pada tahun 1950 sebagai bank darah komersial pertama di Jepang dan menjadi perusahaan farmasi internasional yang terdiversifikasi yang memproduksi obat etis untuk pengiriman atau administrasi oleh dokter dan petugas kesehatan. Pendirinya termasuk penjahat perang seperti Masaji Kitano yang melakukan penyiksaan dan eksperimen pada manusia di Unit 731 militer Jepang yang terkenal kejam selama Perang Dunia II.

Produknya banyak digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit. Selain memasok darah utuh untuk transfusi, Green Cross juga aktif mengembangkan produk turunan darah seperti faktor koagulasi, imunoglobulin, dan albumin. Pada pertengahan 1960-an berkembang menjadi sektor non-plasma. Agen kardiovaskular, agen koagulasi/fibrinolitik, agen imunologi, agen anti-inflamasi, agen berbasis albumin, komponen plasma darah dan nutrisi parenteral menyumbang 71% dari pendapatan fiskal 1998 yang tidak terkonsolidasi; grosir reagen diagnostik, 14% dan lainnya, 15%. Pendapatan yang tidak dikonsolidasi menyumbang 59,5% dari pendapatan konsolidasi fiskal 1998. Perusahaan memiliki sebelas anak perusahaan yang terkonsolidasi, masing-masing tiga di Amerika Serikat dan Jepang, dan masing-masing satu di Jerman, Britania Raya, Barbados, Tiongkok, dan Hong Kong. Penjualan luar negeri menyumbang 41,9% dari pendapatan konsolidasi tahun fiskal 1998.

Pada akhir 1980-an, Green Cross dan Takeshi Abe terlibat dalam sebuah skandal di mana hingga 3.000 orang Jepang tertular HIV melalui distribusi dan penggunaan produk darah yang diketahui tidak aman.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Masao Miyamoto, "Mental Castration, the HIV Scandal, and the Japanese Bureaucracy" Diarsipkan 2021-05-26 di Wayback Machine. Japan Policy Research Institute (August 1996). Retrieved April 1, 2011
  2. ^ Tomoko Otake, "Ministry insider speaks out" Japan Times (November 1, 2009). Retrieved April 1, 2011